Seberapa Cepat Kanker Payudara Menyebar?

mm

Tingkat pertumbuhan tergantung pada jenis kanker, stadium dan kelas, serta faktor individu.

Sebagian besar kanker memiliki kemampuan untuk menyebar, tetapi apakah mereka melakukannya (dan seberapa cepat mereka menyebar) tergantung pada beberapa faktor. Untuk kanker payudara, cara No. 1 bagi dokter Anda untuk menentukan seberapa cepat kanker Anda kemungkinan menyebar (jika memang ada) mengarah pada jenis kanker payudara apa yang sebenarnya Anda miliki.

“Berbagai jenis kanker payudara tumbuh pada tingkat yang berbeda,” jelas ahli onkologi Erin Roesch, MD. “Sulit untuk memberikan perkiraan keseluruhan seberapa cepat kanker payudara akan menyebar karena setiap diagnosis kanker berbeda.”

Berikut adalah faktor-faktor apa yang dapat berkontribusi pada penyebaran kanker payudara, ditambah pandangan untuk memperlambat dan mencegah pertumbuhan kanker.

Berapa lama kanker payudara berkembang?

Pada saat seseorang merasakan benjolan di payudaranya atau menerima diagnosis kanker payudara, biasanya benjolan tersebut sudah tumbuh selama bertahun-tahun.

“Setiap jenis kanker payudara bervariasi berdasarkan faktor dan subtipe individu,” kata Dr. Roesch. “Aturan umumnya adalah kami benar-benar tidak bisa memastikan kapan kanker Anda muncul. Kita dapat melihat subtipe kanker payudara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik jika itu berminggu-minggu vs berbulan-bulan misalnya, tetapi tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti kapan itu dimulai.”

Karena sulit untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan kanker payudara untuk berkembang, juga sulit untuk mengetahui tingkat pertumbuhan rata-rata kanker payudara. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menentukan lamanya waktu tumor akan berlipat ganda, tetapi angka tersebut sangat bervariasi tergantung pada jenis kanker payudara dan karakteristik individu Anda sendiri.

Berbagai jenis kanker payudara cenderung berperilaku berbeda, dan karena setiap kanker berbeda – dan setiap orang juga – sulit untuk mengatakan dengan tepat seberapa cepat kanker payudara dapat tumbuh dan menyebar. Namun, para ahli memahami bahwa beberapa jenis kanker payudara cenderung lebih agresif dan bergerak cepat, sementara jenis lain biasanya bergerak lebih lambat.

Apa yang mempengaruhi laju pertumbuhan kanker payudara?

Secara umum, semakin banyak tumor Anda tumbuh, semakin tinggi kemungkinannya menyebar ke jaringan terdekat dan area lain di tubuh Anda. Kecepatan pertumbuhan kanker payudara Anda dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Baca juga :  Melatikukah Engkau

Subtipe kanker payudara

Sel kanker memiliki reseptor, atau protein khusus, yang memengaruhi cara mereka tumbuh dan bertahan hidup. Kanker payudara reseptor hormon positif, yang mengandalkan hormon estrogen untuk tumbuh, cenderung bergerak lebih lambat. Tapi jenis lain bisa lebih agresif dan cepat tumbuh. Itu termasuk tumor HER2-positif, yang bergantung pada jenis protein yang berbeda untuk pertumbuhan, dan kanker payudara triple-negatif, yang tidak memiliki reseptor hormon dan HER2.

Tahapan kanker payudara

Kanker payudara biasanya diberikan stadium dari 0 sampai IV.

Pada Tahap 0, kanker tidak invasif dan tetap berada di dalam saluran susu atau lobulus di payudara Anda. Kanker payudara invasif berarti sel kanker telah menembus dan tumbuh menjadi jaringan payudara dan berpotensi menyebar ke tempat lain. Ketika kanker mulai menyebar ke jaringan payudara terdekat, Anda telah mencapai Stadium I.

Stadium IV berarti kanker telah menjadi metastasis dan telah menyebar ke organ lain. Kanker yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda lebih mungkin untuk terus menyebar. Semakin tinggi stadium kanker payudara yang Anda miliki, semakin besar potensi risiko penyebaran kanker.

Tingkat kanker payudara

Ketika Anda didiagnosis menderita kanker payudara, dokter Anda akan memberi peringkat kanker Anda dari 1 hingga 3 berdasarkan seberapa mirip sel kanker Anda dibandingkan dengan sel normal. Tingkat yang lebih tinggi berarti tumor yang lebih agresif dan kemungkinan lebih tinggi bahwa kanker akan tumbuh dan menyebar ke area lain dari tubuh Anda.

Usia Anda

Orang yang lebih muda cenderung memiliki jenis kanker payudara yang lebih agresif dibandingkan dengan orang yang lebih tua. Orang yang lebih tua lebih mungkin mengembangkan jenis kanker payudara yang didorong oleh hormon, yang cenderung bergerak lebih lambat, tetapi tidak selalu. Tumor payudara ini lebih sering terjadi pada wanita dan orang yang ditetapkan sebagai wanita saat lahir (AFAB) sebelum menopause, kemungkinan karena jumlah estrogen yang diproduksi tubuh mereka.

Baca juga :  Perawatan Jerawat Terbaik untuk Remaja

Mutasi genetik

Jika kanker payudara bersifat herediter, risiko Anda terkena kanker payudara meningkat. Beberapa wanita dan orang AFAB dengan mutasi genetik ini memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara pada usia yang lebih muda, yang kita ketahui cenderung menyebabkan bentuk kanker payudara yang lebih agresif.

Tim kanker Anda akan menentukan seberapa besar kemungkinan atau cepat kanker payudara Anda menyebar berdasarkan subtipe, stadium, dan faktor individu kanker payudara Anda. Meskipun para ahli kanker payudara dapat berhipotesis dan memperkirakan kecepatan pertumbuhan kanker, setiap kanker payudara berbeda dan khas pada orang tersebut.

Dapatkah Anda melakukan sesuatu untuk mencegah atau memperlambat penyebaran kanker payudara?

Seperti semua jenis kanker, ada faktor-faktor yang dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi. Untuk kanker payudara, ini termasuk hal-hal seperti merokok, diet tidak sehat, kurang olahraga dan tidak melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan. Penting juga untuk memastikan Anda mendapatkan mammogram tahunan untuk skrining kanker payudara.

Faktor risiko lain dapat mencakup penggunaan resep berbasis hormon, berapa banyak anak yang Anda miliki di masa lalu, bertambahnya usia dan pada usia berapa Anda mendapatkan menstruasi dan mengalami menopause.

“Dalam beberapa kasus, Anda tidak dapat serta merta mencegah kanker payudara, tetapi terkadang Anda dapat memperlambatnya, menghentikan penyebarannya, atau mengurangi ukuran tumor,” catat Dr. Roesch. “Anda dapat melakukan ini dengan meminum obat Anda sesuai petunjuk, menindaklanjuti dengan perawatan, pergi ke janji Anda dan terlibat dalam perawatan kanker Anda.”

Anda mengendalikan minum obat Anda dengan benar, makan makanan yang sehat, berpartisipasi dalam program olahraga dan mengelola stres. Semua hal ini dapat berkontribusi pada tubuh fisik yang lebih kuat dan sikap mental yang lebih baik — keduanya dapat berdampak positif pada diagnosis kanker payudara Anda.

(Materials provided by Cleveland Clinic)

***
Solo, Minggu, 30 Oktober 2022. 9:09 pm
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
image: Cleveland Clinic

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *