Merawat Ikan Koi Yang Baru Dibeli Ternyata Mudah

merawat ikan koi

Susah Merawat Ikan Koi?
Tidak, perawatan ikan koi tidak sulit, tetapi memiliki tantangan khusus.  Menjaga air mereka bersih, seimbang dan diangin-anginkan adalah prioritas tertinggi.

Mereka dapat bertahan hidup melalui musim dingin dan merupakan omnivora dengan banyak pilihan makanan. Mereka adalah makhluk yang damai dan tangguh. Koi menciptakan ekosistem yang intim dan rentan terhadap patogen dari luar. Dengan meluangkan waktu untuk memperkenalkan koi baru secara perlahan, Anda memungkinkan mereka untuk menyesuaikan diri satu sama lain dan memastikan kesehatan semua orang!

Naluri alami Nishikigoi adalah hidup berdampingan dengan orang lain dan membawa kedamaian ke dalam rumah. Ini, bersama dengan kecantikan mereka, adalah bagian besar dari daya tarik mereka.

Kedamaian dan kenikmatan yang diberikan kepada pemilik kolam koi telah membawa apresiasi Nishikigoi keluar dari Jepang dan ke dalam budaya global. Kami ingin Anda mengalami kesenangan dan kegembiraan dalam menumbuhkan keluarga koi Anda, dan ketahuilah bahwa sedikit kehati-hatian bisa sangat membantu, terutama jika Anda belum menambahkan koi luar selama lebih dari setahun. Ambil tindakan pencegahan ekstra yang diuraikan dalam artikel tentang perawatan koi ini dan Anda akan memiliki ketenangan dan kegembiraan seumur hidup.

Pentingnya Karantina Bagi Koi Baru

Alat yang diperlukan untuk semua penghobi dan pemilik koi adalah tangki karantina terpisah. Sangat disarankan agar setiap Kodama Koi yang dibeli harus dikarantina sebelum ditambahkan ke akuarium atau kolam Anda. Pelajari lebih lanjut di posting blog kami yang lain tentang pengaturan & prosedur tangki karantina koi.

Bahkan dengan perawatan dan pencegahan terbaik, Nishikigoi membawa parasit, bakteri, jamur, dan penyakit lainnya. Koi Anda belajar hidup berdampingan dengan bakteri lokal, tetapi rentan terhadap orang luar. Karantina dan pengenalan ikan dan air lokal secara perlahan memungkinkan semua ikan beradaptasi dengan kecepatan yang lebih aman.

Ini bukan hanya tentang memperkenalkan sesuatu yang tidak sehat ke populasi ikan Anda saat ini. Ikan koi Jepang cenderung menjadi sangat stres dan kelelahan saat diangkut dari peternakan atau peternak ke pemiliknya. Ikan baru bahkan lebih rentan terhadap penyakit, sehingga proses karantina memberi mereka waktu untuk mendapatkan kekebalan mereka kembali menjadi tambahan keluarga baru yang sehat!

Sangat penting untuk menyediakan tempat yang nyaman bagi Nishikigoi Anda untuk beristirahat dan memulihkan diri dari perjalanan mereka.

Bagaimana Saya Mengarantina Ikan Koi Saya (Nishikigoi)?

Disarankan untuk menyimpan dan merawat ikan koi Jepang yang baru dibeli di tangki karantina terpisah setidaknya selama 21 hari sebelum memasukkannya ke kolam atau akuarium Anda untuk mengurangi risiko penyakit sambil memberi mereka waktu untuk menyesuaikan diri.

Persediaan dasar yang dibutuhkan untuk tangki karantina:

Tangki (100-300 galon)
Penutup bersih untuk tangki
Pompa dan filter kecil
Pompa angin
Termometer air
Test kit untuk amonia, nitrat, pH, dan garam
Garam
Pemanas kolam atau akuarium
Terakhir

Pengatiran Anda Menerima Koi/Nishikigoi

1. Siapkan tangki karantina tergantung ukuran koi Anda. Kami merekomendasikan 100-300 galon, tangki pertunjukan biru juga OK.

2. Tergantung pada air kolam Anda yang ada, isi tangki dengan stok kolam Anda (mengingat kondisinya baik), air deklorinasi segar, atau air sumur.

3. Idealnya, tangki karantina juga harus memiliki sistem penyaringan, tetapi aerasi yang baik dari pompa udara dapat diterima.

4. Pertahankan suhu air 72° F atau lebih. Jika bekerja dengan tangki yang lebih kecil, 1-2 pemanas akuarium akan bekerja untuk mencapainya.

5. Tambahkan garam ke tangki sampai konsentrasi 0,3% (3 pon garam per 100 galon air)

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Anda Menerima Nishikigoi

1. Amati selama 14-21 Hari – Tempatkan ikan koi Jepang Anda ke dalam tangki karantina dan amati dengan cermat selama 14-21 hari. Harap perhatikan untuk melihat apakah mereka mengembangkan masalah.

2. Filter atau Ganti Air Setiap 2-3 Hari – Jika bekerja tanpa sistem filtrasi, diperlukan penggantian air sebagian setiap 2-3 hari sekitar 25%. Tambahkan garam untuk menyesuaikan.

3. Beri Makan Makanan yang Mudah Dicerna – Beri makan Nishikigoi Anda dengan makanan koi yang mudah dicerna setiap hari. Kami merekomendasikan Manda Fu Koi Food.

4. Periksa Nitrat dan Amonia Setiap Hari – Selama periode awal ini, sangat penting untuk menjaga keseimbangan kadar nitrat Anda. Koi baru, yang segar dari tekanan perjalanan (pengiriman), lebih rentan terhadap masalah.

blograkyat

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.