Tewas Tertimpa Reruntuhan Setelah Lift Jatuh di Mal Margo City

Lift barang di mal Margo City di Depok, Jawa Barat, jatuh dari lantai tiga setelah ledakan yang disebabkan oleh kebocoran gas pada 21 Agustus, menewaskan satu orang .

Minggu, 22 Agustus 2021, Lift barang di pusat perbelanjaan Margo City di Depok, Jawa Barat, jatuh dari posisi ketiga lantai setelah ledakan yang disebabkan oleh kebocoran gas, kata pihak berwenang.

Ledakan terjadi pada pukul 16.30 WIB. pada hari Sabtu dan menyebabkan langit-langit dan dinding mal runtuh. Ledakan itu memicu kepanikan karena para pekerja dan pengunjung mengira itu berasal dari bom.

Kapolres Depok Kompol. Imran Edwin Siregar kemudian mengkonfirmasi bahwa lift telah jatuh. “Saya katakan sekali lagi – tidak ada bom. Gegana [pasukan penjinak bom polisi] telah memeriksa daerah itu dan tidak ada bom,” kata Imran dalam sebuah pernyataan, Sabtu.

Laboratorium forensik Polres Depok menyimpulkan bahwa kebocoran gas memicu ledakan, yang kemudian menyebabkan lift barang jatuh dari lantai tiga karena bebannya yang berat dan struktur bangunan yang rapuh. Satu orang, seorang karyawan kedai kopi, kemudian meninggal di rumah sakit pada Minggu pagi setelah mengalami cedera kepala akibat puing-puing yang jatuh. Sepuluh lainnya terluka, termasuk karyawan mal, penjaga keamanan dan pengunjung, menurut polisi.

Sebagian besar korban luka dirawat di Rumah Sakit Umum Bunda dan sebagian lagi dirawat di Rumah Sakit Universitas Indonesia (UI). “Dari 11 korban, satu meninggal. Dua [orang yang terluka] telah dipulangkan,” kata Imran, Minggu pagi.

Direktur RS Bunda Imelda Rahmawati mengatakan kepada tempo.co, empat orang mengalami luka serius, dengan luka bakar parah di wajah dan lengan, sementara tiga orang lainnya yang tertimpa plafon ambruk menunggu hasil CT scan hingga Minggu sore. Polisi mengatakan mereka akan terus menyelidiki penyebab kebocoran gas, dan mal akan ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut. “Ini [kebocoran gas] masih diselidiki oleh laboratorium forensik,” kata Imran. “Perkembangan lebih lanjut mungkin akan diumumkan besok [Senin].”

Kasus Lift Jatuh lainnya

Kasus jatuhnya lift di Mal Margo City Depok, Jawa Barat bukanlah yang pertama. Bahkan, kasus terbaru terjadi pada 22 Agustus 2021, 8 orang terjebak di dalam lift salon kecantikan.

Kasus serupa sudah beberapa kali terjadi di gedung perkantoran, perbelanjaan, rumah sakit. Jatuhnya lift dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi lift yang sudah tua hingga kelebihan kapasitas.  Berikut ini kasus lift jatuh:

22 Agustus 2021

Delapan orang terjebak di dalam lift salon kecantikan di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Peristiwa tersebut diduga karena kelebihan muatan. Dari delapan korban yang terjebak di dalam lift, tiga orang di antaranya pingsan dan langsung mendapat penanganan.

21 Agustus 2021

Suara ledakan terdengar keras dari Mal Margo City, Depok. Pihak polisi memastikan bahwa suara ledakan berasal dari lift barang yang terjatuh diikuti reruntuhan beberapa material bangunan. Akibat peristiwa tersebut, M yang merupakan karyawan di mal tersebut meninggal dunia setelah mendapat perawatan di RS UI.

Empat orang mengalami luka bakar, dua orang lainnya sudah di perbolehkan pulang setelah mendapat perawatan.

20 September 2019

Lift di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Timur anjlok. Lift mati di lantai 2 dan anjlok ke lantai 1. Anjloknya lift karena kelebihan kapasitas, seharusnya lift kapasitas dengan 6 orang namun saat kejadiaan diisi oleh 12 orang. 12 orang sempat terjebak dalam lift. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

17 Maret 2017

Lift jatuh dari lantai 7 ke lantai dasar di pusat perbelanjaan Blok M Square, Jakarta Selatan. Menurut Kepala Kepolisian Sektor Kebayoran Baru, Ajun Komisaris Besar Teguh Wibowo kondisi lift penuh dan lift berbunyi namun tetap dipaksakan. Akibatnya terdapat 25 korban yang rata-rata mengalami patah tulang.

20 Januari 2017

Lift di Gedung BRI II, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, jatuh dari lantai 3 ke lantai dasar. Saat insiden terjadi, lift berisi orang. Namun, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

19 Juni 2016

Lift anjlok terjadi RS Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Lift yang mengalami kecelakaan adalah lift pengunjung. Lift anjlok dari lantai 4 ke lantai dasar karena kelebihan kapasitas. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Satu orang mengalami retak kaki.

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.