NASA Mengungkapkan Gambar Pertama dari Teleskop Webb tentang Alam Semesta yang Tak Terlihat

mm

Fajar era baru dalam astronomi telah tiba saat dunia pertama kali melihat kemampuan penuh Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, kemitraan dengan ESA (Badan Antariksa Eropa) dan CSA (Badan Antariksa Kanada).

Kumpulan lengkap gambar penuh warna pertama dan data spektroskopi teleskop, yang mengungkap kumpulan fitur kosmik yang sulit dipahami hingga sekarang, dirilis Selasa, tersedia di: https://www.nasa.gov/webbfirstimages

“Hari ini, kami menghadirkan pandangan baru yang inovatif tentang kosmos kepada umat manusia dari Teleskop Luar Angkasa James Webb — sebuah pemandangan yang belum pernah dilihat dunia sebelumnya,” kata Administrator NASA Bill Nelson. “Gambar-gambar ini, termasuk pandangan inframerah terdalam dari alam semesta kita yang pernah diambil, menunjukkan kepada kita bagaimana Webb akan membantu mengungkap jawaban atas pertanyaan yang bahkan belum kita ketahui untuk ditanyakan; pertanyaan yang akan membantu kita lebih memahami alam semesta kita dan tempat manusia di dalamnya.

“Keberhasilan luar biasa tim Webb adalah cerminan dari apa yang terbaik dilakukan NASA. Kami mengambil mimpi dan mengubahnya menjadi kenyataan untuk kepentingan umat manusia. Saya tidak sabar untuk melihat penemuan yang kami temukan — tim baru saja memulai! ”

NASA mengeksplorasi yang tidak diketahui di luar angkasa untuk kepentingan semua, dan pengamatan pertama Webb menceritakan kisah alam semesta tersembunyi melalui setiap fase sejarah kosmik — dari planet tetangga di luar tata surya kita, yang dikenal sebagai exoplanet, hingga galaksi terjauh yang dapat diamati di alam semesta awal.

“Ini adalah momen tunggal dan bersejarah,” kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains NASA. “Butuh beberapa dekade dorongan dan ketekunan untuk membawa kita ke sini, dan saya sangat bangga dengan tim Webb. Gambar pertama ini menunjukkan kepada kita seberapa banyak yang dapat kita capai ketika kita bersatu di belakang tujuan bersama, untuk memecahkan misteri kosmik yang menghubungkan kita. semua. Ini adalah pandangan sekilas yang menakjubkan dari wawasan yang akan datang.”

“Kami sangat gembira merayakan hari yang luar biasa ini bersama dunia,” kata Greg Robinson, direktur program Webb di Markas Besar NASA. “Keragaman yang indah dan detail luar biasa dari gambar dan data teleskop Webb akan berdampak besar pada pemahaman kita tentang alam semesta dan menginspirasi kita untuk bermimpi besar.”

Baca juga :  Melatikukah Engkau

Pengamatan pertama Webb dipilih oleh sekelompok perwakilan dari NASA, ESA, CSA, dan Space Telescope Science Institute. Mereka mengungkapkan kemampuan keempat instrumen ilmiah mutakhir Webb:

  • SMACS 0723: Webb telah memberikan citra inframerah terdalam dan tertajam dari alam semesta yang jauh sejauh ini — dan hanya dalam 12,5 jam. Untuk seseorang yang berdiri di Bumi melihat ke atas, bidang pandang untuk gambar baru ini, komposit warna dari beberapa eksposur masing-masing sekitar dua jam, kira-kira seukuran sebutir pasir yang dipegang sejauh lengan. Medan dalam ini menggunakan kluster galaksi lensa untuk menemukan beberapa galaksi terjauh yang pernah terdeteksi. Gambar ini hanya menggores permukaan kemampuan Webb dalam mempelajari medan yang dalam dan menelusuri galaksi kembali ke awal waktu kosmik.
  • WASP-96b (spektrum): Pengamatan rinci Webb terhadap planet panas dan bengkak di luar tata surya kita ini mengungkapkan tanda air yang jelas, bersama dengan bukti kabut dan awan yang tidak dideteksi oleh penelitian sebelumnya tentang planet ini. Dengan deteksi air pertama Webb di atmosfer sebuah planet ekstrasurya, sekarang ia akan mempelajari ratusan sistem lain untuk memahami apa yang terbuat dari atmosfer planet lain.
  • Southern Ring Nebula: Nebula planet ini, awan gas yang mengembang yang mengelilingi bintang yang sekarat, berjarak sekitar 2.000 tahun cahaya. Di sini, mata inframerah Webb yang kuat menghadirkan bintang sekarat kedua ke tampilan penuh untuk pertama kalinya. Dari lahir hingga mati sebagai nebula planet, Webb dapat menjelajahi cangkang pengusiran debu dan gas dari bintang-bintang tua yang mungkin suatu hari nanti menjadi bintang atau planet baru.
  • Stephan’s Quintet: Pandangan Webb tentang kelompok galaksi kompak ini, yang terletak di konstelasi Pegasus, menembus selubung debu yang mengelilingi pusat satu galaksi, untuk mengungkapkan kecepatan dan komposisi gas di dekat lubang hitam supermasifnya. Sekarang, para ilmuwan dapat melihat secara langka, dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya, tentang bagaimana galaksi-galaksi yang berinteraksi memicu pembentukan bintang satu sama lain dan bagaimana gas di galaksi-galaksi ini terganggu.
  • Carina Nebula: Pandangan Webb pada ‘Tebing Kosmik’ di Nebula Carina mengungkap fase pembentukan bintang paling awal dan cepat yang sebelumnya tersembunyi. Melihat wilayah pembentuk bintang di konstelasi Carina selatan ini, serta yang lain seperti itu, Webb dapat melihat bintang yang baru terbentuk dan mempelajari gas dan debu yang membuatnya.
Baca juga :  Enigma Hutan

“Benar-benar mendebarkan!” kata John Mather, ilmuwan proyek senior Webb di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland. “Peralatannya bekerja dengan sempurna, dan alam penuh dengan keindahan yang mengejutkan. Selamat dan terima kasih kepada tim kami di seluruh dunia yang memungkinkannya.”

Pelepasan gambar dan spektrum pertama Webb memulai awal operasi sains Webb, di mana para astronom di seluruh dunia akan memiliki kesempatan untuk mengamati apa pun mulai dari objek di tata surya kita hingga alam semesta awal menggunakan empat instrumen Webb.

Teleskop Luar Angkasa James Webb diluncurkan pada 25 Desember 2021 dengan roket Ariane 5 dari Pelabuhan Antariksa Eropa di Guyana Prancis, Amerika Selatan. Setelah menyelesaikan urutan penyebaran yang kompleks di luar angkasa, Webb menjalani beberapa bulan commissioning di mana cerminnya disejajarkan, dan instrumennya dikalibrasi dengan lingkungan luar angkasanya dan disiapkan untuk sains.

Teleskop Luar Angkasa James Webb adalah observatorium ilmu luar angkasa utama di dunia. Webb akan memecahkan misteri di tata surya kita, melihat ke luar ke dunia yang jauh di sekitar bintang lain dan menyelidiki struktur misterius dan asal usul alam semesta kita dan tempat kita di dalamnya.

(Materials provided by NASA)

***
Solo, Sabtu, 16 Juli 2022. 4:58 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
image: Illustration of James Webb Space Telescope (stock image; elements provided by NASA).

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *