Login

Kreativitas dan Keanehan Bermimpi

Semakin aneh impian Anda, semakin kreatif inspirasinya dalam hidup Anda.

Poin Penting

  • Keanehan dalam bermimpi mencerminkan kreativitas yang mendalam dari pikiran saat tidur.
  • Unsur-unsur mimpi yang paling aneh dan paling tidak rasional dapat menghasilkan hadiah kreatif yang luar biasa.
  • Daripada keanehan, kita harus berbicara tentang main-main bawaan bermimpi.

“Mimpi terlalu aneh untuk masuk akal.”

Dari zaman kuno hingga sekarang, ini telah menjadi kritik umum tentang mimpi. Pada 1970-an dan 1980-an, beberapa ilmuwan menempatkan kritik ini di pusat teori mereka bahwa mimpi pada akhirnya adalah omong kosong, produk sampingan yang tidak berarti dari penembakan saraf acak di otak selama tidur. Kebanyakan psikoterapis yang memiliki pengalaman bekerja dengan mimpi menolak reduksionisme saraf semacam ini. Namun, beberapa terapis yang sama ini masih menerima premis bahwa keanehan mimpi adalah masalah, dan tujuan interpretasi seharusnya adalah menerjemahkan mimpi liar yang sulit diatur ke dalam bentuk bahasa rasional.

Mereka yang menekankan keanehan mimpi yang irasional mengabaikan bukti empiris yang melimpah bahwa kebanyakan mimpi tidak terlalu aneh. Penelitian sistematis tentang isi mimpi selama beberapa dekade sebenarnya telah menemukan bahwa sebagian besar mimpi cenderung biasa-biasa saja dan cukup realistis, berkisar pada karakter, latar, dan aktivitas yang sudah dikenal. Mungkin ada perbedaan kecil dari kehidupan nyata, tetapi tidak ada yang membenarkan menyebut seluruh mimpi sebagai omong kosong belaka. Faktanya, banyak mimpi yang sangat tidak aneh, sehingga tidak mungkin untuk dibedakan dari laporan pengalaman hidup yang biasa.

Jelas bahwa imajinasi yang bermimpi mampu menghasilkan replika dunia nyata yang benar-benar realistis dan seperti kehidupan jika ia ingin melakukannya. Hal ini meningkatkan kemungkinan bahwa keanehan dalam mimpi tidak acak atau kebetulan, tetapi didorong oleh makna dan ekspresif secara kreatif. Ini adalah fitur, bukan bug.

Ketika sesuatu dalam mimpi menjadi aneh, mungkin memanfaatkan kebebasan tidur yang mendalam untuk melampaui apa yang bisa dibayangkan. Tanpa input sensorik atau output motorik yang perlu dikhawatirkan, tidak dibatasi oleh batas-batas realitas yang terjaga, pikiran bebas bermain di hamparan imajiner tak terbatas dari dunia mimpi. Kebebasan tanpa batas ini tampaknya merupakan asal mula psikologis dari kekuatan kreatif bermimpi.

Mungkin, alih-alih keanehan, kita harus berbicara tentang permainan mimpi sebagai cara untuk menghitung fitur-fitur aneh mereka dan mengenali nilai-nilai potensial mereka. Ketika kita melihat mimpi sebagai semacam permainan—permainan imajinatif pikiran dalam tidur—kita dapat menghargai bagaimana mimpi yang paling “aneh” dapat menghasilkan kreativitas yang luar biasa. Karunia-karunia ini termasuk gambar yang indah, emosi utama, harmoni mitologis, wawasan inovatif, bimbingan penyembuhan, metamorfosis radikal, dan wahyu eksistensial.

Inilah sebabnya mengapa mimpi selalu memainkan peran yang sangat berharga sebagai sumber inspirasi kreatif bagi seniman di seluruh dunia sepanjang sejarah. Ini memungkinkan kita untuk meregangkan pikiran kita, mengikuti keingintahuan kita yang terdalam ke mana pun mereka memimpin, dan mengeksplorasi kemungkinan di luar batas realitas yang terjaga.

Bisakah Anda Melakukan Apa Pun untuk Meningkatkan Kreativitas Impian Anda?

Ya, Anda bisa. Tetapi pertama-tama, sebuah peringatan: jika Anda pernah memiliki mimpi yang begitu terputus-putus dan terpisah-pisah sehingga menyebabkan Anda tertekan dalam kehidupan nyata, mohon pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental. Ada perbedaan antara main-main yang sehat dan tanda-tanda penyakit mental.

Cara paling sederhana untuk merangsang mimpi kreatif adalah memastikan Anda mendapatkan tidur yang teratur dan nyenyak. Jika memungkinkan untuk membiarkan diri Anda bangun perlahan di pagi hari, itu dapat memberikan gambaran mimpi dan perasaan dari malam kesempatan yang lebih baik untuk bertahan dalam perjalanan ke kesadaran terjaga Anda. Membuat jurnal mimpi juga dapat membantu dengan memberi Anda keakraban yang lebih besar dengan pola dasar konten mimpi Anda sendiri. Semakin banyak Anda tahu tentang mimpi biasa Anda, semakin mudah Anda dapat melihat mimpi luar biasa Anda, mimpi yang menyimpang dengan cara yang menarik dari garis dasar Anda.

Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk berbagi mimpi Anda dengan orang lain yang Anda percayai, seperti teman atau anggota keluarga, sebagai perpanjangan dari energi lucu dari mimpi itu sendiri. Anggap saja sebagai berbagi cerita lucu, yang kebetulan terjadi dalam mimpi. Bahkan para reduksionis ilmiah mengakui bahwa mimpi aneh bisa sangat menarik dan terkadang cukup menghibur, secara alami memunculkan keinginan untuk dibagikan dengan orang lain. Saya percaya ini bukan hanya kebetulan, tetapi sebenarnya perluasan vital dari potensi kreatif bermimpi dari pikiran individu ke dunia sosial. Ini adalah salah satu cara mimpi menginspirasi kreativitas di luar lingkup pribadi dan berkontribusi pada dinamika budaya komunitas.

Sepanjang sejarah, tradisi adat di Afrika, Asia, Oseania, dan Amerika telah mendorong berbagi mimpi komunal untuk alasan ini, untuk memungkinkan pemimpi individu untuk memiliki suara kreatif dalam kehidupan kolektif. Anda dapat menghidupkan kembali praktik kuno hari ini hanya dengan berbagi mimpi lucu yang tidak biasa dengan seseorang yang Anda kenal dan mungkin mengundang mereka untuk berbagi mimpi paling aneh mereka dengan Anda. Tidak ada analisis atau interpretasi yang diperlukan, hanya saling menghormati dan keterbukaan untuk terkejut.

***
Solo, Selasa, 12 Oktober 2021. 10:18 am
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
ilustr: Discover Magazine

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.