Koi Shiro Utsuri – Tanya Jawab – Kokugyo 1

koi shiro

T: Manakah yang lebih baik, pola Inazuma atau Ichimatsu?
J: Pada koi Shiro Utsuri, pola Ichimatsu lebih baik. Pada jenis ini, pola Inazuma relatif lebih mudah didapat, sementara pola Ichimatsu lebih sulit. Karena Ichimatsu langka, pola ini lebih disukai.

*) Pola ‘Ichimatsu’ = pola seperti papan catur  

T: Apa saja kriteria koi Shiro Utsuri yang indah?
J: Ada tiga:

1) Shiroji-nya bagus

2) Kualitas Sumi-nya bagus

3) Pola Sumi-nya bagus.

Dengan kombinasi ketiganya, maka akan menjadi Shiro Utsuri yang indah.

T: Apakah Hachiware merupakan pola kepala terbaik untuk koi Shiro Utsuri?
J: Ya, Hachiware yang paling ideal. Pola ini juga ideal untuk Showa Sanshoku.

T: Apakah Menware artinya sama dengan Hachiware?
J: Ya, dalam bahasa Jepang, Men artinya wajah. Hachi artinya kepala. Pada Koi, wajah dan kepala mempunyai arti yang sama dalam budaya Nishikigoi Jepang.

T: Apakah tidak apa-apa bila menyatukan Shiro Utsuri dan Kohaku dalam kolam yang sama?
J: Dalam the All Japan Nishikigoi Show di Jepang, hanya ikan Koi yang berkualitas dari seluruh dunia yang turut serta. Persaingannya sangat ketat hingga ke perbedaan yang sangat tipis.

Shiroji pada Shiro Utsuri kehilangan kemurniannya bila diberi makan peningkat warna. Kohaku memerlukan makanan peningkat warna untuk menebalkan Hi-nya. Strategi memelihara kedua jenis ini sangat berbeda. Seharusnya, Shiro Utsuri yang bagus harus dipelihara ditempat yang terpisah dari Kohaku.

T: Siapa peternak Shiro Utsuri yang paling terkenal?
J: Di Niigata, Kosaku Seki dan Katsuhiko Hirasawa yang paling terkenal. Produksinya sangat terbatas. Bila anda sedang mencari Shiro Utsuri yang luarbiasa, saya sarankan anda memesannya lewat diler anda.

T: Ki Utsuri sudah hampir punah. Apakah tidak ada orang yang menernakkannya lagi?
J: Belum ada orang yang secara khusus menernakkan Ki Utsuri. Hosokai dari Hosokai Koi Farm menemukan sepasang induk yang bagus dan berhasil menernakkannya tahun 2001. Sebentar lagi, anak-anak Ki Utsuri akan segera tersedia di pasaran.

T: Siapa yang menernakkan Doitsu Shiro Utsuri?
J: Ushizo (Shinoda Koi Farm) di Koguriyama menternakkan jenis ini. Koshiji Koi Farm yang terkenal dengan Heisei Nishiki-nya juga memproduksi jenis ini. (Catatan: Informasi ini didapat pada tahun 2001. Meski mereka menernakkan Koi kualitas tinggi, bisa saja salah satu induknya tiba-tiba mati sehingga garis keturunannya akan terputus. Ini adalah salah satu kesulitan dalam budidaya Nishikigoi.)

T: Apakah mungkin saya mendapatkan Tosai Kage Hi Utsuri?
J: Tidak. Kage Hi Utsuri muncul secara kebetulan ketika menernakkan Hi Utsuri. Tidak mungkin mendapatkannya ketika masih kecil karena pada saat itu Kage-nya belum muncul. Penampilan semuanya sama, Hi Utsuri. Setelah tumbuh hingga usia 3 tahun, Kage-nya secara bertahap muncul. Oleh karena itu, kita harus menunggu hingga panjangnya antara 40 sampai 50 cm untuk mendapatkan Kage Hi Utsuri.

Dari Kokugyo Vol.1 – blograkyat

 

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.