Ciri Orang Kreatif [8] Tidak Segera Menolak Ide atau Gagasan Baru

Paparan tentang ciri orang kreatif ketujuh, ‘kaya humor dan fantasi’, telah tersaji di tulisan sebelumnya. Selanjutnya untuk paparan ciri orang kreatif kedelapan, ‘tidak segera menolak ide atau gagasan baru’, ada di tulisan kali ini.

Apabila menemukan atau diajukan suatu ide atau gagasan, pemecahan, penyelesaian, cara kerja baru, orang-orang kreatif tidak begitu saja menolak, meski mereka melihat kekurangan-kekurangannya. Mereka seperti membolak-balik ide atau gagasan itu dan melihat segala unsur serta segi-seginya. Mereka mencari segala unsur yang menarik dari ide atau gagasan itu dan mengesampingkan kekurangan-kekurangannya.

Hal ini bukan berarti bahwa mereka tentu benar. Jalan pikiran mereka bisa salah. Kesimpulan mereka bisa meleset. Namun yang hendak diutarakan di sini bukan terutama hasil tetapi sikap, yaitu: terbuka terhadap hal dan kemungkinan baru. Orang-orang kreatif memiliki sikap bukan hanya mendekati perkara dari segi negatif dan positif, tetapi lebih-lebih dari segi menariknya. Karena kreativitas justru lahir, karena mampu mengembangkan segi menarik dari suatu ide, gagasan, pemecahan, cara, kemungkinan baru mengenai masalah itu.

Demikianlah paparan tentang ciri orang kreatif yang kedelapan. Untuk paparan ciri orang kreatif kesembilan atau yang terakhir akan tersaji di tulisan berikutnya.

***
Solo, Sabtu, 14 September 2019. 6:59 pm
‘salam kreatif penuh cinta’
Suko Waspodo

 

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.