Login

Silahkan Memilih Berjilbab atau Ber-‘jilboobs’

berjilbab

Beberapa waktu yang lalu terjadi perdebatan yang seru di pemberitaan, media sosial maupun di masyarakat tentang  bagaimana seharusnya cara berjilbab yang benar. Begitu sensitifnya masalah berpakaian ini sehingga pernah mengundang MUI untuk  mengeluarkan fatwa haram bagi para wanita yang ber-jilboobs alias memakai jilbab namun pakaiannya ketat dan masih menonjolkan aurat.

Seharusnya hal ini tidak perlu dipermasalahkan  begitu sengit karena jilboobs sesungguhnya hanyalah fenomena mode yang lagi trend layaknya gaya berpakaian yang lain. Tidak perlu terlalu diperdebatkan karena masih banyak problem sosial yang lain yang lebih membutuhkan perhatian dan perdebatan kita.

Untuk memecahkan permasalahan antara jilbab atau jilboobs sebenarnya cukup sederhana. Biarlah kedua cara berpakaian itu berlangsung sebagaimana mestinya, artinya  yang ingin berjilbab silahkan berjilbab sesuai Syari’at Islam sementara yang ingin ber-jilboobs silahkan memakainya sesuai keinginan pemakainya sepanjang tidak mengganggu ketertiban umum.

Ber-jilboobs yang selama ini menjadi trend di Indonesia sebenarnya masih dalam taraf yang wajar dan tidak mengganggu ketertiban umum. Masih hanya sebatas para pemakainya memadukan jilbab dengan pakaian mereka yang kadang super ketat dan terkesan menonjolkan aurat. Belum pernah kita jumpai wanita memakai jilbab tetapi memadukannya dengan rok mini atau atau celana ketat sangat pendek. Tetapi kalau hal ini dirasa oleh umat Islam tidak sesuai dengan Syari’at Islam, ya memang tidak sesuai syariat. Maka penyelesaiannya sederhana saja, mereka yang berjilbab tidak sesuai dengan Syari’at Islam dianggap saja sebagai bukan muslimah dan tidak beriman atau bahkan kafir. Mudah kan?  Karena mode ber-jilboobs juga bagian dari selera dan hak individu yang bersangkutan, layaknya mode berpakaian mini, sedikit terbuka atau mode pakaian yang lain.

Mengenai mereka yang tidak ingin ber-jilboobs dan ingin berjilbab silahkan berjilbab sesuai dengan Syari’at Islam. Berikut ini sebagian gambar tentang bagaimana berjilbab menurut Syari’at Islam.

berjilbab

Demikianlah tulisan kecil dan sederhana ini hanya sebagai ungkapan sedikit berbagi gagasan tentang dua cara berpakaian ini. Bagi anda silahkan memilih berjilbab sesuai Syariat Islam atau ber-jilboobs atau berpakaian dengan mode pakaian yang lain sesuai selera anda. Gitu aja koq repot!

***
Solo, Kamis, 23 Januari 2020. 5:21 pm
‘salam kritis penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

One comment

  1. mm

    Pandangan moderat dan toleran, tapi sayangnya ada sebagian kalangan menyebutnya paham ‘liberal’… he… he..

Leave a Reply

Your email address will not be published.