Ahmad Dhani : Tips Membuat Lagu Agar Menjadi Terkenal

tips membuat lagu

Tanya :

Bagian mana yang paling sulit dalam membuat sebuah lagu ?

Ahmad Dhani :

“Ngomong-ngomong soal membuat lagu, sesungguhnya membuat lagu itu gampang.  Yang sulit itu adalah membuat lagu jadi terkenal.   Sekali lagi, membuat lagu itu gampang tapi yang sudah itu adalah menjadikan lagu itu terkenal.

Lagu agar terkenal itu dibutuhkan lirik yang baik. Nomor satu itu lirik, Jarang orang Indonesia suka saama nada-nada dulu. Banyak lagu yang nadanya baik, tapi liriknya kurang kena di hati masyarakat.

Jadinya orang nggak ‘aware’ maksudnya orang jadi nggak perhatian.

Jadi yang paling susah menurut saya dalam membuat lagu adalah membuatnya agar lagu itu menjadi terkenal.  Untuk menjadi terkenal gara-gara liriknya menyampaikan pesan dan sampai kepada masyarakat.

Kata-kata itu sebenarnya yang paling penting. Jadi yang paling sulit itu membuat kata-kata. Kalau sekadar membuat nada yang indah itu relatif lebih mudah, daripada membuat kata-kata .

Karena banyak lagu yang nadanya baik tapi kata-katanya kurang mengena. Itu juga terjadi pada saya sendiri juga.

Banyak lagu-lagu saya pribadi yang menurut saya bagus banget, tapi liriknya kurang mengena kepada masyarakat, jadinya ya kurang terkenal.

Itu jadi yang susah itu membuat lagu jadi terkenal. Kalau membuat lagu enak, itu relatif lebih mudah,  apalagi membuat lagu rumit ya..  Itu lebih mudah dibuat daripada yang bisa dikenal oleh masyarakat.

Apalagi membuat lagu yang baik secara melodius, liriknya juga baik dan dikenal oleh masyarakat, maka itu akan jauh lebih lebih sulit.

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.