“Tidak Ada yang Ingin Berkencan dengan Saya” – 11 Tip untuk Meningkatkan Peluang Anda

Apakah Anda belum punya pasangan? Apakah Anda merasa tidak pernah beruntung dalam berkencan?

Mungkin bagi Anda, Anda adalah satu-satunya orang di dunia yang belum menemukan cinta.

Kita semua memiliki saat-saat ketika kita bertanya-tanya apakah kita akan pernah menemukan seseorang yang tepat untuk kita, terutama ketika semua orang di sekitar Anda tampaknya menganggap kencan dan hubungan begitu mudah.

Dengan frustrasi, tidak selalu ada perbaikan cepat untuk menemukan pasangan sempurna Anda, atau bahkan mendapatkan kencan kedua. Terkadang sesederhana tidak berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

Tetapi jangan kehilangan harapan. Hanya karena Anda belum mengatur kencan kedua atau bahkan kencan pertama, bukan berarti itu tidak akan terjadi. Lebih baik menunggu orang yang tepat daripada menerima orang yang salah.

Mungkin tidak ada mantra ajaib yang akan membuat Anda menjadi ahli kencan dalam semalam, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda kerjakan untuk membantu peluang Anda di dunia kencan.

Teruslah membaca untuk melihat apakah Anda melakukan kesalahan umum ini dan temukan beberapa saran bermanfaat yang dapat membawa Anda dari kesepian menjadi dicintai dalam waktu singkat.

1. Anda mencari cinta di tempat yang salah.

Kisah cinta bisa terjadi di tempat yang paling tidak terduga. Akan selalu ada seseorang yang Anda kenal yang menemukan Tinder-nya bahagia selamanya atau kemudian menikah dengan one night stand-nya.

Tetapi ini adalah pengecualian untuk aturan tersebut, dan jika Anda mencari hubungan di klub atau di aplikasi kencan biasa, maka Anda harus realistis tentang peluang Anda untuk menemukannya.

Jika Anda mencari cinta di malam hari, apakah orang yang Anda temui pada jam 3 pagi setelah minum terlalu banyak benar-benar calon pacar?

Pikirkan tentang aplikasi yang telah Anda coba untuk bertemu orang-orang; apakah mereka menyertakan bios mendalam sehingga Anda dapat mengetahui sedikit tentang seperti apa seseorang, atau apakah Anda hanya menggesek untuk gambar profil terpanas?

Anda harus realistis tentang tipe orang yang akan Anda temui di tempat-tempat yang Anda cari cinta. Jika Anda merasa seolah-olah Anda terus bertemu dengan tipe orang yang sama dan tidak pernah ke mana-mana, inilah saatnya Anda memperluas pencarian Anda.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Bertemu seseorang di malam hari mungkin tampak seperti pilihan termudah, tetapi itu tidak selalu yang paling sukses.

Jika Anda menginginkan lebih dari sekadar hubungan, mulailah dengan mencari di tempat-tempat di mana Anda memiliki kesamaan dengan orang-orang di sana.

Anda dapat bergabung dengan klub olahraga atau grup teater, bahkan paduan suara; setiap grup dengan orang lain yang memiliki setidaknya satu minat yang sama dengan Anda.

Jika Anda bertemu seseorang di sana, Anda tahu bahwa Anda sudah memiliki minat yang sama, dan Anda dapat berbagi lebih banyak. Anda memiliki permulaan percakapan yang sudah jadi dan dapat mengenal masing-masing dengan santai, membangun fondasi yang lebih kuat untuk hubungan potensial daripada apa pun yang Anda temukan pada jam 3 pagi di lantai dansa.

2. Anda tidak jujur tentang apa yang Anda cari.

Kita semua pernah mendengar saran kencan tentang tidak tampil sebagai ‘terlalu tertarik’ dan bagaimana memainkannya dengan keren adalah cara terbaik untuk membuat seseorang tetap tertarik.

Sampai batas tertentu, ini adalah nasihat yang baik; Anda tidak ingin tampil terlalu kuat dan menakut-nakuti orang. Tetapi ada keseimbangan antara menakut-nakuti seseorang dan jujur dengan mereka dan diri Anda sendiri tentang jenis hubungan yang Anda cari.

Tidak ada yang salah dengan menunjukkan bahwa Anda tertarik pada seseorang dan terbuka untuk berkencan dengannya. Jangan terjebak dalam hubungan biasa yang tidak Anda inginkan hanya karena Anda tidak ingin menakut-nakuti seseorang dengan terlalu serius.

Jika mereka bisa berterus terang kepada Anda tentang tidak menginginkan suatu hubungan, lalu mengapa Anda tidak bisa jujur tentang fakta bahwa Anda menginginkannya?

Memang benar, terkadang hubungan biasa bisa berubah menjadi sesuatu yang lebih, tetapi Anda harus memiliki titik potong. Jika tidak, Anda akan merasa tidak aman dan sengsara karena Anda mencoba untuk puas dengan tipe orang yang salah untuk Anda.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Ada perbedaan antara menjadi ‘tertarik’ dan jujur. Mengapa tidak menyatakan dengan jelas di profil kencan Anda bahwa Anda sedang mencari pasangan? Setidaknya Anda akan menyingkirkan semua orang yang hanya tertarik pada hubungan biasa.

Dengan cara ini, Anda tahu siapa saja yang berbicara dengan Anda tahu apa yang Anda cari dan masih ingin mengenal Anda.

Menjadi tertarik adalah mencoba untuk mendorong suatu hubungan terlalu cepat, tetapi bersikap jujur berarti memberi tahu seseorang yang Anda cari lebih dari sekadar hubungan biasa dan bersiap untuk melanjutkan jika mereka tidak merasakan hal yang sama.

3. Anda menyabotase diri sendiri.

Ketika Anda menghadapi banyak penolakan dan lelah dengan apa yang Anda rasakan, wajar jika pertahanan emosional Anda tinggi saat bertemu dengan seseorang yang baru.

Anda mulai berkencan dengan harapan bahwa itu tidak akan mengarah pada apa pun, dan ini dapat memengaruhi cara Anda bertemu lebih dari yang Anda sadari.

Dengan menilai sebelumnya tanggal sebelum dimulai, Anda mungkin terlihat tidak tulus atau sarkastik, padahal kenyataannya adalah persona untuk menjaga jarak dan melindungi diri Anda agar tidak terluka lagi jika kencan berjalan buruk.

Atau, Anda bisa begitu bersemangat untuk sesuatu yang keluar dari kencan pertama sehingga Anda mendominasi percakapan dalam upaya untuk terlihat menarik dan malah terlihat putus asa untuk mendapatkan perhatian.

Hal-hal ini menghentikan Anda untuk memamerkan kualitas terbaik Anda dan mencegah orang mengenal diri Anda yang sebenarnya.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Sulit untuk tidak merasa negatif atau putus asa ketika Anda terbiasa dengan kencan yang tidak berkembang, tetapi cobalah untuk tidak membiarkannya mendominasi pikiran Anda.

Lihat setiap kencan baru sebagai catatan yang bersih dan beri orang yang Anda temui kesempatan nyata untuk mengenal Anda, dan Anda untuk dia.

Berhentilah terlalu khawatir tentang mencoba menyenangkannya atau memikirkan apakah akan ada masa depan bagi Anda berdua. Coba saja nikmati saat ini.

Manfaatkan kesempatan untuk bertemu seseorang yang baru, dan pastikan untuk memprioritaskan bersenang-senang. Semakin alami dan bahagia Anda, Anda akan semakin menarik.

4. Anda mengejar tipe orang yang salah.

Anda mungkin berpikir Anda memiliki tipe, tetapi bagaimana Anda tahu apakah itu tipe orang yang tepat untuk Anda?

Jika Anda belum berhasil sejauh ini dalam kehidupan cinta Anda, maka Anda mungkin tidak pandai menilai apa yang terbaik untuk Anda seperti yang Anda pikirkan.

Menjadi terlalu selektif bisa menjadi apa yang menahan Anda. Dengan mengenal seseorang yang biasanya tidak Anda pertimbangkan untuk berkencan, Anda dapat menemukan kualitas dalam diri seseorang yang Anda tidak pernah tahu bahwa Anda menghargai pasangan.

Pikirkan tentang apa yang benar-benar Anda inginkan dari pasangan, di luar penampilan fisik atau status. Apakah kepercayaan penting bagi Anda dalam suatu hubungan? Apakah Anda ingin pasangan yang membuat Anda tertawa?

Fokus pada orang di dalam daripada apa yang mereka lihat atau lakukan untuk mencari nafkah. Uang dan penampilan akan berubah seiring waktu, tetapi itu adalah moral dan kepribadian seseorang yang Anda pegang seumur hidup.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Tantang diri Anda untuk berkencan dengan orang-orang di luar tipe normal Anda. Katakan ya jika seseorang yang tidak terduga mengajak Anda kencan daripada membuat zonasi teman terlalu cepat hanya karena mereka bukan orang yang biasanya Anda kencani.

Jangan terlalu fokus pada penampilan, tetapi lihat apakah Anda merasa nyaman di pertemanannya dan nikmati diri Anda sendiri. Semakin santai Anda bersama seseorang dan semakin bahagia Anda menjadi diri sendiri, semakin besar peluang untuk melewati kencan pertama menjadi sesuatu yang lebih.

5. Standar Anda terlalu tinggi.

Mungkin Anda telah melihat terlalu banyak romcom atau memiliki terlalu banyak waktu untuk memikirkan siapa pasangan sempurna Anda.

Anda tidak boleh menerima kurang dari yang pantas Anda dapatkan dan Anda layak untuk benar-benar bahagia dalam suatu hubungan. Tetapi Anda tidak selalu bisa memberi tahu semua yang perlu Anda ketahui tentang seseorang sejak kencan pertama.

Hidup adalah sebuah perjalanan, dan hanya karena seseorang belum menyelesaikan paketnya saat ini, bukan berarti mereka tidak akan memilikinya di masa depan. Bersikap adil kepada orang-orang yang Anda temui dan beri semua orang kesempatan. Tidak ada yang sempurna, dan karakter yang Anda sukai dalam dongeng dan film hanya ada dalam fiksi karena suatu alasan.

Cobalah bersikap realistis tentang semua kualitas yang Anda cari dalam diri pasangan. Jangan terlalu pilih-pilih dan jangan terlalu cepat menilai seseorang saat pertama kali bertemu. Mereka mungkin gugup atau sama tidak yakinnya seperti Anda, dan membutuhkan waktu, seperti Anda, untuk menunjukkan semua kualitas terbaik mereka.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Cobalah untuk tidak menetapkan harapan Anda terlalu tinggi pada kencan pertama.

Jangan menilai seseorang dari apa yang dia miliki atau lakukan – ini adalah hal-hal dangkal yang dapat berubah seiring waktu. Hanya karena seseorang tidak sesuai dengan ide Anda tentang pasangan sempurna Anda saat ini, bukan berarti dia tidak memiliki potensi untuk itu.

Sebelum Anda bertanya tentang apa yang dilakukan seseorang untuk pekerjaan atau di mana dia tinggal, cobalah bertanya tentang apa yang dia lakukan untuk bersenang-senang untuk mengenal lebih banyak tentang dirinya yang sebenarnya.

Jika Anda tidak yakin tentang dia, ingatlah bahwa dia juga bisa gugup. Coba temuinya sekali lagi untuk melihat apakah suasana berubah ketika Anda lebih santai satu sama lain.

Ini bukan tentang ke mana Anda pergi atau berapa banyak yang dihabiskan untuk kencan pertama, ini tentang seberapa tulus orang itu dan apakah Anda bisa bersenang-senang bersama.

6. Anda berjuang dengan cinta diri dan kepercayaan diri.

Menemukan pasangan bukan tentang menemukan seseorang untuk melengkapi Anda. Ini tentang menemukan seseorang yang mengeluarkan yang terbaik dalam diri Anda.

Keyakinan adalah bagian besar dari apa yang membuat seseorang menarik. Jika Anda tidak percaya diri dengan diri sendiri dan apa yang Anda tawarkan, mengapa calon pasangan harus berpikir sebaliknya?

Begitu Anda mulai percaya bahwa Anda memiliki sesuatu yang hebat untuk ditawarkan, orang-orang akan mulai memperhatikan Anda.

Cinta diri adalah cinta pertama yang harus Anda fokuskan untuk ditemukan sebelum mencari yang lain. Seorang pasangan seharusnya memperkuat semua bagian terbaik tentang diri Anda, jadi Anda harus 100% yakin tentang siapa Anda jika Anda akan dapat menemukan pasangan yang tepat untuk Anda.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Sebelum Anda berkencan dengan siapa pun, pastikan Anda menghargai seperti apa hidup sebagai orang dewasa tanpa pasangan. Rangkullah hobi Anda, temui teman dan keluarga Anda, dan lakukan apa pun yang membuat Anda merasa baik.

Jadikan perawatan diri sebagai prioritas, dan belajar menikmati waktu hanya dengan melakukan sesuatu untuk diri sendiri sehingga Anda bisa lebih percaya diri dengan siapa diri Anda dan apa yang Anda bawa ke meja hubungan.

7. Anda mengirim sinyal yang salah.

Tidak ada buku aturan tentang kencan pertama, dan jika Anda ingin pulang dengan seseorang karena merasa tepat pada saat itu, maka tidak ada yang harus menghakimi Anda untuk itu.

Bagi sebagian orang, beralih dari one night stand menjadi sesuatu yang lebih serius bisa berhasil. Tetapi umumnya, menjadi terlalu intim terlalu cepat adalah tanda bahwa hal-hal di antara Anda akan gagal dengan cepat.

Jika Anda terlalu cepat berhubungan intim secara fisik, itu bisa memberikan sinyal yang salah bahwa Anda sedang mencari hubungan asmara dengan cepat, daripada sesuatu yang lebih jangka panjang.

Di masa lalu, Anda mungkin merasa perlu melakukan keintiman secara fisik dengan seseorang sebelum Anda benar-benar siap, dalam upaya untuk membuat dia tetap tertarik.

Jika Anda khawatir dia akan kehilangan minat pada Anda karena Anda menahannya, maka dia bukan orang yang tepat untuk Anda. Memberi tekanan hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk jika itu tidak berubah menjadi sesuatu yang lebih.

Cobalah untuk mengambil keintiman dengan kecepatan yang terasa tepat untuk Anda, dan ingat bahwa mengetahui apakah Anda cocok di luar lembaran sama pentingnya dengan mengetahui apakah Anda bisa bersenang-senang bersama di bawahnya.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Meskipun ini bukan ilmu yang akurat, berkencan 3 kali atau lebih sebelum Anda berhubungan intim dengan seseorang adalah awal yang baik.

Jika Anda terlalu cepat mendapatkan fisik, keterikatan emosional Anda dengan seseorang akan tumbuh lebih kuat, bahkan jika Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa itu hanya sedikit kesenangan. Kita tidak dapat menahan bahwa hormon membuat kita merasa lebih terikat setelah berhubungan seks, yang membuat penolakan setelah berhubungan intim menjadi lebih menyakitkan.

Orang-orang seharusnya ingin menghabiskan waktu bersama Anda karena mereka tertarik dengan siapa Anda, bukan hanya karena mereka bisa membawa Anda ke ranjang. Percaya diri pada harga diri Anda dan pertahankan seseorang yang menghormati Anda dan menghargai waktu yang Anda bagikan.

8. Anda sedang menunggunya melakukan langkah pertama.

Semakin banyak tekanan yang Anda berikan pada suatu situasi, semakin tidak mungkin rasanya mengajak seseorang berkencan.

Kita harus menormalkan pria atau wanita yang saling bertanya dan berhenti merasa malu atas masalah itu. Hal terburuk yang bisa dilakukan siapa pun adalah mengatakan tidak, dan jika Anda tidak berkencan, maka Anda tidak akan rugi apa-apa.

Jika Anda ingin berkencan dengan seseorang, jangan hanya berdiri dan menunggunya melakukan langkah pertama.

Bersikaplah santai dan sopan saat Anda mengajak seseorang berkencan, dan jangan terlalu keras jika dia mengatakan tidak.

Siapa yang tahu apa yang bisa terjadi? Orang yang Anda tanya mungkin merasa tersanjung atau sama-sama gugup untuk berbicara dengan Anda. Ambil kendali hidup dan mulailah membuat perubahan untuk diri sendiri daripada menunggu orang lain melakukannya untuk Anda.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Ambil inisiatif dan lakukan saja. Ingat, percaya diri itu seksi.

Cobalah untuk tidak memberi terlalu banyak tekanan pada diri sendiri atau terlihat terlalu intens. Cukup sarankan kencan santai dengan cara yang sopan dan lihat apa yang dia katakan.

Hal terburuk yang bisa dia lakukan adalah mengatakan tidak dan tidak ada alasan bagi Anda untuk merasa malu atau canggung jika itu terjadi. Dia mungkin bahkan tidak menyadari betapa Anda menyukainya.

Hal yang sama berlaku untuk menelepon, mengirim pesan, atau mengatur kencan. Jangan terlalu khawatir tentang siapa yang mengirim pesan terakhir; beri tahu dia betapa menyenangkannya Anda saat berkencan dan yakinlah untuk menanyakan apakah dia ingin melakukan sesuatu lagi segera jika itu yang Anda inginkan.

9. Anda memberi terlalu banyak tekanan pada diri sendiri.

Apakah Anda muak dengan keluarga dan teman Anda yang bertanya tentang kehidupan kencan Anda dan membuat lelucon?

Atau apakah Anda merasa seharusnya sudah bertemu seseorang sekarang dan ada yang salah dengan Anda karena belum?

Apakah Anda menilai diri sendiri terhadap buku dan film, atau hubungan teman dan anggota keluarga Anda, Anda merasa seolah-olah Anda kehilangan semua tonggak kencan.

Merasa seperti Anda kehabisan waktu dapat membuat Anda melakukan hal-hal putus asa. Itu bisa membuat Anda berpegang teguh pada seseorang yang Anda tahu tidak tepat untuk Anda atau mendorong sesuatu terlalu cepat ketika Anda akhirnya menemukan kencan. Itu juga bisa membuat penolakan apa pun menyakitkan 100 kali lebih buruk.

Tidak ada waktu yang tepat untuk menjalin hubungan, jadi berhentilah menekan diri sendiri untuk berpasangan. Anda tidak menjadi diri sendiri ketika Anda berusaha terlalu keras untuk mengesankan seseorang, dan orang-orang dapat melihatnya.

Nikmati proses bertemu orang baru tanpa menilainya sebagai pasangan masa depan Anda. Biarkan segala sesuatunya berkembang dengan kecepatannya sendiri.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Hanya karena orang-orang di sekitar Anda telah berpasangan, bukan berarti Anda juga harus demikian. Bahkan jika Anda ingin menemukan cinta, jauh lebih baik bertahan untuk orang yang tepat daripada mencoba memaksakan sesuatu dengan seseorang yang salah untuk Anda.

Semakin Anda memaksakan kencan pertama, semakin kecil peluang Anda untuk mencapai kencan kedua. Berkencan bukan hanya tentang menemukan ‘dia’, itu juga merupakan kesempatan bagus untuk bertemu berbagai orang dan menjadi lebih percaya diri.

Jika Anda belum menemukan orang yang tepat untuk Anda, jangan melihatnya sebagai hal yang negatif. Rangkullah kehidupan lajang, jalani waktu Anda sendiri, jelajahi tempat-tempat baru, dan dapatkan pengalaman baru. Semakin Anda merangkul kehidupan apa adanya, semakin sedikit tekanan yang Anda berikan untuk menemukan orang yang tepat untuk Anda.

Semuanya akan berjalan dengan kecepatan alaminya.

10. Anda terlalu siap untuk kehilangan hati.

Kita menyukai ide romantis untuk menemukan percikan instan dengan seseorang, tetapi kenyataan tidak selalu sesederhana itu.

Terlalu terikat secara emosional terlalu cepat dapat membuat orang takut. Jika Anda sangat ingin kencan berjalan dengan baik, Anda bisa membiarkan diri Anda memikirkan hal-hal yang serius terlalu cepat. Ini bisa berubah menjadi kegilaan yang tidak sehat.

Berkencan adalah tentang mengenal seseorang untuk melihat apakah dia cocok. Kemungkinan banyak orang yang Anda kencani tidak, dan tidak apa-apa. Dalam proses bertemu dengannya, Anda akan belajar apa yang Anda suka dan tidak suka tentang pasangan potensial.

Mungkin ada beberapa pengecualian untuk aturan tersebut, tetapi jatuh cinta dan membangun fondasi suatu hubungan membutuhkan waktu.

Jika Anda mencoba untuk terburu-buru dan memberikan hati Anda terlalu cepat, itu hanya akan lebih menyakitkan ketika segala sesuatunya tidak berhasil. Ini juga akan membawa Anda lebih lama untuk kembali ke tempat di mana Anda senang menempatkan diri di luar sana lagi.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Jangan biarkan diri Anda terlena dengan membayangkan pernikahan Anda dan seperti apa rupa anak-anak Anda setelah beberapa kali berkencan. Butuh waktu untuk mengenal seseorang dengan benar, dan satu kencan yang baik tidak dapat memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui.

Jika Anda sering membiarkan emosi Anda berlalu, cobalah untuk mengambil hal-hal lebih lambat dari biasanya pada kencan Anda berikutnya dan tidak memberi label apa pun terlalu cepat. Meskipun Anda ingin melangkah lebih jauh, orang yang Anda sukai mungkin membutuhkan sedikit lebih banyak waktu.

11. Waktu Anda tidak aktif.

Terkadang, tidak ada alasan mengapa Anda belum berhasil berkencan. Mungkin Anda belum bertemu orang yang tepat.

Anda bisa melakukan segalanya dengan benar, menjalani kehidupan lajang Anda, tidak terlalu memaksa berkencan, menempatkan diri Anda di luar sana, namun permainan kencan tidak berhasil untuk Anda.

Dalam hal ini tidak banyak yang bisa dikatakan, selain waktu belum berpihak pada Anda. Mungkin Anda memang bertemu seseorang yang bisa menjadi orang yang tepat untuk Anda, tetapi keadaan menghalangi Anda untuk melakukannya.

Semua ini bukan salah Anda, atau orang lain; itu hanya fakta kehidupan yang terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Tetapi itu bukan alasan untuk kehilangan harapan. Anda adalah orang yang menarik dan percaya diri yang memiliki banyak cinta untuk diberikan. Kemungkinan ada banyak orang di luar sana saat ini yang bisa menjadi pasangan yang tepat untuk Anda. Anda hanya belum bertemu mereka.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu:

Percayalah pada kenyataan bahwa ketika waktunya tepat, Anda akan bertemu dengan orang yang Anda cari.

Setiap pengalaman yang Anda alami – baik atau buruk – telah mengajari Anda sesuatu tentang diri Anda dan tentang tipe orang yang benar-benar cocok untuk Anda. Jadi ketika waktunya tepat, Anda akan merasa lebih yakin bahwa Anda telah menemukan sesuatu yang baik.

Sulit untuk percaya bahwa semuanya akan baik-baik saja pada akhirnya, dan akan selalu ada suara kecil di belakang kepala Anda yang bertanya kepada Anda, “tetapi bagaimana jika itu tidak berhasil?”

Tetapi tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, dan jika Anda bahagia dengan siapa diri Anda dan memanfaatkan hidup Anda sebaik-baiknya, maka masa depan Anda cerah.

Kencan belum tentu jatuh ke pangkuan Anda; Anda harus berusaha untuk membangun kepercayaan diri Anda dan menempatkan diri Anda pada posisi di mana Anda dapat bertemu orang baru. Tidak diragukan lagi Anda akan menghadapi beberapa penolakan di sepanjang jalan, tetapi itu semua adalah bagian dari membantu Anda menemukan orang yang tepat untuk Anda.

Berkencan tidak boleh merasa tertekan atau stres, itu harus menyenangkan dan sesuatu yang Anda sukai.

Jika Anda merasa telah menghadapi banyak penolakan baru-baru ini, mungkin mundur selangkah untuk menemukan kembali kebahagiaan dalam diri Anda yang tidak perlu Anda andalkan pada pasangan.

Tidak ada yang salah dengan Anda hanya karena Anda belum menemukan orang yang tepat. Dan Anda tidak bisa menilai diri sendiri dari hubungan orang lain. Berfokuslah untuk melakukan apa yang membuat Anda paling bahagia dan jika itu memang dimaksudkan, Anda akan menemukan pasangan yang tepat untuk Anda ketika waktunya tepat.

***
Solo, Sabtu, 18 September 2021. 7:17 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
ilustr: Dear Dharma

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.