5 Tanda Hubungan Anda Beracun

mm

sumber gambar: The Ladders

Pelecehan bukanlah satu-satunya hal yang dapat membuat hubungan cinta menjadi tidak sehat.

Jika anda berada dalam hubungan yang kasar (fisik atau emosional), anda tahu itu beracun. Mungkin tidak pada awalnya, tetapi pada akhirnya. Dan anda dapat menguranginya. Anda mungkin berjuang untuk meninggalkannya. Tetapi anda tahu ada sesuatu yang salah: Tidak ada keraguan bahwa hubungan itu tidak sehat. Jika anda tidak yakin, teman dan keluarga anda akan terus mengingatkan anda. Itu ada dan terlihat. Dan hanya masalah waktu sebelum anda mengatasinya atau meninggalkannya.

Tetapi bagaimana jika suatu hubungan tidak kasar? Apakah masih beracun? Ya, dan hubungan ini sama berbahayanya, jika tidak lebih, dari hubungan yang kejam karena anda mungkin tidak sadar bahwa itu merugikan anda. Seperti merebus katak, hubungan racun dapat membunuh anda perlahan di dalam, menghambat pertumbuhan anda, menurunkan harga diri anda, dan melepaskan anda dari anda, tanpa anda menyadarinya. Toksik dapat terjadi seiring waktu. Itulah yang membuat hubungan beracun begitu berbahaya — banyak yang tidak terlihat jelas. Racun bisa menjadi kebocoran yang sangat lambat, tetapi keran yang bocor bisa menenggelamkan anda.

Itulah mengapa penting untuk mundur sesekali dan mengulasnya. Bukan sebagai evaluasi; sebagai check-in dengan diri sendiri. Mungkin andalah yang membuat hubungan itu beracun?

Berikut ini lima tanda hubungan racun.

Pembunuhan Karakter Halus. Membunuh karakter seseorang tidak selalu jelas. Anda bisa melakukannya tanpa niat buruk. Banyak dari kita tumbuh sebagai teman dan saudara yang meremehkan sebagai cara untuk terhubung, terutama anak laki-laki yang menghabiskan banyak waktu di ruang ganti — idiot, pecundang, perempuan jalang, perempuan nakal. Ini bisa dibawa sampai dewasa. Ketika teman saya berusia awal tiga puluhan, dia menyebut pacarnya “rakus” sekali setelah dia memakan sisa buah ketika teman saya berada di toilet. Tentu saja teman saya bercanda dan dia pikir itu bukan masalah besar. Tetapi pacarnya juga bergulat dengan gangguan makan yang tidak teman saya ketahui. Jadi itu masalah besar.

Ini bukan tentang apakah anda berarti apa yang anda katakan atau tidak. Ini tentang bagaimana pasangan anda terhubung dan apa yang akan diinternalisasi. “Untukmu” bagi satu orang bisa menjadi lima besar bagi sebagian orang atau menghina orang lain. Dialog atau perilaku apa pun, yang dimaksudkan atau tidak, yang menghilangkan nilai seseorang adalah pembunuhan karakter. Dan seiring waktu, ini dapat membuat retakan garis rambut di wadah hubungan anda.

Pengendalian Tanpa Mengetahuinya. Mengendalikan anda, menuduh anda berbicara dengan orang-orang yang “tidak boleh”, dengan sengaja membuat teman atau keluarga merasa tidak nyaman ketika mengunjungi, menghukum anda dengan membuat anda merasa buruk tentang sesuatu, menuntut laporan tentang tindakan dan percakapan anda, tidak mengizinkan apa pun. aktivitas yang mengecualikan pasangan anda, memberi tahu anda apa yang bisa dan tidak bisa anda pakai, atau apa yang bisa dan tidak bisa anda makan. Semua ini jelas merupakan contoh mengendalikan perilaku.

Baca juga :  Sepi Kita Tak Lagi Sepi

Tetapi pengendalian juga bisa datang tanpa kafein, dorongan halus di antara yang bisa membuat orang melakukan sesuatu karena rasa bersalah atau hal-hal lain, dan bahwa kita mungkin tidak sadar bahwa kita sedang melakukan. Kita bisa membuat orang berubah dengan memanfaatkan siapa mereka dan apa yang telah mereka lalui. Tidak sengaja; itu mungkin bukan berasal dari tempat yang jahat. Anda mungkin hanya menginginkan yang terbaik untuk mereka. Tetapi yang terbaik bukanlah yang terbaik dan jika itu keinginan anda dan bukan milik mereka, Anda dapat mengendalikan tanpa menyadarinya. Tidak masalah dari mana asalnya: Setiap dialog, perilaku, atau desain, yang dimaksudkan atau tidak, yang mengambil dari kebenaran dan kebebasan seseorang adalah pengendalian.

Perilaku Cemburu Pasif-Agresif. Tidak ada yang salah atau beracun tentang merasa cemburu. Jika anda manusia, anda pernah merasa cemburu sebelumnya. Apa yang anda lakukan dengan perasaan itulah yang menentukan apakah anda membuat hubungan itu beracun atau tidak. Apakah dia transparan tentang perasaan cemburunya tetapi kemudian juga memprosesnya dengan terapisnya? Atau apakah dia menyalahkan anda untuk mereka? Apakah dia ingin anda melakukan sesuatu atau berubah sehingga dia tidak harus berurusan dengan perasaan tidak amannya?

Ya, memeriksa telepon dan email anda di belakang, ingin tahu di mana anda berada setiap saat dan dengan siapa anda, dan memberi tahu anda apa yang bisa dan tidak bisa anda kenakan, semua mewakili perilaku cemburu. Tetapi begitu juga energi yang berat atau cibiran yang tidak bertanggung jawab karena dia cemburu pada sesuatu atau seseorang. Begitu juga dengan pasif-agresif, “Aku hanya akan tinggal di rumah saja,” atau menarik diri/secara tidak langsung menghukum anda karena perasaan cemburunya. Ini juga perilaku iri, tetapi ia terbang di bawah radar dan mungkin tidak ditandai. Tetapi cukup itu bisa membuat hubungan apa pun beracun.

Jangan Pernah Mengambil Kepemilikan. Kita tidak selalu memiliki masalah kita dan tidak apa-apa. Tidak ada yang sempurna. Kita semua memiliki ego. Tetapi jika kita tidak pernah mengambil kepemilikan, ternyata hubungan itu miring dan akhirnya beracun. Kepemilikan adalah apa yang membuat hubungan tumbuh. Jika orang tidak memiliki, mereka tidak belajar, dan berkembang. Mereka mengulangi pola. Mereka hidup di masa lalu. Mereka defensif. Ketika orang tidak mengambil kepemilikan, mereka membalikkan magnet hubungan mereka, dan ini dapat membuat hubungan beracun, karena jika suatu hubungan tidak selalu tumbuh dan berkembang dan semakin dalam, itu stagnan. Dan hubungan yang stagnan, yang hanya berputar-putar, adalah hubungan yang beracun. Mencintai seseorang bukan hanya tentang kenyamanan dan perasaan baik; cinta yang sehat berarti ketidaknyamanan, dan jika anda tidak mengambil kepemilikan, tidak ada.

Baca juga :  Bekerja untuk Hidup

Negativitas Terlalu Lama. Kita semua melewati musim dingin. Kita semua mengalami hari-hari yang buruk. Tetapi jika pasangan anda tidak berusaha menangkap cahaya, selalu menyeret anda ke dalam gua mereka karena anda adalah orang yang paling dekat dengan mereka, itu dapat mengubah hubungan menjadi beracun. Saya dulu orang yang sangat negatif. Dulu saya menaruh ketidakbahagiaan pada orang yang saya pilih untuk saya cintai saat itu. Itu tidak disengaja; saya tidak tahu kerusakan yang saya lakukan. Saya tidak menyadari betapa berat dan tidak adilnya hal itu untuk membawa negativitas seseorang. Saya menyandera orang tanpa bermaksud atau menyadarinya. Seiring waktu itu membuat hubungan saya beracun.

Kita memiliki tanggung jawab atas kebahagiaan kita sendiri. Jika kita tidak bahagia, baiklah; tidak ada yang senang sepanjang waktu. Tetapi kemudian kita harus mengerjakannya sambil mendapatkan dukungan dari mitra kita. Tidak menempatkannya pada pasangan kita. Jika kita tidak melakukan apa pun tentang kenegatifan, perilaku, pemikiran, dan energi kita, kita akan mengalahkan mereka. Apakah kita bermaksud atau tidak, kita memengaruhi kualitas hidup pasangan kita. Seiring waktu, ini dapat mengubah hubungan menjadi beracun.

Pembunuhan karakter yang halus, pengendalian tanpa menyadarinya, perilaku pasif-agresif yang cemburu, tidak pernah mengambil kepemilikan, dan negativitas terlalu lama, adalah semua perilaku umum yang telah kita lakukan bersalah dalam hubungan kita. Dan itu tidak jelas sehingga kita bisa merindukan mereka. Dan karena mereka tidak terdeteksi, mereka tumbuh dan akhirnya berubah menjadi virus yang menempatkan blok cinder di sekitar kedua kaki hubungan, dan perlahan-lahan bisa menenggelamkan kedua belah pihak.

Jadi tanyakan pada diri anda apakah ada yang terjadi dalam hubungan anda. Tetapi yang lebih penting, apa yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebocoran, dan untuk mematikan bisul.

***
Solo, Kamis, 20 Februari 2020. 1:16 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
sumber gambar: The Ladders

 

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *