Perawatan Jerawat Terbaik untuk Remaja

mm

Banyak OTC yang dapat membantu mengobati jerawat remaja, dan melakukan rutinitas perawatan kulit bisa sangat membantu

Jerawat merata selama masa remaja, berkat perubahan hormonal yang meningkatkan produksi minyak kulit selama masa pubertas. Ketika minyak itu bercampur dengan sel-sel kulit mati, itu menyumbat pori-pori dan menjebak bakteri di dalamnya. Kemudian, pof! Di sinilah jerawat.

Sementara beberapa remaja hanya mengalami noda ringan, yang lain memiliki jerawat yang sangat parah sehingga meninggalkan bekas luka fisik – dan terkadang bahkan emosional.

“Untuk meminimalkan kerusakan, atasi jerawat remaja Anda sedini mungkin,” saran Vickie Baker, MD, seorang dokter kedokteran keluarga yang berspesialisasi dalam dermatologi.

Jerawat remaja: Tempat untuk memulai

Jerawat bisa dimulai sejak usia 9 atau 10 tahun dan bertahan hingga dewasa. Ini sering dimulai sebagai pori-pori tersumbat (disebut komedo) di dahi atau di bawah hidung yang meradang dan muncul sebagai benjolan kecil.

“Setiap remaja bereaksi berbeda terhadap jerawat mereka. Sementara beberapa orang tidak akan menyadarinya, yang lain akan merasa sadar diri,” kata Dr. Baker. “Bagaimanapun, penting bagi orang tua untuk menganggapnya serius dan mencoba menemukan perawatan yang membantu membersihkan kulit, mencegah jaringan parut, dan menghindari tekanan emosional.”

Di mana untuk memulai tergantung pada jenis jerawat yang dimiliki anak remaja Anda. Jika mereka berurusan dengan banyak jerawat dalam yang terlihat seperti kista dan menyebabkan rasa sakit, mulailah dengan dokter. Tetapi jika anak remaja Anda menghadapi jenis noda lain, termasuk komedo hitam dan putih, pilihan yang dijual bebas bisa sangat membantu dalam pengobatan.

Perawatan jerawat yang dijual bebas

Salah satu cara terbaik untuk memulai adalah membiasakan anak remaja Anda mengikuti rutinitas perawatan kulit.

“Banyak remaja tidak mengerti bahwa Anda harus diatur tentang hal itu, seperti halnya menyikat gigi setiap malam,” jelas Dr. Baker. “Anda harus mencuci muka di pagi dan malam hari karena ketika Anda mencucinya, Anda mengobatinya dengan obat yang akan membantu jerawat Anda.”

Rutinitas itu harus mencakup:

  • Pembersihan dua kali sehari.
  • Eksfoliasi beberapa kali seminggu.
  • Menerapkan pelembab setelah dicuci.
  • Mengoleskan spot treatment pada jerawat sesuai kebutuhan.
  • Memakai tabir surya di siang hari.

Untuk memberikan perawatan ini kesempatan terbaik untuk bekerja, Dr. Baker mengatakan anak remaja Anda perlu menggunakannya secara teratur selama sekitar tiga bulan.

Cuci muka

Anak remaja Anda harus mencuci muka dua kali sehari – sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur – dan tidak, tisu pembersih riasan tidak dihitung.

Mengalami kesulitan memahami bahan perawatan kulit dan apa yang mereka lakukan? Dr. Baker merekomendasikan untuk menemukan pembersih wajah yang lembut yang mengandung obat penangkal jerawat dan diberi label “non-komedogenik” (artinya tidak akan menyebabkan komedo dan komedo putih).

“Cari benzoil peroksida, yang membunuh bakteri dan menghilangkan minyak berlebih dari pori-pori, atau asam salisilat, yang baik untuk mengelupas pori-pori yang tersumbat,” saran Dr. Baker. Berapa banyak dari masing-masing tergantung pada jenis kulit anak Anda.

  • Jika anak remaja Anda memiliki kulit berminyak, carilah pencuci muka dengan formula benzoil peroksida 5% hingga 10%.
  • Jika anak remaja Anda memiliki kulit sensitif, carilah asam salisilat dan persentase benzoil peroksida yang lebih rendah.
Baca juga :  Pedagang Kaki Lima Puas Terhadap Jokowi

Gel dan krim

Saat jerawat baru mulai muncul, beralihlah ke perawatan spot yang dirancang untuk menghilangkan jerawat dalam semalam. Itu tidak berarti mereka akan hilang di pagi hari, tetapi itu memberi kulit Anda awal yang besar. Berikut beberapa bahan yang harus dicari:

  • Benzoil peroksida adalah antiseptik, yang berarti ia menangani bakteri – elemen kunci dalam memerangi jerawat.
  • Asam salisilat, juga dikenal sebagai asam beta hidroksi, membantu menghilangkan kulit mati. Tidak mengiritasi seperti bahan perawatan kulit lainnya, jadi bagus untuk kulit sensitif.
  • Retinoid, yang terbuat dari vitamin A, membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. “Salah satu pilihan retinoid terbaik untuk remaja yang rentan jerawat adalah adapalene, yang sebelumnya hanya obat resep yang tersedia tanpa resep pada tahun 2016,” kata Dr. Baker. Oleskan seukuran kacang polong ke seluruh wajah setelah dibersihkan (daripada menggunakannya sebagai perawatan spot).

Bagaimana dokter kulit mengobati jerawat?

Jika anak remaja Anda mulai mengikuti rutinitas perawatan kulit secara teratur tetapi nodanya masih belum teratasi setelah tiga bulan, inilah saatnya untuk membuat janji.

“Banyak dokter anak merasa nyaman mengobati jerawat, jadi itu mungkin tempat terbaik untuk memulai,” kata Dr. Baker. “Mereka dapat merujuk anak remaja Anda ke dokter kulit, jika perlu.”

Perawatan apa yang mereka rekomendasikan akan tergantung pada kebutuhan individu anak remaja Anda – dan terkadang ini adalah masalah coba-coba.

Resep topikal

Untuk jerawat berisi nanah yang menyakitkan dan meradang, dokter remaja Anda kemungkinan akan mempertimbangkan antibiotik topikal. “Obat-obatan ini dioleskan langsung ke kulit untuk mengontrol bakteri dan peradangan,” kata Dr. Baker.

Dokter remaja Anda mungkin meresepkan:

  • Clindamycin, antibiotik topikal yang mengurangi bakteri penyebab jerawat.
  • Benzoil peroksida untuk mengontrol bakteri dan peradangan.
  • Retinoid seperti adapalene (Differin®) atau tretinoin (Retin-A®) untuk membuka pori-pori.

Meskipun produk yang mengandung benzoil peroksida dan adapalen tersedia tanpa resep, mereka juga memiliki kekuatan resep yang hanya tersedia dari dokter. Antibiotik topikal dan tretinoin, sementara itu, hanya tersedia dengan resep dokter.

Dan antibiotik topikal harus selalu digunakan dengan benzoil peroksida. Mereka bekerja seperti tim tag untuk kesehatan kulit: Keduanya membunuh bakteri, tetapi cara kerjanya berbeda, jadi menggunakannya bersama-sama mengurangi kemungkinan bakteri menjadi kebal antibiotik.

Obat resep

“Dalam kasus yang paling parah, dokter kulit remaja Anda mungkin mempertimbangkan obat resep yang lebih agresif,” kata Dr. Baker. Kemungkinan termasuk:

  • Pil KB: Pada remaja yang ditetapkan sebagai female at birth (AFAB), kadar androgen (hormon pria) yang tinggi dapat menyebabkan jerawat, rambut wajah, dan masalah lainnya. Dosis rendah estrogen dan progesteron dapat membantu.
  • Antibiotik oral: Seperti antibiotik topikal, antibiotik dalam bentuk pil dapat membunuh bakteri dan meminimalkan pembengkakan. Ada risiko yang terkait dengan penggunaan antibiotik, terutama dalam jangka panjang.
  • Isotretinoin: Sebelumnya dikenal sebagai Accutane®, isotretinoin adalah retinoid oral yang dapat mengecilkan ukuran kelenjar minyak. Tapi itu juga terkait dengan risiko kesehatan, jadi biasanya hanya diresepkan jika tidak ada yang berhasil.
Baca juga :  Sentuh Aku

Tip mengatasi jerawat remaja

Mencari kebiasaan baik dan perubahan gaya hidup yang akan membantu anak remaja Anda mencapai (dan mempertahankan) kulit yang lebih bersih? Dr. Baker membagikan beberapa wawasan yang dapat membantu.

1. Tetapkan rutinitas perawatan kulit

Jika anak remaja Anda belum memiliki rejimen perawatan kulit yang teratur, inilah saatnya untuk membantu mereka memulainya — dan untuk menjelaskan mengapa hal itu sangat penting.

“Seringkali, remaja tidak rutin mencuci muka di pagi, malam hari, dan setelah berolahraga,” catat Dr. Baker. “Terkadang, melakukan rutinitas yang baik akan membantu menghilangkan banyak jerawat mereka.”

2. Jangan memilih di area masalah

Lepas tangan! Memencet jerawat dapat memperburuk keadaan dengan memperpanjang masalah, menyebabkan infeksi dan jaringan parut. Tetapi perawatan spot dan tambalan jerawat dapat membantu mengurangi jerawat yang siap memuncak.

3. Mandi setelah beraktivitas

Kebiasaan kebersihan yang baik dapat mencegah kesengsaraan kulit, jadi dorong anak remaja Anda untuk mandi setelah latihan berkeringat, permainan, dan latihan lainnya. Keringat dapat memicu produksi minyak dan menyumbat pori-pori, yang menyebabkan wajah berjerawat dan bacne (back + acne = bacne).

4. Jaga kebersihan

Bakteri mengintai di mana-mana — termasuk pada barang-barang yang menyentuh wajah anak remaja Anda, seperti ponsel, helm olahraga, kacamata hitam, kuas makeup, dan sarung bantal. Bersihkan barang-barang ini secara teratur untuk meminimalkan bakteri dan menjaga kulit tetap aman.

5. Bantu remaja mengelola stres

Pernah bertanya-tanya mengapa jerawat pasti muncul sebelum acara penting? Kami punya satu kata untuk Anda: stres.

“Stres dan kecemasan memicu produksi kortisol tubuh Anda, hormon yang juga dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak sebum, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat,” jelas Dr. Baker.

Ajari anak remaja Anda cara yang sehat untuk mengatasinya (seperti melalui meditasi) dan dukung mereka dalam mengelola kesehatan mental mereka. Manfaat keterampilan manajemen stres yang baik jauh melampaui kulit yang lebih bersih — tetapi ini jelas merupakan bonus yang bagus!

(Materials provided by Cleveland Clinic)

***
Solo, Jumat, 11 November 2022. 4:44 pm
‘salam sehat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
image: Cleveland Clinic

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *