Desain Standar Fasilitas Layanan Kesehatan – Artikel SehatQ

Eka Hospital Cibubur

Fasilitas Layanan Kesehatan (Faskes)

Perawatan pasien adalah yang paling penting ketika datang ke Faskes (fasilitas layanan kesehatan). Jika personel memiliki standar praktik tertentu untuk memberikan perawatan terbaik kepada pasien, perancang juga memiliki standar desain tertentu untuk memberikan fasilitas terbaik. Ketika mendekati desain perawatan kesehatan, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, dari jenis pasien yang dilayani, lokasi fasilitas, dan filosofi praktik secara keseluruhan.

Merancang untuk Harapan Pasien

Saat memasuki fasilitas perawatan kesehatan, aman untuk berasumsi bahwa sebagian besar pasien akan memiliki tingkat kecemasan tertentu. Interaksi pertama mereka dapat mengatur perilaku, jadi penting untuk mengatasi beberapa pertimbangan desain awal.

Meja Resepsionis yang Ramah

Meja check-in biasanya merupakan ruang pertama yang didatangi pasien, jadi penting untuk memastikan meja tersebut dirancang untuk menyambut, dengan privasi dari pasien lain yang menunggu.

Finishing Interior yang Menenangkan

Pilihan yang dibuat dalam warna, sentuhan akhir, dan perabotan dapat sangat membentuk kesan para pasien. Desain yang baik akan menyeimbangkan perasaan kebersihan dengan perasaan ramah dan nyaman.

Warna-warna yang menenangkan dan ceria adalah pilihan yang baik, begitu juga perabotan yang tahan noda dan mudah dibersihkan. Beberapa fasilitas bahkan menggabungkan instalasi seni seperti patung atau mural untuk membuat ruang interior mereka lebih menarik secara visual bagi pasien.

Petunjuk Arah Jalan

Fasilitas perawatan kesehatan dapat membingungkan ketika pasien pertama kali memasukinya, jadi penting untuk memiliki petunjukan arah jalan yang jelas untuk membantu mereka. Papan nama yang jelas dan menonjol, serta solusi berteknologi tinggi seperti aplikasi yang dapat membantu memandu mereka atau memperbaruinya pada waktu tunggu saat ini, dapat membantu mengurangi kecemasan pasien.

Pada saat siang hari dan udara segar telah terbukti membantu membantu penyembuhan dan kesejahteraan pasien secara keseluruhan. Beberapa fasilitas menyediakan jendela yang dapat dioperasikan, sementara yang lain mendesain taman penyembuhan yang memungkinkan pasien untuk berjalan-jalan di antara tanaman dan mendapatkan sedikit udara segar.

Menyediakan Tempat Ibadah.

Sebagian besar fasilitas rumah sakit yang lebih besar memiliki beberapa ruang yang didedikasikan untuk menjadi ruang di mana pasien atau anggota keluarga dapat pergi untuk memiliki ruang yang tenang untuk beribadah, berdoa atau mendapatkan kenyamanan spiritual.

Ketika seorang pasien memasuki fasilitas dan dapat segera merasa nyaman dengan desain yang baik, pencarian jalan yang jelas, dan staf yang ramah, itu membuat mereka merasa diperhatikan. Mereka akan mengirimkan pesan bahwa fasilitas tersebut memikirkan kebutuhan dan perasaan pasien, dan tentu mereka ingin memperoleh standar perawatan tertinggi.

Fokus pada kebahagiaan pasien

Kebutuhan Staf Paramedis Dalam Fasilitas Kesehatan

Standar perawatan pasien juga dipenuhi dengan memahami kebutuhan staf paramedis yang merawat mereka. Mirip dengan pasien, anggota staf juga perlu memiliki akses ke siang hari dan alam, dan mereka juga mendapat manfaat dari pilihan desain interior yang menenangkan. Ruang istirahat dan area tidur memastikan bahwa staf memenuhi kebutuhan mereka sendiri, apakah itu mengisi bahan bakar selama shift atau tidur siang untuk menjaga diri mereka tetap tajam.

Desain ruangan juga memiliki dampak besar pada efektivitas staf dalam merawat pasien mereka. Desain intuitif yang sama untuk setiap ruang membantu mengurangi kesalahan, dan kedekatan pasien dengan ruang perawat memungkinkan mereka untuk mengawasi tagihan mereka.

Bahkan jarak yang diperlukan untuk bepergian oleh staf dapat mempengaruhi berapa banyak pasien yang dapat mereka temui pada hari tertentu, memungkinkan mereka menjadi lebih efisien dan mengurangi waktu tunggu pasien. Ketika arsitek merancang personel dan mempertimbangkan kebutuhan mereka untuk melakukan pekerjaan mereka dengan standar tertinggi, mereka juga berkontribusi terhadap kualitas perawatan pasien secara keseluruhan.

Desain yang Mencerminkan Standar Perawatan Pasien

Standar perawatan pasien merupakan pertimbangan penting di seluruh proses desain, dan perlu upaya untuk memastikan bahwa hal itu ditangani dengan cara yang benar untuk setiap fasilitas unik. Sangat perlu untuk menciptakan alur yang jelas di seluruh departemen.

Dengan menggunakan template departemen yang ada, semua yang dibutuhkan dan untuk memastikan transisi yang mulus. Mural dinding yang menenangkan menggunakan banyak warna berkontribusi terhadap keseluruhan nuansa ruang. Langit-langit yang tinggi dan dinding tirai memungkinkan akses siang hari yang cukup, ke seluruh fasilitas.

Di Rumah Sakit  Eka Hospital Cibubur  mempelajari tata letak standar dengan seksama, dan bagaimana agar dapat membuat perubahan untuk meningkatkan efisiensi. Keputusan yang berpusat pada pasien seperti meningkatkan pengelompokan kamar pasien untuk mengurangi rasio area dengan tempat tidur dan memusatkan area pendukung untuk mengurangi jarak berjalan staf, sehingga memungkinkan untuk menciptakan fasilitas yang tidak hanya efisien dalam biaya operasionalnya, tetapi juga diterjemahkan ke dalam perawatan pasien yang lebih baik terutama kepuasan.

Merawat pasien bukanlah tugas yang sederhana, tetapi keputusan desain yang baik dapat membantu anggota staf kesehatan dalam melakukan pekerjaan mereka dengan standar tertinggi. Dari keputusan aktif seperti jarak antara anggota staf dan kamar pasien hingga keputusan pasif seperti perabotan dan warna dinding, arsitektur ruang memengaruhi pasien sejak mereka menginjakkan kaki di area fasilitas.

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.