Maverick Vinales Akan Melakukan Debut Balapan MotoGP Aprilia di Aragon

‘Reaksi langsung positif’ pada tes debut untuk Aprilia berarti mantan bintang Pabrik Yamaha Maverick Vinales akan membalap RS-GP dari putaran MotoGP Aragon akhir pekan depan.

Aprilia telah secara resmi mengkonfirmasi bahwa Maverick Vinales, yang saat ini menyelesaikan tes debutnya untuk pabrik di Misano, akan membalap RS-GP untuk pertama kalinya di putaran Aragon mendatang.

Vinales, yang berpisah lebih awal dari Yamaha setelah diskors di Austria dan dipastikan di Aprilia untuk 2022, dikatakan ‘sangat terkesan dengan kontak pertama dengan tim Italia’, membuka jalan untuk bergabung dengan Aleix Espargaro di Aragon pada 10-12 September.

Berita itu merupakan dorongan lain untuk Aprilia, menyusul berita hangat dari Espargaro yang menyerahkan podium MotoGP pertama kalinya kepada pabrikan di Silverstone pada hari Minggu.

Vinales, pemenang balapan MotoGP sembilan kali untuk Suzuki dan Yamaha, menggantikan rookie Lorenzo Savadori, yang sekarang akan beralih ke penampilan wild-card dan tugas uji coba.

“Keputusan untuk menempatkan Maverick di trek dari Aragón adalah hasil langsung dari tes yang dilakukan di Misano,” kata direktur teknis Aprilia Roman Albesiano.

“Itu bukan mengingat bahwa, setelah menghabiskan karier hingga sekarang mengendarai motor dengan mesin in-line, Maverick akan langsung memiliki perasaan yang baik dengan V4 kami. Inilah mengapa tes di trek ini, secara historis tidak mudah untuk motor kami, adalah momen penilaian yang penting.

“Oleh karena itu, kami puas dengan reaksi positif langsung Maverick, yang menunjukkan perasaan baik dengan RS-GP maupun dengan tim dan metode kerja kami. Bakatnya dan Aleix, dikombinasikan dengan pengalaman yang diperoleh Lorenzo musim ini, membuat kami optimis tentang masa depan proyek MotoGP kami.”

Vinales melaporkan waktu putaran terbaik 1m 33.0s pada hari Selasa, yang berada di bawah putaran balapan terbaik 2020 Espargaro dan setengah detik dari yang terbaiknya sendiri, menuju kemenangan dengan Yamaha M1.

“Kami sangat bangga dapat mengumumkan rencana kami untuk musim saat ini dan untuk 2022 dengan tujuan mengoptimalkan kontribusi tiga pebalap kami secara maksimal,” kata Massimo Rivola, CEO Aprilia Racing.

“Bersama pebalap kami yang telah dikonfirmasi, Aleix, dengan senang hati kami menyambut pebalap berbakat seperti Maverick ke tim Aprilia Racing, yang menunjukkan perasaan luar biasa dengan tim dan motor secara langsung dan yang saya yakin akan dapat memberikan yang terbaik di awal GP Aragon. Pada saat yang sama, kami juga mengkonfirmasi peran Lorenzo sebagai test rider 2022.

“Ini adalah posisi fundamental yang menghargai upaya besar yang telah dia tunjukkan dalam mengembangkan RS-GP baru, di mana dia akan menyelesaikan musim 2021 dengan memanfaatkan wild card yang akan kami putuskan bersama segera setelah dia kembali 100% kebugaran.”

Aragon sering menjadi tempat berburu yang menyenangkan bagi Aprilia di masa lalu berkat Espargaro, yang menyamai posisi finis keenam terbaik motor pada 2017 dan 2018, diikuti oleh kelima di grid dan tempat ketujuh pada 2019. Namun peristiwa musim lalu (tertunda hingga pertengahan Oktober oleh pandemi) kurang berhasil, dengan best of 13th.

Vinales adalah pemenang di Aragon di Moto2 tetapi gagal naik podium di MotoGP, mengklaim finis keempat pada 2016, 2017, 2019 dan 2020.

Sementara Aprilia sekarang telah menyelesaikan perombakan pebalapnya, Yamaha akan menunggu hingga putaran Misano berikutnya sebelum membawa Franco Morbidelli (yang mengendarai R1 pada tes untuk mengevaluasi penyembuhan lututnya) dari Petronas untuk mengambil alih mantan pembalap Vinales bersama pemimpin kejuaraan dunia Fabio Quartararo, dengan Andrea Dovizioso kemudian secara bergantian mengisi kursi Morbidelli di SRT.

Akibatnya, pebalap penguji Yamaha Cal Crutchlow berharap untuk tetap bersama Quartararo di Aragon, dengan SRT belum mengonfirmasi apakah Jake Dixon pengganti Silverstone atau pebalap lain akan bergabung dengan Valentino Rossi.

(Sumber: Crash)

***
Solo, Rabu, 1 September 2021. 11:42 pm
‘salam sehat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
ilustr: Crash

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.