Uptis – Teknologi Inovasi Ban Motor dan Mobil Tanpa Udara

Michelin dan General Motors mempresentasikan generasi baru teknologi ban tanpa udara untuk kendaraan penumpang —  Prototype Uptis – Unique Punctureproof Tire System”  yaitu  Sistem Ban Anti Tusuk yang unik”

Michelin dan GM juga mengumumkan perjanjian penelitian bersama di mana perusahaan bermaksud untuk memvalidasi Prototipe Uptis tersebut dengan tujuan memperkenalkan Uptis pada model penumpang pada awal 2024 nanti.

Michelin dan GM sedang menguji Prototipe Uptis, dimulai dengan kendaraan seperti Chevrolet Bolt EV. Akhir tahun ini, perusahaan akan memulai pengujian Uptis di dunia nyata pada armada uji kendaraan Bolt EV di Michigan.

Karena Uptis tidak memiliki udara, maka keunggulannya adalah akan terhindar dari resiko dan bahaya akibat ban kempes dan ledakannya

Pengemudi kendaraan merasa lebih aman di jalan.

Operator armada kendaraan penumpang dapat meminimalkan waktu henti dan meningkatkan efisiensi akibat ban kempes dan tingkat perawatan yang mendekati nol.

Masyarakat pada umumnya mendapat manfaat dari penghematan lingkungan yang luar biasa melalui pengurangan penggunaan bahan baku untuk ban pengganti atau produksi ban serep.

Prototipe Uptis ini merupakan kemajuan besar menuju pencapaian konsep VISION Michelin, yang dipresentasikan pada Movin’On Summit pada tahun 2017 sebagai ilustrasi strategi Michelin untuk penelitian dan pengembangan dalam mobilitas berkelanjutan.

Konsep VISION memperkenalkan empat pilar utama inovasi :

  1.  Airless – Tanpa Udara
  2. Connected – Terhubung
  3. 3D-printed – Cetak 3 dimensi
  4. 100% sustainable – berkelanjutan

Uptis menunjukkan bahwa visi Michelin untuk masa depan adalah mobilitas yang berkelanjutan dan jelas merupakan mimpi yang dapat dicapai.

“Melalui kerja sama dengan mitra strategis seperti GM, yang memiliki ambisi yang sama dengan kami untuk mengubah mobilitas, kami dapat meraih masa depan hari ini. “, ujar Florent Menegaux, CEO Michelin Group

“General Motors sangat senang dengan kemungkinan yang dihadirkan Uptis, dan kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Michelin dalam teknologi terobosan ini. Uptis sangat cocok untuk mendorong industri otomotif ke masa depan dan contoh yang bagus tentang bagaimana pelanggan kami mendapat manfaat ketika kami berkolaborasi dan berinovasi dengan mitra pemasok kami.” kata Steve Kiefer, wakil presiden senior, pembelian global dan rantai pasokan, General Motors

Prototipe Uptis direkayasa ulang untuk kendaraan penumpang saat ini, dan juga cocok untuk bentuk mobilitas yang sedang berkembang. Kendaraan dan armada masa depan — baik otonom, serba listrik, layanan bersama, atau aplikasi lain — akan menuntut perawatan hampir nol dari ban untuk memaksimalkan kemampuan pengoperasiannya.

Prototipe Uptis menunjukkan kapasitas Michelin untuk inovasi — baik dalam penguasaan material berteknologi tinggi ini, dan juga pendekatan pengembangan dalam kolaborasi erat dengan GM, yang memvalidasi konsep Visi kami sebagai peta jalan untuk inovasi. Uptis mewakili kemajuan menuju visi Michelin untuk mobilitas masa depan, dan juga mewujudkan komitmen kami untuk mobilitas yang lebih baik dan berkelanjutan untuk semua.” kata Eric Vinesse, wakil presiden eksekutif, penelitian dan pengembangan, Grup Michelin (yang mengungkapkan Uptis di Movin’On Summit)

Uptis menampilkan peningkatan terobosan dalam arsitektur dan material komposit, yang memungkinkan Uptis menahan bobot mobil pada kecepatan jalan raya.

Inovasi-inovasi ini digabungkan untuk menghilangkan udara bertekanan untuk menopang beban kendaraan, dan menghasilkan penghematan lingkungan yang luar biasa: sekitar 200 juta ban di seluruh dunia keropos sebelum waktunya setiap tahun sebagai akibat dari tusukan, kerusakan akibat bahaya di jalan, atau tekanan udara yang tidak tepat yang menyebabkan keausan yang tidak merata.

Kemajuan melalui Prototipe Uptis ini menunjukkan komitmen bersama Michelin dan GM untuk memberikan solusi mobilitas yang lebih aman dan berkelanjutan.

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.