Login

Mengapa Memilih WordPress Untuk Membangun Website?

Salah satu pertanyaan yang sering kami dapatkan adalah: Mengapa saya harus menggunakan WordPress? Bukankah situs lama saya cukup bagus? Mengapa saya perlu beralih ke WordPress dari platform lain?

Jika Anda menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini, maka Anda berada di tempat yang tepat. Pada artikel ini, saya akan membagikan 6 alasan penting mengapa Anda harus menggunakan WordPress.

Saya juga akan membahas semua jenis situs web berbeda yang dapat Anda buat dengan WordPress serta menampilkan situs populer yang menggunakan WordPress.

Mengapa Anda harus menggunakan WordPress

Catatan: Sepanjang artikel ini, ketika kita mengatakan WordPress, kita berbicara tentang WordPress.org juga dikenal sebagai WordPress yang di-hosting sendiri. Tolong jangan bingung ini dengan WordPress.com yang merupakan layanan hosting. Untuk detailnya, lihat perbandingan WordPress.org vs WordPress.com.

Salah satu kesalahpahaman paling umum tentang WordPress adalah bahwa itu hanya platform blogging. Bukan hanya itu !.

Sementara WordPress dimulai sebagai alat blogging, itu telah berkembang selama bertahun-tahun menjadi pembuat situs web yang kuat dan sistem manajemen konten (CMS) yang kuat.

Bagian terbaik tentang WordPress adalah mudah digunakan dan cukup fleksibel untuk membuat berbagai jenis situs web. Itulah alasan utama mengapa WordPress semakin populer. Menurut survei baru-baru ini, WordPress mendukung 32,3% dari semua situs web di internet.

Karena fitur-fiturnya yang kuat, banyak merek teratas menggunakan WordPress untuk mendukung situs web mereka termasuk Time Magazine, Facebook, The New Yorker, Sony, Disney, Target, The New York Times, dan banyak lagi.

1. WordPress adalah open source

WordPress adalah perangkat lunak gratis. Ini berarti Anda bebas mengunduh, menginstal, menggunakan, dan memodifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menggunakannya untuk membuat situs web apa pun. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat artikel kami tentang mengapa WordPress gratis?.

Meskipun perangkat lunak WordPress itu sendiri gratis, Anda memerlukan nama domain dan hosting web untuk menginstalnya.

Nama domain adalah alamat situs web Anda di internet. Inilah yang diketik pengguna Anda di bilah alamat browser mereka untuk mengakses situs web Anda (misalnya, wpbeginner.com).

Hosting web adalah rumah situs web Anda tempat semua file situs web Anda disimpan.

Jika Anda mengalami masalah dengan WordPress, cukup ketik pertanyaan Anda di Google dan tambahkan wpbeginner di akhir pertanyaan Anda.

2. WordPress Mudah Dikustomisasi dengan Tema dan Plugin

Tema WordPress

Sebagian besar orang yang menggunakan WordPress bukanlah perancang web atau pemrogram. Faktanya, kebanyakan orang mulai menggunakan WordPress tanpa pengetahuan sebelumnya tentang mendesain situs web.

Untuk orang yang tidak paham teknologi, WordPress adalah solusi sempurna karena ada ribuan templat (tema) situs web gratis yang dapat Anda pilih. Ada tema WordPress yang sempurna untuk hampir semua jenis situs web (baik itu blog, situs bisnis, atau toko online).

Tema WordPress mudah untuk disesuaikan karena banyak dari mereka datang dengan panel opsi mereka sendiri yang memungkinkan Anda untuk mengubah warna, mengunggah logo, mengubah latar belakang, membuat bilah geser yang indah, dan benar-benar menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda tanpa menulis kode sama sekali.

Anda juga dapat menambahkan fungsionalitas khusus ke situs WordPress Anda dengan menggunakan plugin. Plugin WordPress seperti aplikasi untuk situs web Anda yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan fitur lanjutan seperti analitik, formulir kontak, area keanggotaan, dan banyak lagi.

Sama seperti tema, ada ribuan plugin gratis dan premium yang tersedia untuk Anda gunakan. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat artikel kami tentang apa itu plugin WordPress dan bagaimana cara kerjanya.

Plugin WordPress

Selain menambahkan fungsionalitas tambahan, beberapa plugin WordPress memungkinkan Anda mengubah situs web Anda menjadi platform yang benar-benar baru. Lihatlah pilihan ahli kami tentang plugin WordPress penting untuk setiap situs web.

3. WordPress Ramah SEO

WordPress ditulis menggunakan kode kepatuhan standar berkualitas tinggi dan menghasilkan markup semantik. Dalam istilah non-geek, ini membuat Google dan mesin pencari lainnya menyukai WordPress.

Inilah sebabnya mengapa situs WordPress cenderung berperingkat lebih tinggi daripada yang lain di mesin pencari.

Secara desain, WordPress sangat SEO friendly. Anda juga dapat menggunakan plugin WordPress SEO untuk lebih mengoptimalkan situs web Anda. Untuk petunjuk langkah demi langkah lengkap, lihat panduan SEO WordPress utama kami untuk mengoptimalkan situs web Anda dengan benar.

4. WordPress Mudah Dikelola

WordPress hadir dengan sistem manajemen pembaruan bawaan. Ini memungkinkan Anda untuk memperbarui plugin dan tema Anda dari dalam dasbor admin WordPress Anda.

WordPress juga memberi tahu Anda ketika ada versi baru WordPress yang tersedia, sehingga Anda dapat memperbarui situs Anda hanya dengan mengklik sebuah tombol.

Untuk melindungi data Anda dari kecelakaan atau peretasan, Anda dapat dengan mudah menggunakan plugin cadangan WordPress untuk secara otomatis membuat cadangan dan menyimpannya dengan aman di lokasi yang jauh. Anda juga dapat mengelola situs WordPress saat bepergian dengan aplikasi seluler WordPress.

5. WordPress Aman dan Terjamin

Keamanan WordPress

WordPress dikembangkan dengan mempertimbangkan keamanan, dan dianggap sebagai platform yang sangat aman untuk menjalankan situs web. Namun, seperti dunia nyata, internet bisa menjadi tempat yang tidak pasti.

Ada penyusup di luar sana yang ingin mendapatkan situs sebanyak mungkin. Untuk melindungi situs WordPress Anda, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih aman. Untuk detailnya, lihat panduan keamanan WordPress langkah demi langkah kami untuk pemula.

Kami menggunakan Sucuri di situs web kami untuk melindungi dari ancaman umum seperti serangan brute force dan malware.

6. WordPress Dapat Menangani Berbagai Jenis Media

Jenis media WordPress

WordPress tidak hanya sebatas menulis teks. Muncul dengan pengunggah media bawaan untuk menangani file gambar, audio, dan video.

WordPress mendukung situs web berkemampuan oEmbed yang berarti Anda dapat menyematkan video YouTube, foto Instagram, Tweet, dan audio Soundcloud hanya dengan menempelkan URL di editor posting WordPress.

Bagaimana?

Apakah anda ingin memulainya? Atau ingin belajar wordpress gratis?

Join di WA Group Belajar WordPress & SEO bersama Doni Bastian

Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published.