Login

Inilah Video Pertama Youtube Yang Diunggah 16 Tahun Lalu

video youtube

Video Youtube Pertama diunggah

Video YouTube pertama diunggah pada 23 April 2005 — tepatnya 16 tahun yang lalu.  Salah satu pendiri YouTube Jawed Karim, memposting video berdurasi 18 detik, berjudul “Me at The  Zoo.”

Sejak itu telah mengumpulkan lebih dari 173 juta tampilan dan sampai hari ini, itu adalah satu-satunya video di Channel Youtube ‘Jawed’. Setelah mengklik tombol putar, layar akan menampilkan wajah Karim muda, rambutnya yang acak-acakan mengambil bagian depan dan tengah layar.
“Baiklah,” Karim memulai. “Jadi di sinilah kita, di depan gajah.” Itu dia. Di depan gajah.
“Hal yang keren dari mereka adalah belalai yang sangat, sangat, sangat panjang,” lanjutnya.

Tidak seperti banyak video pembuat konten YouTube sekarang, video Karim tidak menyertakan apa yang dianggap sebagai tanda yang lebih tradisional seperti tombol “Subscribe” atau “Like, Comment”.

Dia mengakhiri video hanya dengan menyatakan: “Dan hanya itu yang bisa dikatakan.”
Setahun setelah “Me at the zoo,” Karim dan rekan-rekan pendiri menjual platform tersebut ke Google dengan harga $1,65 miliar. Sekarang, platform ini memiliki lebih dari 2 miliar pengguna yang masuk mengunjungi setiap bulan, menurut YouTube.

Siapa Jawed Karim?

Jawed Karim adalah pengusaha internet Jerman-Amerika, teknolog dan salah satu pendiri situs web berbagi video populer Amerika, YouTube, yang saat ini beroperasi sebagai anak perusahaan Google. Awalnya, Karim adalah karyawan PayPal dan ikut mendirikan YouTube bersama Chad Hurley dan Steve Chen.

Saat bekerja di PayPal, Karim merancang beberapa komponen inti, termasuk sistem penipuan anti-internet real-time. Setelah YouTube diperkenalkan, Karim menjadi penasihat informal situs.

YouTube kemudian diakuisisi oleh Google dan Karim menerima 137.443 lembar saham. Karir lainnya termasuk meluncurkan Youniversity Ventures, dana ventura bersama Kevin Hartz dan Keith Rabois dan berinvestasi di Airbnb, Inc.

Masa Kecil & Kehidupan Awal

Jawed lahir pada 28 Oktober 1979, di Merseburg, Jerman Timur (Jerman sekarang) dari pasangan Christine Karim dan Naimul Karim. Ayahnya adalah seorang peneliti dari Bangladesh sedangkan ibunya adalah seorang ilmuwan Jerman yang terkait dengan University of Minnesota sebagai profesor penelitian biokimia. Dia memiliki saudara perempuan, Ilias.

Selama awal 1980-an, ia pindah ke Jerman Barat bersama keluarganya setelah melintasi perbatasan Jerman bagian dalam dan dibesarkan di Neuss. Pada tahun 1992, keluarganya pindah ke Saint Paul, Minnesota, AS, di mana dia bersekolah di Saint Paul Central High School.

Dia mendaftar di University of Illinois di Urbana-Champaign, Illinois, di departemen ilmu komputer. Dia bergabung dengan PayPal dan meninggalkan kampus universitas sebelum menyelesaikan kelulusannya. Dia adalah salah satu karyawan awal PayPal. Namun, ia melanjutkan untuk menyelesaikan kursusnya dan memperoleh gelar sarjana dalam ilmu komputer pada tahun 2004. Setelah itu, ia bergabung dengan Universitas Stanford dan memperoleh gelar master dalam ilmu komputer.

Karier

Karim melakukan Magang pada tahun 1998 dengan produsen komputasi kinerja tinggi Amerika, Silicon Graphics Inc. yang memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Di sana ia harus mengerjakan manajemen data voxel 3D untuk kumpulan data besar untuk rendering volume.

Dia adalah salah satu karyawan awal PayPal, perusahaan Amerika yang mengoperasikan sistem pembayaran online di seluruh dunia. Di sana dia berhubungan dengan dua karyawan awal perusahaan lainnya, Steve Chen dan Chad Hurley. Pada tahun 2005, ketiganya membuat situs berbagi video, YouTube. Karim merancang dan mengimplementasikan beberapa komponen inti PayPal yang mencakup sistem anti-penipuan.

Menurut Karim, inspirasi mengembangkan YouTube datang ketika dia tidak bisa menemukan klip video dua peristiwa dengan mudah. Ini termasuk klip kontroversi pertunjukan paruh waktu Super Bowl XXXVIII yang melibatkan Janet Jackson dan gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia, keduanya terjadi pada tahun 2004. Hurley dan Chen menyebutkan bahwa konsep pembuatan YouTube awalnya terinspirasi dari situs pemeringkat, Hot or Not .

Pada 14 Februari 2005, nama domain YouTube diaktifkan, sementara situs tersebut secara bertahap dikembangkan dalam beberapa bulan ke depan. Ini dimulai sebagai perusahaan startup teknologi yang didanai modal ventura dengan investasi utama $ 11,5 juta dari perusahaan modal ventura Amerika, Sequoia Capital, dan $ 8 juta dari Artis Capital Management. Awalnya kantor pusat perusahaan terletak di San Mateo, California, di atas restoran pizza dan restoran Jepang.

Pada 23 April 2005, Karim membuat saluran YouTube-nya ‘jawed’ dan mengunggah video pertama di situs berbagi video. Video berjudul ‘Me At The Zoo’ direkam oleh teman sekolahnya Yakov Lapitsky dan menampilkan Karim di Kebun Binatang San Diego.

Setelah pembuatan dan pengembangan YouTube bersama Chen dan Hurley, Karim menjadi penasihat perusahaan. Sementara itu, ia melanjutkan studinya dan mendaftar di Universitas Stanford untuk menyelesaikan kelulusannya di bidang ilmu komputer.

video youtube

Biodata

Tempat Lahir : Merseburg, Jerman Timur
Tanggal Lahir : 28 Oktober 1979
Kebangsaan : Jerman
Universitas :  Stanford University,University Of Illinois
Gender : Laki-laki
Agama: Islam
Ayah : Naimul Karim (Bangladesh)
Ibu : Christine Karim (Jerman)
Zodiak : Scorpio
Karir : Pendiri  YouTube

Blograkyat

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.