Masalah Mengetik: Cara Menghindari Nyeri Pergelangan Tangan

mm

Pekerjaan Meja Tidak Harus Membuat Anda Terluka

Jari-jari Anda melayang di atas keyboard, menembakkan email, memo, proposal, ringkasan, dan pembaruan. Keterampilan mengetik yang mengesankan itu membantu Anda dengan baik.

Tetapi apa yang terjadi ketika semua pengetikan itu menyebabkan pergelangan tangan sakit? Kita berbicara dengan ahli bedah ortopedi William Seitz, Jr., MD, tentang apa yang menyebabkan nyeri pergelangan tangan atau tangan — dan bagaimana mencegahnya.

Mengetik dan Sakit

“Menggunakan komputer tidak berbahaya dengan sendirinya,” kata Dr. Seitz. Tetapi jika Anda memiliki masalah mendasar dengan persendian atau keselarasan kerangka Anda, semua penekanan tombol yang berulang itu dapat mengarahkan timbangan ke arah rasa sakit.

Masalah mendasar yang umum termasuk cedera sebelumnya, osteoartritis dan perubahan halus pada lekukan tulang belakang atau penyelarasan anggota badan karena penuaan.

“Ketika Anda mengalami hal-hal seperti itu, menggunakan tangan Anda berulang kali dapat memperburuk gejala,” kata Dr. Seitz.

Nyeri Pergelangan Tangan: Penyebab dan Kerutan

Sumber nyeri pergelangan tangan tidak selalu jelas. Jaringan saraf yang saling berhubungan membentang dari ujung jari Anda ke leher Anda, kata Dr. Seitz. Sama seperti ketegaran di salah satu ujung selang taman yang dapat menyebabkan air berhenti di ujung yang lain, kekusutan di leher atau bahu Anda dapat menyebabkan masalah di pergelangan tangan atau tangan Anda.

Baca juga :  Rokok, Cerutu, dan Vaping — Apa yang Lebih Buruk?

Beberapa hal dapat menyebabkan rasa sakit di pergelangan tangan dan tangan. Beberapa tersangka yang lebih umum termasuk:

Sindrom terowongan karpal: Kondisi umum ini menyebabkan rasa sakit, mati rasa, kesemutan atau kelemahan pada tangan atau pergelangan tangan. Ini menyerang ketika tendon bengkak menekan saraf di pergelangan tangan.

Sindrom terowongan kubital: Juga dikenal sebagai jebakan saraf ulnaris, kondisi ini mirip dengan terowongan karpal. Ini juga menyebabkan mati rasa dan kesemutan di jari. Tetapi itu terjadi ketika saraf menjadi tertekan di siku daripada di pergelangan tangan.

Arthritis: Dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri dan kekakuan pada persendian. Kedua jenis radang sendi dapat membuat pergelangan tangan dan tangan sakit:

  • Osteoarthritis lebih umum, disebabkan oleh keausan dari waktu ke waktu.
  • Rheumatoid Arthritis adalah penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringannya sendiri.

Dasar-Dasar Pencegahan Nyeri Pergelangan Tangan

Bagaimana Anda bisa mencegah pergelangan tangan Anda mengamuk? Ergonomi yang baik adalah teman Anda, kata Dr. Seitz.

  • Periksa pengaturan Anda: Atur monitor, mouse, dan keyboard Anda untuk tinggi dan ukuran tubuh Anda.
  • Duduk tegak: Pastikan Anda duduk dengan nyaman di meja Anda dan tidak membungkuk atau mencondongkan tubuh ke depan.
  • Persenjatai diri Anda: Posisikan pergelangan tangan dan lengan bawah Anda sehingga hampir lurus (tidak miring ke atas atau ke bawah) saat Anda mengetik.
  • Pindahkan: Bangun untuk meregangkan dan bergerak secara teratur.
  • Naik dan turun: Jika memungkinkan, beralihlah antara duduk dan berdiri saat Anda bekerja.
  • Gunakan postur yang baik: Jangan hanya fokus pada lengan Anda. Latih postur tubuh yang baik dari ujung kepala hingga ujung kaki untuk mencegah rasa sakit di pergelangan tangan Anda (dan di tempat lain).
Baca juga :  Cara Terbaik Melindungi Diri Anda dari Gigitan Nyamuk

Bantuan untuk Nyeri Pergelangan Tangan

Jika Anda sesekali merasakan nyeri di pergelangan tangan setelah seharian mengetik, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kata Dr. Seitz – terutama jika nyeri tersebut hilang saat Anda meregangkan atau sembuh dalam beberapa hari.

Tetapi jika itu berlanjut (atau terus kembali di tempat yang sama), inilah saatnya menemui dokter untuk mencari tahu apa yang terjadi. Perawatan bervariasi, tetapi seringkali, pengobatan sederhana seperti kawat gigi atau bimbingan terapis tangan bersertifikat dapat membantu.

“Nyeri adalah mekanisme pertahanan. Ini memberi tahu Anda ada sesuatu yang salah, ”kata Dr. Seitz. “Jika itu menyakitkan dan tidak hilang, periksakan.”

***
Solo, Senin, 5 September 2022. 6:34 am
‘salam sehat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
image: Cleveland Clinic

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *