Hobi  

Mengapa Ikan Koi harganya Selangit?

mm

Mungkin ada yang tak percaya, jika harga seekor ikan Koi bisa mencapai ratusan juta, bahkan miliaran rupiah. Mengapa demikian, sebab ikan koi bukanlah semata-mata ikan hias penghuni kolam di rumah, namun memiliki nilai estetika dan seni.

Menilai koi tidaklah seperti ikan konsumsi yang dihargai sesuai dengan berat tubuhnya. Juga tidak seperti ikan hias lainnya yang dijual dengan harga standar. Koi punya nilai seni yang tinggi.

Indahnya warna Koi

Koi dikenal memiliki berbagai macam warna, antara lain, merah, hitam, putih, kuning, biru, ungu dll. Perpaduan warna yang ada di punggung koi membentuk komposisi pola tertentu. Oleh karena itulah maka penampilan ikan koi bagai sebuah lukisan abstrak yang indah.

Sulitnya Mencari Koi bagus       

Ikan Koi banyak dijual di tempat-tempat penjualan ikan hias. Namun yang memiliki kualitas tinggi relatif sangat sedikit. Mengapa? Sebab dalam suatu pemijahan yang dilakukan oleh peternak koi, belum tentu menghasilkan koi yang bagus barang seekorpun. Untuk memperoleh hasil ternak koi yang bagus diperlukan kualitas induk yang bagus pula. Selain itu juga tak sembarang dalam memberi pakan. Warna koi bisa memudar atau hilang sama sekali jika diberi pakan sembarangan.

Baca juga :  Koi Shiro Utsuri - Tanya Jawab - Kokugyo 1

Tak ada duanya

Keunikan koi lainnya adalah bahwa tak ada koi yang sama persis, baik warna maupun polanya. Meskipun sepintas tampak sama, misalnya untuk koi yang hanya memiliki 2 warna, yaitu merah dan putih, namun jika dibandingkan satu sama lain, tak ada koi yang sama persis. Hal ini menunjukkan kebesaran Tuhan Yang Maha Pencipta.

Umur panjang

Sebagaimana kura-kura yang bisa hidup hingga puluhan tahun, Ikan Koi juga termasuk hewan yang memiliki umur panjang. Bahkan di Jepang pernah ada seekor koi betina yang bernama Hanako, umurnya sampai ratusan tahun tepatnya 226 tahun ! Sangat menakjubkan bukan?

Menjadi Kebanggaan

Koi yang indah, tak hanya dinikmati oleh pemiliknya saja, namun juga untuk disaksikan banyak orang khusus di dalam komunitas koi. Oleh sebab itulah maka diadakan sebuah ajang lomba kecantikan koi (kontes koi) yang digelar secara rutin dari tahun ke tahun. Koi yang memenangkan lomba memperoleh hadiah dan penghargaan berupa sertifikat dll, namun yang lebih diharapkan oleh pemiliknya adalah adanya pengakuan dari orang lain, bahwa koi miliknya memiliki keindahan yaitu dengan tampilnya sebagai juara kontes koi. Koi yang berprestasi dalam berbagai lomba tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Baca juga :  Tentang Perilaku Ikan Koi

Perlu perawatan yang baik dan benar

Untuk memperoleh kualitas terbaik, maka seorang pemelihara koi harus merawatnya dengan benar. Kolam koi sebagai tempat hidup koi harus menyediakan kondisi air yang nyaman bagi koi. Agar koi dapat tumbuh dengan baik, diperlukan pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan. Jika suatu ketika koi mengalami serangan penyakit, maka pemiliknya harus merawat sedemikian rupa agar koi kesayangannya kembali sehat. Begitulah lika-laku dalam memelihara Koi agar mampu tampil dengan penampilan terbaiknya.

Dari uraian diatas cukuplah untuk menggambarkan bahwa koi bukanlah ikan hias biasa. Oleh karena itu, tak heran jika harga ikan Koi yang berkualitas harganya selangit..

#gilakoi

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *