Apakah 100% Jus Buah Baik untuk Anda?

mm

Jus mengandung vitamin dan nutrisi, tetapi kadar gula yang tinggi membutuhkan moderasi.

Minum jus buah 100% tentu terdengar seperti pilihan yang sempurna untuk kesehatan Anda, tetapi itu belum tentu merupakan penilaian yang 100% akurat.

Tentu, ada hal positif dari minum jus buah – dimulai dengan daftar vitamin dan nutrisi yang mengesankan yang mengisi setiap gelas. Tetapi jus buah 100% juga mengandung gula yang cukup untuk membuat perbandingan yang tidak menarik dengan soda.

Agak mengejutkan, bukan? Nah, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pro dan kontra jus, mari kita peras beberapa informasi dari ahli diet terdaftar Beth Czerwony, RD.

Apa itu jus buah 100%?

Jika yang Anda minum adalah 100% jus buah, pada dasarnya itu adalah cairan yang telah diperas, atau diekstraksi dari buah. Melirik label nutrisi pada botol-botol ini dan Anda akan melihat nama buah yang sudah dikenal.

Minuman dengan persentase jus buah yang lebih rendah – 10%, misalnya – memiliki label yang berbeda. Anda akan menemukannya di rak dengan nama seperti koktail buah, minuman, punch, atau nektar yang terdengar eksotis.

Periksa daftar bahan pada botol-botol ini dan Anda mungkin akan melihat pemanis tambahan seperti sirup jagung fruktosa tinggi.

Manfaat jus buah 100%

Jus buah mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang menjadikan buah sebagai bagian dari diet sehat yang direkomendasikan. Departemen Pertanian AS merekomendasikan makan sekitar 2 cangkir buah per hari.

Apa itu “cangkir” buah? Senang Anda bertanya. Jika buah dalam bentuk alami, itu kira-kira sama dengan jeruk besar atau pisang, apel kecil atau delapan stroberi.

Baca juga :  Berjalan Dapat Mengurangi Nyeri Lutut untuk Orang yang Menderita Arthritis

Saat dijus, secangkir buah adalah … yah, secangkir jus 8 ons.

Apakah minum jus buah sama dengan makan buah utuh?

Jawaban singkatnya adalah tidak. Beberapa manfaat buah yang luar biasa hilang selama proses pembuatan jus. Kerugian terbesar adalah kandungan serat, manfaat buah utuh yang bagus untuk sistem pencernaan Anda.

Buah utuh juga memberi Anda lebih banyak perasaan kenyang daripada jus yang diberikan “daging buah” yang Anda konsumsi. Itu berarti Anda akan cenderung tidak lapar 30 menit kemudian dan mulai mencari makanan ringan.

“Anda mendapatkan lebih dari sekadar jus saat makan buah utuh,” catat Czerwony. “Itu bukan hal yang sama.”

Gula dalam jus buah 100%

Banyak jenis buah yang dikemas dengan gula alami — salah satu alasan buah sering dijuluki “permen alam.” Saat Anda membuat jus buah, Anda memusatkan gula itu ke dalam satu minuman yang sangat mudah diminum.

Pikirkan seperti ini, kata Czerwony: Mungkin dibutuhkan jus lima atau enam jeruk untuk mengisi cangkir. Itu banyak cairan manis, yang dapat menyebabkan lonjakan langsung kadar gula darah.

Mari kita masukkan beberapa angka ke dalamnya. Segelas jus jeruk mengandung sekitar 23 gram gula – yang tidak jauh dari batas harian gula yang direkomendasikan oleh American Heart Association. (AHA merekomendasikan tidak lebih dari 36 gram gula untuk pria dan 25 gram untuk wanita.)

Baca juga :  Seledri Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Anda

“Jadi, satu cangkir jus jeruk pada dasarnya memiliki semua gula yang seharusnya Anda konsumsi dalam sehari,” kata Czerwony. “Dan berapa banyak dari kita yang hanya minum segelas jus 8 ons? Biasanya lebih.”

100% jus buah vs. soda

Kandungan gula tinggi dalam jus hampir cocok dengan apa yang ditemukan dalam soda manis, yang tidak diketahui secara pasti menyehatkan. (Vitamin dalam jus membuat minuman lebih baik untuk Anda daripada soda, tentu saja.)

“Tetapi jika Anda melihatnya dari perspektif gula, keduanya pada dasarnya satu dan sama,” catat Czerwony.

Haruskah Anda minum jus 100%?

Apakah gula dalam jus sedikit mengkhawatirkan? Anda bertaruh. Tetapi ada juga kenyataan bahwa banyak orang tidak mengisi makanan mereka dengan banyak buah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa hanya sekitar 12% orang dewasa di Amerika Serikat yang mengonsumsi jumlah buah yang disarankan per hari. Konsumsi jus termasuk dalam hitungan.

Jadi, dalam banyak hal, mengkonsumsi terlalu sedikit buah merupakan masalah yang lebih besar daripada orang yang terlalu banyak minum jus buah 100%.

“Jus adalah cara mudah untuk menambahkan porsi buah ke dalam diet Anda, dan tidak ada salahnya menikmati segelas,” kata Czerwony. “Kuncinya adalah moderasi. Pastikan Anda tidak berlebihan.”

(Materials provided by Cleveland Clinic)

***
Solo, Senin, 7 November 2022. 7:25 am
‘salam sehat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
image: Cleveland Clinic

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *