Cara Teraman Menyikat dan Menggunakan Fluorida untuk Bayi dan Anak

mm

Mulailah menggunakan fluoride dengan gigi pertama bayi

Apa penyakit kronis yang paling umum pada anak-anak? Kerusakan gigi.

Penyakit menular ini disebabkan oleh bakteri di mulut anak Anda. Saat bakteri memetabolisme karbohidrat, mereka menghasilkan asam yang seiring waktu, menghancurkan email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Namun menurut dokter anak Isabelita Guadiz, MD, kabar baiknya adalah Anda sebagai orang tua dapat membantu mencegah masalah ini sejak dini dan sepanjang usia anak-anak.

Kapan kerusakan gigi dimulai pada anak-anak?

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sejak tahap bayi untuk mulai melindungi anak Anda dari kerusakan gigi.

Kerusakan gigi tergantung pada apa yang masuk ke dalam mulut mereka dan berapa lama itu tinggal di sana. Itulah mengapa aturan praktis terbaik untuk bayi baru lahir dan bayi adalah — jangan menidurkan bayi Anda dengan sebotol susu atau jus. Bakteri dan gula dari keduanya dapat beristirahat terlalu lama di mulut bayi melalui waktu tidur siang atau semalaman yang meningkatkan peluang pembusukan.

Pada usia berapa Anda harus mulai menyikat gigi anak Anda?

Para peneliti di American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan menggunakan pasta gigi berfluoride sejak gigi pertama kali muncul adalah kunci untuk menghentikan pembentukan gigi berlubang. Fluoride adalah mineral yang terjadi secara alami di banyak makanan dan air dan membantu mencegah pembusukan dengan membuat gigi lebih tahan terhadap serangan asam pada email gigi.

Mereka menyarankan orang tua untuk menggunakan sikat berbulu ekstra lembut dengan sedikit pasta gigi berfluoride untuk bayi segera setelah dua gigi pertama muncul di bagian bawah.

Baca juga :  Seledri Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Anda

Dua kali sehari (terutama sebelum tidur) orang tua harus mengoleskan pasta gigi seukuran sebutir beras langsung ke gigi, dan sikat dengan lembut jika memungkinkan.

Cara menyikat dan menggunakan fluoride berdasarkan usia

Pada usia berapa pun, orang tua disarankan untuk membantu anak-anak mereka menyikat gigi selama dua menit, dua kali sehari. Ini adalah kebiasaan baik yang dapat menjadi tantangan bagi orang tua untuk membantu anak-anak mereka berkembang, tetapi sepadan dengan usaha di masa depan. Anak Anda juga harus menggunakan benang gigi setidaknya sekali sehari.

Berikut adalah rekap saran perawatan gigi ahli untuk anak-anak dari segala usia.

  • Bayi dan balita kembali mendapat manfaat ketika Anda menggunakan sedikit pasta gigi berfluorinasi seukuran sebutir beras saat gigi tumbuh.
  • Anak-anak usia 3 hingga 5 tahun harus menggunakan pasta gigi berfluorinasi seukuran kacang polong. Awasi mereka untuk mencegah mereka menelan pasta gigi. Guadiz tidak merekomendasikan memberi mereka air untuk berkumur kecuali Anda yakin mereka tahu cara membilasnya. Naluri alami mereka mungkin hanya minum air daripada memuntahkannya.
  • Usia anak Anda benar-benar dapat mengibaskannya lalu memuntahkannya juga saat Anda ingin mulai membilasnya dengan air.
  • Umumnya untuk semua anak di bawah usia 6 tahun, para ahli tidak merekomendasikan obat kumur berfluoride yang dijual bebas. Jika anak Anda menelan bilasan, mereka bisa menelan tingkat fluorida yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan. Jika anak Anda masih tidak dapat membilas dan meludah dengan benar bahkan pada usia 6 tahun, yang terbaik adalah menunggu sampai mereka sedikit lebih besar – usia tujuh atau delapan tahun.
  • Untuk semua bayi dan anak-anak, pernis fluoride (lebih dikenal sebagai pengobatan fluoride) juga membantu setidaknya sekali setiap enam bulan, terutama anak-anak yang berisiko lebih tinggi mengalami kerusakan gigi karena posisi gigi mereka. Ketika fluoride topikal terkonsentrasi ini disikat pada gigi, itu akan menyebabkan kontak dengan air liur. Tanyakan kepada dokter anak Anda, penyedia perawatan primer atau dokter gigi anak untuk layanan ini.
Baca juga :  5 Vitamin yang Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda

Mengapa fluoride penting untuk gigi anak-anak

Mengikuti rekomendasi ini sangat penting karena kerusakan gigi anak usia dini adalah satu-satunya faktor risiko terbesar untuk gigi berlubang pada gigi permanen anak Anda.

Para peneliti menemukan bahwa sebanyak 59 persen anak berusia 12 hingga 19 tahun memiliki setidaknya satu rongga yang terdokumentasi. Tetapi pasta gigi berfluoride mengurangi kerusakan gigi pada anak-anak sebesar 15 hingga 30%, menurut Centers for Disease Control.

Ada beberapa risiko penggunaan fluoride, seperti fluorosis yang dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Sebagian besar kasus di A.S. ringan dan melibatkan garis-garis putih dan area buram pada gigi. Tetapi risiko untuk mengembangkan fluorosis sebagian besar melewati usia 8 tahun.

“Bantu anak-anak Anda merawat gigi mereka sejak dini, dan seiring bertambahnya usia, cobalah untuk menekankan pentingnya menyikat gigi setelah makan,” kata Dr. Guadiz. “Kebiasaan baik ini akan tetap bersama mereka sepanjang hidup mereka – dan pastikan untuk mengunjungi dokter anak dan dokter gigi mereka setiap tahun.”

***
Solo, Senin, 19 September 2022. 8:13 am
‘salam sehat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
image: Orami

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *