Panduan Memilih Oli Mesin untuk Sepeda Motor

Untuk menjaga agar sepeda motor kesayangan kita tetap berjalan dengan kemampuan terbaiknya, perawatan dan perawatan yang tepat sangat penting, lebih dari sekadar mencuci, membersihkan, dan memoles sepeda. Kendaraan roda dua kita membutuhkan ban, rantai, baterai yang dipompa dengan benar, dan yang terpenting, sumur -mesin berpelumas. Berikut panduan kami untuk membantu Anda memilih oli yang tepat untuk sepeda motor Anda dan beberapa tips tentang cara mengganti oli sendiri.

Mengapa sepeda motor membutuhkan oli mesin?

Oli mesin berfungsi sebagai pendukung terbaik untuk pengoperasian mesin yang lancar dan efisien. Tanpa itu, bagian logam tidak akan bisa bergerak bebas, menyebabkan banyak gesekan, yang pada gilirannya akan menghasilkan banyak panas dan menyebabkan kerusakan. Lalu ada bintik-bintik yang akan mengering dan retak terbuka sehingga memungkinkan masuknya segala macam benda asing kecil, dan akhirnya seluruh pembakaran akan berhenti. Berarti motor anda akan mati. Apa yang tidak kita inginkan bukan?

Untuk menjaga panas secara maksimal, kita membutuhkan oli untuk melumasi bagian dalam mesin untuk mengurangi gesekan untuk gerakan yang sehalus dan sebersih mungkin, memaksimalkan tenaga mekanik mesin. Oli mesin membawa panas dari bagian yang dilumasi dan juga membersihkan bagian dalam mesin dalam prosesnya.

Kita perlu memperdalam dan mengganti oli sepeda motor secara berkala, untuk menghindari kelangkaan oli.

Mengapa penting untuk mengganti oli mesin sepeda motor secara teratur?

Ini pada dasarnya mengapa kita harus mandi setiap hari. Dengan semua konstruksi yang sangat direkayasa dengan toleransi yang dekat, putaran tinggi mesin modern menciptakan banyak gesekan di mesin yang menyebabkan potongan-potongan kecil logam dalam jangka panjang. Kemudian ada benda asing seperti debu dan kotoran yang dapat meresap melalui mesin cuci, terutama jika Anda mengendarai sepeda motor di medan yang kasar dan berlumpur.

Zat-zat kecil namun penting ini pada akhirnya akan mengendap di dalam silinder dan di kepala dan akan mengurangi kinerja mesin. Selain itu, aditif yang diformulasikan dengan baik untuk membersihkan formasi karbon yang menumpuk pada bagian-bagian mesin. Penggantian oli secara teratur akan membantu meminimalkan penumpukan endapan karena semua penumpukan itu akan datang bersama oli lama saat kami mengalirkan oli dari mesin, menjaga bagian dalam tetap bersih dan siap digunakan untuk batch oli baru.

Apa saja jenis-jenis oli mesin untuk sepeda motor?

Ada kalanya kami begitu ketakutan dan kewalahan dengan merek dan jenis oli motor yang tersedia di rak-rak toko. Masing-masing oli ini memiliki tujuan dan penggunaan yang sesuai dan bervariasi dengan kadar yang menentukan tingkat viskositas dan suhu yang dapat ditahan oli tanpa kehilangan posisinya. Pada dasarnya, mereka diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: minyak dasar mineral, minyak semi-sintetik dan minyak sintetis.

Minyak dasar mineral

Sesuai dengan namanya, minyak dasar mineral adalah bentuk yang tersedia secara alami dari produsen minyak mentah yang digunakan sebagai pelumas standar. Ini memberikan perlindungan yang sangat baik untuk mesin baru selama beberapa ratus kilometer pertama, terutama untuk sepeda motor dengan mesin perpindahan kecil di bawah 125cc. Struktur minyak ini tidak seragam, itu akan mencegah molekul dari mengikat bersama dalam kondisi ekstrim.

Faktor-faktor ini membuat oli ini kurang efektif dan perlu diganti lebih sering, lebih sering daripada oli Sintetis. Meskipun mereka adalah yang paling terjangkau, mereka cenderung memiliki masa pakai oli yang lama dan tekanan besar apa pun pada mesin atau harus menjalankan sepeda motor dalam kondisi ekstrem pada akhirnya akan menyebabkan suku cadang lebih cepat aus.

Oli semi-sintetik

Menawarkan keseimbangan yang baik antara oli mineral alami dan struktur kimia kompleks Oli Sintetis, Oli Semi-Sintetis adalah pelumas yang lebih serbaguna yang dapat menjaga berbagai macam mesin sepeda motor berjalan dengan lancar. Rata-rata, oli ini mengandung 30% bahan kimia untuk membantu menjaga sepeda motor Anda tetap berjalan efisien dan bersih bahkan untuk waktu yang singkat.

Selama bertahun-tahun, oli semi-sintetik telah meningkat seiring dengan kemajuan teknologi. Bagi pengendara sepeda motor dianggap lebih umum, pada umumnya untuk melengkapi dengan oli mineral, seseorang harus mengganti oli semi-sintetik yang dapat menempuh beberapa ribu kilometer. Sepeda motor dengan perpindahan mesin 125cc – 180cc biasanya akan datang dengan oli semi sintetik.

Minyak sintetis

Seseorang harus mempertimbangkan untuk menggunakan oli Sintetis untuk sepeda motor mereka karena indeks viskositasnya yang rendah. Tidak seperti oli mineral, oli sintetis sepenuhnya dikembangkan di laboratorium dan hanya oli mineral yang digunakan sebagai aditif. Oli ini bekerja paling baik bahkan saat mesin dikenai beban yang lebih besar karena oli ini sangat melumasi dan tahan terhadap suhu yang sangat tinggi.

Oli sintetis juga akan bertahan lebih lama dan memberikan perlindungan mesin yang lebih baik bahkan jika Anda adalah seseorang yang menghabiskan bahan bakar penuh setiap hari atau tinggal di tempat dengan kondisi suhu ekstrim. Mesin berperforma tinggi dan motor trail akan dilengkapi dengan oli sintetis pabrik. Namun, ini cukup mahal untuk ditambahkan tetapi tentu saja merupakan harga kecil yang harus dibayar untuk menjaga mesin sepeda motor Anda tahan lama, dan lebih efisien.

 

Beberapa fitur yang perlu diketahui

Setelah Anda membiasakan diri dengan tiga oli mesin dasar, Anda sekarang perlu tahu cara membaca cetakan halus pada kaleng oli dan membedakan tingkatannya.

Klasifikasi oli mesin

Anda mungkin pernah melihat kaleng oli yang dicetak dengan huruf dan angka – oli motor 10W30, oli motor 10W40, dll. Terlepas dari kesalahpahaman umum bahwa angka-angka ini adalah pembacaan suhu, itu bukan suhu sebenarnya.

Pertama-tama, huruf W singkatan dari musim dingin, dan angka sebelumnya adalah indeks viskositas saat mesin dingin. Semakin rendah angka ini, semakin baik saat pemanasan atau selama musim dingin. Angka setelah W adalah indikasi relatif seberapa baik minyak dapat menahan sifat-sifatnya. Semakin tinggi angka ini, semakin baik minyak berada pada suhu tinggi. Angka viskositas ini adalah perkiraan dan tidak memiliki nilai sebenarnya.

Viskositas
Viskositas pada dasarnya adalah indikator yang menunjukkan keadaan padat, cair dan tidak konsisten dari suatu semi-cair. Oli dengan viskositas lebih rendah mengalir lebih cepat dan lebih bebas serta cocok untuk pelumasan mesin baru atau mesin berkinerja tinggi. Oli mineral umumnya memiliki viskositas yang lebih tinggi daripada oli sintetik. Memilih oli dengan kekentalan yang salah dapat menyebabkan logam aus pada logam di dalam mesin dan akan mengakibatkan hilangnya performa.

Aditif
Produsen pelumas sekarang secara teratur memasukkan aditif ke dalam oli mereka untuk memasarkannya sebagai cara yang bagus untuk menghilangkan kotoran dan menetralkan keasaman. Mereka bekerja sama dengan oli untuk membantu mendinginkan dan melumasi mesin dengan lebih baik dan membersihkan endapan karbon pada komponen mesin. Kemudian menjadi agen pembersih alami yang membantu orang menghindari memisahkan bagian-bagian mesin untuk membersihkannya di dalam.

Standar minyak
Setiap negara tempat Anda tinggal akan memiliki standar kepatuhan yang harus dipatuhi oleh produsen minyak. Mereka akan memiliki (SAE), American Petroleum Institute (API), dan Japan Motor Oil Standards Enforcement Council (JASO) yang menetapkan standar untuk oli motor, memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan pabrikan peralatan (OEM). Standar ini akan memberi tahu pengguna tentang kualitas ketat yang dipertahankan untuk kinerja oli sepeda Anda dan membantu Anda tetap percaya padanya.

Pilih pelumas sesuai kebutuhan perjalanan

Jika Anda adalah seseorang yang menggunakan kendaraan roda dua Anda untuk perjalanan normal sehari-hari dan memiliki sepeda motor digital atau skuter komuter, maka oli mineral akan melayani Anda dengan baik. Ini akan lebih murah dan akan mengurus perjalanan Anda melalui perjalanan normal. Beberapa orang juga suka mengupgrade ke oli semi-sintetik setelah beberapa ribu kilometer. Tetapi jika Anda adalah seseorang yang suka melihat dunia berlalu dengan cepat atau berkendara di medan dan kondisi eksposur, Anda harus memilih oli mesin sintetis dengan viskositas terendah, kinerja tertinggi, dan peningkatan efisiensi. .

Rekomendasi Oli dari pabrikan sepeda motor.

Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia adalah Oli X-TEN. Mengapa demikian?

1. Tahan Lama

Sebab oli X-TEN tahan lama. Oli untuk motor tahan sampai 5.000 KM, sedangkan oli untuk mobil bisa tahan sampai dengan 15.000 KM.

X-TEN mengandung bahan yang disebut ester, yang tidak dipunyai oli lain. Bahan ini menyebabkan X-TEN tahan lama, Walaupun masa pakai X-TEN lebih panjang dari oli biasa, penguapan X-TEN cukup rendah.

Oli mobil biasa mempunyai masa pakai antara 5.000 sd 10.000 KM. Sementara oli motor biasa mempunyai masa pakai antara 2.000 sd 2.500 KM

2. Tarikan Enteng dan Tahan Lama

Oli motor sudah terpakai hampir 5.000 KM, tapi tarikan tetap Enteng.  Untuk oli mobil sudah terpakai hampir 15.000 KM, tarikannya juga tetap enteng. Buktikan sendiri keunggulannya !

Banyak pengendara yang mengganti oli untuk kembali mendapatkan tarikan mesin yang enteng. Berbeda dengan oli lain, pengguna X-TEN akan merasakan tarikan mesin yang enteng, berlangsung terus sampai akhir masa pakainya. X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas. Sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperature mesin tinggi.

3. Membuat Mesin anda tahan lama

Lapisan Ester X-TEN memproteksi mesin dari gesekan dari sisa pembakaran  sehingga msin tetap adem dan bersih, tetap bertenaga dan juga hemat bahan bakar.

Berdasarkan hasil riset, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10% !. Hal ini disebabkan karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBMnya.

4. DIRECT-TO-CONSUMER

X-Ten adalah Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia. Desain pemasaran oli X-TEN langsung menjangkau anda dari dekat karena distribusi X-TEN eksklusif hanya ada di Planet Ban dan Mobeng. Dengan konsep Direct-To-Customer, X-TEN memaksimalkan biaya produksi dengan mengurangi biaya distribusi sehingga bisa langsung sampai ke tangan Anda melalui Planet Ban dan Mobeng terdekat.

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.