Ciri Orang Kreatif [9] Arah Hidup yang Mantap

Pada tulisan sebelumnya telah tersaji paparan tentang ciri orang kreatif kedelapan, ‘tidak segera menolak ide atau gagasan baru’. Selanjutnya untuk tulisan kali ini merupakan paparan tentang ciri orang kreatif yang kesembilan, ‘arah hidup yang mantap’.

Orang-orang kreatif kebanyakan menampakkan dalam diri mereka sikap terlibat dalam sesuatu, yakin akan tujuan dan arti hidup mereka, ada rasa ditakdirkan, ada rasa diutus secara khusus. Mereka merasa mendapat kemampuan khusus untuk menyelesaikan suatu tugas hidup di tempat dan di jaman mereka. Mereka memandang diri unik, dengan tugas pengabdian unik, di ruang hidup tertentu dan dalam tahap sejarah manusia tertentu. Karya cipta mereka bukan sekedar merupakan hasil angan-angan saja, tetapi merupakan hasil jawaban atas tawaran atau tantangan kehidupan. Merka melihat tantangan itu, merasa wajib untuk menjawab dan merasa diberi kemampuan untuk mewujudkan rasa wajib itu.

Motivasi batin semacam itu dapat menjadi daya hebat untuk membuat kemajuan: ide baru, gagasan segar, pemecahan, penyelesaian, cara kerja yang menakjubkan, pemikiran besar yang menciptakan suasana dan kebudayaan baru dalam kehidupan. Motivasi semacam itu jauh lebih kuat daripada iming-iming uang, kenikmatan, nama, pangkat, kedudukan. Orang-orang kreatif sejati sungguh ada di atas motivasi itu. Karena itu, dalam usaha mencapai cita-cita, memenuhi tugas hidup, dan memainkan peranan dalam kehidupan itu, orang-orang kreatif sanggup menderita, menanggung dan mengatasi kegagalan, dan maju terus pantang mundur untuk meraih bintang yang diimpikan.

Nah, itulah paparan tentang ciri orang kreatif kesembilan yang sekaligus merupakan bagian terakhir dari rangkaian tulisan tentang ‘ciri orang kreatif’. Semoga bisa bermanfaat serta menambah wawasan anda.

***
Solo, Selasa, 17 September 2019. 7:00 pm
‘salam kreatif penuh cinta’
Suko Waspodo

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.