5 Jenis Hubungan Romantis yang Berbeda

mm

… dan salah satu yang menghadapi tantangan terbesar.

Poin-Poin Penting

  • Hubungan romantis datang dalam berbagai bentuk, jadi penting untuk mengetahui jenis hubungan mana yang kita sukai dan mana yang tampak paling sehat bagi kita.
  • Dinamika hubungan seperti kehangatan, dukungan, interaksi negatif, dan kepuasan berkumpul bersama untuk membentuk lima jenis hubungan.
  • Jenis hubungan berhubungan dengan kesejahteraan dan kepuasan hidup.
  • Mengetahui apa yang Anda butuhkan dan inginkan adalah pertimbangan yang paling penting, dan itu mungkin berarti meninggalkan hubungan yang tidak cocok untuk Anda.

Ketika Anda melihat kembali sejarah hubungan Anda, Anda mungkin memiliki apa yang terasa seperti berbagai pengalaman yang berbeda. Beberapa roman pendek. Beberapa membosankan. Beberapa ditentukan oleh ketertarikan yang kuat dan konflik besar. Beberapa hangat dan stabil. Semua pengalaman ini mengajari kita tentang diri kita sendiri dan membantu kita tumbuh, tetapi akan berguna untuk mengetahui jenis hubungan mana yang kita sukai dan mana yang tampak paling sehat bagi kita.

Dalam sebuah penelitian yang kami lakukan dengan Jonathon Beckmeyer, kami mulai mengeksplorasi berbagai jenis hubungan dan bagaimana hubungannya dengan kesejahteraan orang dewasa muda.

Catatan tentang ilmu

Dalam ilmu hubungan, kami sering memberi peserta serangkaian pilihan dan menanyakan mana yang paling sesuai dengan status hubungan mereka saat ini—lajang, berkencan santai, hubungan berkomitmen, bertunangan, menikah. Label-label ini berguna dalam beberapa penelitian yang kami lakukan, tetapi mereka tidak memberi tahu kami banyak tentang hubungan itu sendiri.

Dr. Beckmeyer dan peneliti lain mengukur dinamika hubungan seperti kehangatan, dukungan, interaksi negatif, dan kepuasan hubungan untuk lebih memahami apa yang terjadi di antara pasangan. Kami juga mengukur bagian dari struktur hubungan, seperti komitmen, lamanya hubungan, dan seberapa banyak pasangan telah menggabungkan kehidupan mereka (misalnya, hidup bersama, memiliki hewan peliharaan bersama).

Faktor-faktor ini berkumpul bersama untuk menunjukkan kepada kita lima jenis hubungan. Mana yang paling mirip dengan hubungan yang Anda jalani—atau yang Anda inginkan?

Baca juga :  9 Alasan Pernikahan yang Menyedihkan Bertahan

1. Bahagia dan mandiri

Pasangan ini hangat, mendukung, dan memiliki tingkat interaksi negatif yang rendah. Mereka pikir ada kemungkinan besar mereka akan menikah, tetapi mereka tidak menggabungkan hidup mereka terlalu banyak. Tak satu pun dari mereka tinggal bersama pasangannya, dan dibandingkan dengan beberapa jenis hubungan lainnya, mereka tidak menghabiskan banyak waktu luang bersama. Kelompok ini juga sedikit lebih muda dari peserta lain dan sedikit lebih mungkin untuk menjadi mahasiswa.

2. Bahagia dan konsolidasi

Ini adalah jenis hubungan yang paling umum, dan orang-orang dalam kelompok ini sangat menyukai pasangan yang bahagia dan mandiri. Satu perbedaan besar adalah seberapa banyak mereka menggabungkan hidup mereka. Kelompok yang bahagia dan terkonsolidasi jauh lebih mungkin untuk tinggal bersama pasangan mereka dan menghabiskan banyak waktu luang bersama. Mereka juga lebih tua dan telah bersama sedikit lebih lama.

3. Eksplorasi

Individu yang termasuk dalam kelompok ini sering berada di awal hubungan baru. Mereka belum lama bersama, dan interaksi mereka sedikit kurang positif dibandingkan dengan kelompok yang bahagia dan mandiri atau bahagia dan terkonsolidasi. Kita mungkin membayangkan orang-orang ini masih mencoba memutuskan apakah akan berkomitmen pada pasangan mereka. Mereka mengalami beberapa rasa sakit yang tumbuh untuk mencari tahu satu sama lain dan mempelajari apa yang mereka inginkan dari hubungan itu.

4. Terjebak

Pasangan yang terjebak tidak memiliki interaksi positif yang sama seperti tipe pasangan bahagia dan tidak puas dengan hubungan mereka. Meskipun mereka telah bersama paling lama dan telah menyatukan hidup mereka bersama, mereka umumnya tidak berharap untuk menikahi pasangan mereka, dan lebih dari setengahnya telah putus dan kembali bersama. Pasangan ini tampaknya bergerak bersama dalam hubungan yang tidak begitu bahagia dengan rencana masa depan yang tidak jelas tetapi juga strategi keluar yang tidak jelas. Dr. Beckmeyer sangat tertarik dengan hal ini sehingga melakukan penelitian terpisah berdasarkan wawancara dengan orang-orang yang “terjebak”.

Baca juga :  Temuan dari Society for Music Perception and Cognition

5. Intensitas tinggi

Hubungan berintensitas tinggi adalah perpaduan yang menarik dari banyak kehangatan dan dukungan dengan dosis interaksi negatif yang besar dan kuat. Pasangan ini cukup puas dalam hubungan mereka dan telah bersama untuk waktu yang lama. Namun, mereka juga memiliki tingkat siklus hubungan tertinggi — putus dan kembali bersama. Kami menyimpulkan bahwa pasangan ini hanya sedikit lebih mudah berubah, yang mungkin bekerja dengan baik untuk beberapa orang dan tidak untuk orang lain.

Kunci yang Bisa Diambil

Selama suatu hubungan sehat dan bebas dari pelecehan, ada berbagai macam bentuk dan gaya hubungan yang cocok untuk orang yang berbeda. Beberapa dari kita suka menggabungkan hidup kita dengan pasangan kita, dan yang lain lebih suka kemandirian. Beberapa dari kita menoleransi konflik dan interaksi negatif dengan baik, dan yang lainnya tidak. Apa yang tampaknya tidak bekerja dengan baik bagi banyak orang dalam penelitian kami adalah hubungan yang macet—mereka menunjukkan gejala depresi yang lebih tinggi dan kepuasan hidup yang lebih rendah daripada orang-orang dalam jenis hubungan lain.

Mereka yang memiliki hubungan intensitas tinggi lebih mungkin melaporkan gejala depresi dan memiliki kepuasan hidup yang lebih tinggi daripada beberapa kelompok lain. Pasangan yang mandiri dan terkonsolidasi dengan bahagia tampaknya memberikan hasil terbaik dalam hasil yang kami ukur. Mengetahui apa yang Anda butuhkan dan inginkan mungkin merupakan pertimbangan yang paling penting, dan terkadang itu mungkin berarti meninggalkan hubungan yang macet atau intensitas yang terlalu tinggi untuk Anda.

***
Solo, Senin, 24 Oktober 2022. 3:44 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
image: Romantic Relationship

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *