Login

Cara Membersihkan Mobil Pickup

mobil pickup

Cara Membersihkan Mobil Pickup

Mobil/Truk pickup dapat digunakan untuk menderek, mengangkut berbagai jenis kargo, berkemah, dan untuk off-road. Banyak dari kegiatan ini mengekspos mereka ke lebih banyak kotoran daripada mobil biasa. Membersihkan mobil  angkutan seperti mobil box, pick up/bak, bisa jadi cukup menantang, tetapi dengan alat yang tepat, Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa membawanya ke tempat cuci mobil.

Membersihkan Bagian Luar

1.Bilas truk dengan air, dari atas ke bawah.

Jangan lupa juga untuk membilas sumur ban. Pastikan untuk menggunakan sikat sumur fender. Ini akan membuat tugas lebih mudah dan efektif dalam menjangkau sudut-sudut sempit yang tidak dapat dijangkau oleh tangan atau sikat biasa. Meninggalkan bagian ini kotor dan berlumpur, dapat menumpuk karat dari waktu ke waktu, yang dapat merusak bagian logam kendaraan Anda.

2.Sampo bagian luar truk.

Manfaatkan sampo mobil yang ringan dan aman untuk semua jenis cat. Bukan ide yang baik untuk menggunakan cairan pencuci piring sebagai pengganti. Cairan pencuci piring cenderung memotong lemak dan kotoran, jadi setelah Anda mengaplikasikannya pada cat yang dilindungi, lilin atau sealant yang ada di cat Anda akan hilang. Untuk perawatan cuci mobil secara rutin, sebaiknya gunakan sampo mobil non-abrasif.
Meskipun demikian, dalam beberapa kasus, menggunakan sabun cuci piring bisa menjadi hal yang baik, jika Anda akan mengecat atau memoles cat setelah mencuci kendaraan.

3. Cuci ban dan roda.

Mulai dari velg dan ban sebelum menuju ke cat finish. Logikanya di sini adalah untuk menghindari kotoran kembali ke cat dan menjaga kebersihan di seluruh proses. Gunakan pembersih all-wheel, untuk menghemat waktu dan tenaga dalam menghilangkan kotoran dan debu yang membandel dari rem. Ini juga akan melunakkan kotoran dan kotoran. Pastikan untuk menggunakan sikat roda berbulu lembut, terutama untuk pelapis roda yang halus dan mahal. Sikat perlahan kotoran dan bilas setelah proses.

4. Cuci truk dari atas ke bawah.

Pastikan untuk menggunakan sarung tangan serat mikro dalam prosesnya. Bilas sarung tangan setiap kali Anda membersihkan panel baru. Gerakkan sarung tangan lurus ke depan untuk menghindari goresan pada lapisan cat. Mulai dari atap kendaraan, turun ke pilar dan berhenti di kaca depan. Bilas sarung tangan dan terus turun ke kap mesin dan bagasi. Pastikan untuk membilas kembali sebelum membersihkan bagian bawah kendaraan.

5.Bilas seluruh truk dengan air.

Pastikan untuk menyesuaikan tekanan selang taman Anda ke rendah untuk menghasilkan aliran air yang stabil. Ini disebut metode terpal. Ini dapat membantu Anda mengeringkan seluruh kendaraan lebih cepat. Untuk melakukan prosesnya, mulai dari atap turun ke kap mesin atau ke bagasi yang sejalan dengan jendela dan pintu.

6.Keringkan bagian luarnya.

Pengeringan adalah proses yang paling memakan waktu dalam membersihkan truk. Namun, ada beberapa cara untuk membuat tugas lebih cepat, dengan bantuan beberapa alat. Anda dapat mengeringkan seluruh mobil dengan menggunakan peniup daun atau udara bertekanan. Setelah pengeringan udara, Anda dapat menggunakan handuk microfiber untuk menyeka kelebihan air.

7. Terapkan perlindungan eksterior.

Menerapkan lilin atau sealant pada cat truk untuk mempertahankan kilau dan mempertahankan lapisan cat, akan menjadi langkah terakhir dari proses tersebut. Anda dapat memilih lilin murni atau sealant atau kombinasi keduanya. Pastikan untuk menggunakan lilin atau sealant non-abrasif. Untuk membuat aplikasi lebih cepat, gunakan penggosok orbital dalam menerapkan perlindungan pilihan. Sebarkan sisa lilin atau sealant menggunakan handuk microfiber yang lembut. Dan jangan lupa untuk menerapkan sebagian pada roda dan sebagian ban hitam untuk ban Anda untuk hasil akhir yang tampak ramping.

Namun demikian, jika anda tidak memiliki kendaraan angkutan sendiri, dapat menghubungi jasa sewa mobil box terdekat.

Demikianlah semoga bermanfaat

Doni Bastian

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.