Login

15 Hobi Terbaik Untuk Introvert

Ada stereotip besar yang salah kaprah bahwa semua introvert pemalu dan benci menghabiskan waktu bersama orang lain.

Ini jelas tidak benar!

Banyak introvert hanya mencari dukungan dan kenyamanan ke dalam, sementara ekstrovert sering kali menjangkau orang lain ketika mereka merasa membutuhkan hal-hal tersebut.

Karena introvert cenderung nyaman dengan dirinya sendiri, ada beberapa hobi hebat yang memanfaatkan karakter tersebut.

Berikut adalah 15 hobi terbaik bagi introvert.

1. Membaca

Introvert cenderung mencari kenyamanan pada diri sendiri, yang membuat membaca menjadi hobi yang luar biasa bagi mereka.

Membaca adalah tentang cerita. Ini memberi Anda kesempatan untuk menghabiskan waktu damai sendirian sambil membenamkan diri di dunia lain.

Terlibat dalam sesuatu yang mengasyikkan atau romantis, atau selesaikan kejahatan dengan detektif fiksi favorit Anda.

Apa pun yang Anda pilih untuk dibaca, buatlah secangkir teh dan bersiaplah untuk menikmati waktu Anda sendiri, di dunia kecil Anda sendiri.

2. Menulis Kreatif

Menulis kreatif memberi Anda kesempatan untuk menjelajahi semua dunia imajiner yang muncul di benak Anda saat Anda sendirian.

Menjadi seorang introvert berarti Anda sering merasa nyaman berada di kebersamaan dengan Anda sendiri, jadi jelajahi itu dan gunakan ini sebagai kesempatan untuk menjadi kreatif.

Orang lain terkadang dapat menghambat kreativitas, atau menjadi pengalih ketika Anda benar-benar ingin menyendiri dan menjadi kreatif.

Tulis tentang semua hal yang muncul dari imajinasi Anda ketika Anda menikmati kebersamaan dengan Anda dan lihat ke mana hal itu membawa Anda.

3. Membuat Jurnal

Introvert sering kali menenangkan diri sendiri daripada meminta bantuan orang lain. Ini bisa berarti mereka terkadang terjebak dalam perasaan mereka.

Menggunakan diri sendiri untuk kenyamanan dan dukungan adalah keterampilan yang bagus untuk dimiliki, tetapi jangan lupa bahwa ada cara untuk mengatasi perasaan Anda yang berada di tengah-tengah antara diri Anda dan orang lain.

Membuat jurnal adalah pelepasan yang fantastis jika Anda merasa sedikit cemas atau kesal.

Ini adalah cara untuk melepaskan semua emosi tersebut di tempat yang aman, tanpa harus berinteraksi dengan siapa pun.

4. Memanggang

Salah satu hal terbaik tentang menikmati waktu sendiri dan menjadi sistem pendukung Anda sendiri adalah Anda bisa makan semua campuran kue mentah.

Memanggang sangat menyenangkan, dan merupakan cara yang bagus untuk bersantai setelah hari yang melelahkan, atau untuk dinikmati pada hari Minggu pagi yang malas.

Cari beberapa resep, perbanyak chocolate chip, dan ambil celemek Anda.

Panggang sendiri, bawalah untuk bekerja untuk kolega Anda, atau kejutkan tetangga Anda dengan muffin segar.

5. Yoga

Menjadi seorang introvert berarti Anda mungkin cukup pandai duduk dengan diri sendiri, mengakui perasaan Anda, dan merenungkan bagaimana Anda dapat bergerak maju dengan hal-hal yang mungkin mengganggu Anda.

Yoga adalah alat yang hebat dalam situasi seperti ini – Anda tidak perlu berbicara tentang perasaan Anda atau menjangkau orang lain, Anda dapat menggunakan waktu dan ruang ini untuk memproses.

Jika Anda menyukai ide berlatih sendiri, lihat YouTube untuk beberapa tutorial (Yoga With Adrienne adalah saluran favorit kami untuk kelas di rumah).

Pergi ke studio untuk mengikuti kelas juga bagus – semua orang ada di sana untuk bersantai, berolahraga, dan keluar dari pikiran mereka, jadi Anda tidak akan diganggu oleh obrolan ringan.

6. Kerajinan

Kerajinan adalah cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang Anda. Terutama karena Anda berakhir dengan sesuatu yang lucu atau lucu di akhirnya!

Cari Etsy untuk beberapa peralatan kerajinan rumahan yang mudah dan dapatkan pembuatannya, pesanlah buku mewarnai dewasa untuk dikerjakan, atau cobalah merajut dan lihat ke mana Anda akan dibawa.

Aktivitas kreatif ini, antara lain, bagus untuk introvert karena Anda akan mudah terserap oleh apa pun yang sedang Anda kerjakan.

7. Memasak

Memiliki dapur untuk diri sendiri adalah berkah – dan sesuatu yang disukai banyak introvert.

Jika Anda mencari hobi baru, memasak adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Anda dapat menelusuri online untuk resep online yang sesuai dengan kebutuhan Anda – murah, sehat, vegan, adiboga, apa pun yang Anda inginkan.

Jadikan itu acara dan pertahankan musik yang bagus, buka anggur, dan nikmati boogie saat Anda memasak.

8. Budidaya Bunga

Sekali lagi, menjadi sedikit kreatif adalah cara yang baik untuk menghabiskan waktu luang Anda, dan floristry adalah sesuatu yang mungkin tidak pernah Anda pertimbangkan.

Anda akan memiliki sesuatu yang indah untuk dilihat sekaligus selesai, dan Anda akan memiliki waktu untuk benar-benar keluar dari pikiran Anda dan hanya berfokus pada apa yang Anda lakukan dengan tangan Anda.

Jika Anda mencari opsi anggaran rendah, pergilah ke toko kerajinan lokal Anda untuk mencari oasis atau karangan bunga dan pergilah ke supermarket untuk membeli bunga yang lebih murah.

Jika Anda mampu, kunjungi toko bunga lokal Anda, dukung komunitas Anda, dan nikmati beberapa bunga indah untuk dimainkan.

9. Netflix

Oke, ini mungkin terdengar terlalu malas untuk menjadi hobi, tetapi, terkadang, itulah yang Anda butuhkan!

Tidak setiap hobi harus berakhir dengan Anda mendapatkan otot atau memiliki karya seni buatan sendiri yang baru.

Menghabiskan waktu luang Anda dengan menonton serial favorit Anda atau bermain-main dengan film dokumenter baru masih berlaku.

Sesuatu yang Anda sukai, membantu Anda bersantai, dan membantu Anda belajar. Teman itu mendidik, bukan?

10. Podcast dan dinginkan

Saya suka tidak lebih dari berjalan-jalan dan memasukkan diri saya ke podcast baru.

Atau mendengarkannya di kamar mandi, atau mendengarkannya di latar belakang saat saya memasak.

Mendengarkan podcast sangatlah menyenangkan – terutama jika Anda tinggal sendiri dan terkadang merasa sedikit kesepian (ya, introvert juga kesepian).

Temukan topik yang Anda minati, Google 10 podcast terbaik yang berkaitan dengan topik itu dan mulai dengarkan.

Ini adalah cara yang bagus untuk terlibat dalam percakapan yang menarik (jika hanya sepihak) dan mendapatkan perspektif baru tentang berbagai hal.

Ada juga beberapa podcast swadaya yang luar biasa di luar sana jika Anda lebih suka memproses sendiri daripada membicarakannya dengan teman.

11. Lari

Sebagai seorang introvert, Anda cukup terbiasa dengan aktivitas solo, dan berlari adalah salah satu hal lain untuk ditambahkan ke daftar itu.

Berlari adalah hobi yang hebat – lari membantu Anda keluar dari pikiran setelah hari yang melelahkan, memberi Anda banyak energi (meskipun itu juga membutuhkan banyak energi!), dan itu bagus untuk kesehatan Anda.

Rencanakan rute di Google Maps atau unduh aplikasi seperti Couch to 5k jika Anda baru mengenal olahraga lari. Lacak diri Anda dengan FitBit atau aplikasi seperti Strava dan nikmati.

12. Berkebun

Berkebun adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu luang Anda. Anda tidak membutuhkan taman yang besar – ruang apa pun yang Anda miliki untuk menanam beberapa tanaman sudah cukup.

Dapatkan beberapa tanaman ambang jendela kecil, gantung penanam di balkon Anda, atau beli beberapa tanaman pot untuk halaman Anda.

Apa pun yang Anda pilih untuk tumbuh, benamkan diri Anda dalam memilih tanaman, mengecat pot sendiri, melihat mereka tumbuh, melakukan penyiangan, dan terjebak di dalamnya!

Lebih dekat dengan alam dan menggunakan tangan Anda tidak akan pernah menjadi hal yang buruk.

13. Dapatkan Musik

Mempelajari instrumen baru mungkin terdengar agak intens, tetapi sebenarnya tidak perlu begitu.

Kunjungi toko musik untuk melihat apa yang terasa benar, atau cari alat musik bekas secara online jika Anda ingin sedikit bereksperimen sebelum benar-benar berinvestasi.

Memainkan musik dan mempelajari keterampilan baru adalah hobi yang luar biasa dan juga akan membantu meningkatkan harga diri Anda.

14. Belajar Bahasa Baru

Apa cara yang lebih baik untuk menghabiskan waktu luang selain dengan mempelajari bahasa baru?

Ada begitu banyak situs web, video, dan aplikasi yang tersedia untuk mendukung Anda di sepanjang perjalanan bahasa Anda.

Pilih bahasa negara yang paling Anda sukai dan siapkan sekolah virtual di ruang tamu Anda.

Tip profesional – menonton acara Netflix dalam bahasa tersebut, dengan subtitle bahasa Inggris, adalah cara yang baik untuk lebih mengenal kosakata /aksen.

15. Hiking

Seperti disebutkan di atas, keluar di alam akan selalu menjadi dasar yang kokoh untuk sebuah hobi baru.

Hiking adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan menikmati berada di luar ruangan.

Udara segar sangat menakjubkan bagi tubuh Anda, dan Anda akan dapat menjelajahi beberapa area indah di sekitar rumah dan sekitarnya.

Rencanakan rute, kemasi ransel kecil, dan mulailah petualangan.

Menghabiskan waktu dengan diri Anda sendiri seperti ini sangatlah sehat, tetapi, jika terasa aneh, bawalah anjing teman Anda – Anda akan membantunya jika mereka memiliki minggu yang sibuk, dan Anda akan merasa nyaman saat berada di luar, sendirian lebih banyak.

***
Solo, Kamis, 22 April 2021. 1:43 pm
‘salam sehat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
ilustr: ACR

Leave a Reply

Your email address will not be published.