Oh Ternyata Ini Pengertian Dan Keunggulan Bata Ringan Untuk Pembangunan!

Apa itu Bata Ringan Atau Hebel?

elitehebel.co.id
elitehebel.co.id

Bata ringan merupakan pengganti bata merah yang lebih praktis dan ekonomis, Dua jenis bata ringan yang sering digunakan pada dinding bangunan adalah Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dan Cellular Lightweight Concrete (CLC).

Kedua jenis bata ringan ini merupakan bahan penyusun dinding yang sudah banyak digunakan di masyarakat. Bata ringan AAC dan CLC adalah salah satu teknologi untuk menciptakan suatu bangunan dengan berat struktur yang lebih ringan, bata ringan ini terbuat dari bahan dasar semen dan pasir, yang berbeda adalah cara komposisi nya., Berikut pengertian dari kedua jenis bata ringan tersebut :

  1. Bata Ringan AAC?

Bata ringan Autoclaved Aerated Concrete (AAC) adalah beton selular dimana pada proses pembuatannya terjadi gelembung udara yang ada disebabkan oleh reaksi kimia, yaitu ketika bubuk aluminium atau aluminium pasta yang mengembang seperti pada prosess pembuatan roti saat penambahan ragi untuk mengembangkan adonannya, lalu dalam proses pengeringan Bata Ringan AAC mengalami pengeringan dalam mesin oven autoklaf sebagai proses pengeringan sekaligus pematangan. 

  1. Bata Ringan CLC?

Bata bata ringan Cellular Lightweight Concrete (CLC) adalah beton selular yang mengalami proses curing secara alami, CLC adalah beton konvensional yang mana agregat kasar (kerikil) digantikan oleh udara, dalam prosesnya menggunakan busa organik yang sangat stabil dan tidak ada reaksi kimia ketika proses pencampuran adonan, foam/busa berfungsi sebagai media untuk membungkus udara, lalu dalam proses pengeringan bata ringan CLC proses pengeringan yg dilakukan secara alami atau disebut juga sebagai Non – Autoclaved Aerated Concrete (NAAC) tidak memakai mesin dalam pematangannya.

elitehebel.co.id
elitehebel.co.id

 Dari penjelasan terhadap kedua jenis bata ringan tersebut dapat kita simpulkan yaitu Perbedaan antara bata ringan AAC dengan bata ringan CLC hanya pada segi proses pengeringannya saja, bata ringan AAC proses pengeringannya menggunakan mesin autoclaved bertekanan tinggi, sedangkan bata ringan jenis CLC pengeringannya masih dilakukan secara alami biasanya dengan cara dijemur memanfaatkan terik panas matahari

Namun, Seringkali konsumen mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan untuk memilih bata ringan mana yang lebih baik dalam kegunaannya, Jika kita membandingkan antara kedua jenis bata ringan tersebut, tentunya bata ringan Autoclaved Aerated Concrete (AAC) memiliki banyak kelebihan dan keuntungan yang tidak dimiliki oleh bata ringan Cellular Lightweight Concrete (CLC), bata ringan AAC pastinya memiliki ketersediaan stock dalam jumlah besar yang lebih terjamin karena tidak tergantung pada cuaca dalam proses pengeringannya, Selain itu dalam proses pembuatan campuran adonannya, bata ringan pada AAC mempunyai daya tahan yang lebih kuat tekanan, kedap suara dan sudut siku yang lebih presisi untuk memudahkan pembuatan suatu bangunan, jika dibandingkan dengan bata ringan CLC.

Keunggulan Bata Ringan :

Selain itu fungsi dari bata ringan ini sangatlah dibutuhkan seiring dengan kemajuan zaman yang menuntut segala hal harus dilakukan dengan cepat namun juga memberikan kepuasan dan kelebihan yang akan didapat. dan Berikut keunggulan penggunaan bata ringan :

  1. Menghemat Biaya, Lebih Irit

Karena bata ringan tidak perlu menggunakan pasir, hanya perlu membutuhkan semen mortar untuk perekat bata ringan tersebut. akan lebih irit dan hemat untuk menyusun atau membuat suatu pembangunan.

  1. Lebih Aman atau Safety

Karena bata ringan memiliki bobot yang lebih ringan jika terjadi gempa tidaklah akan sekeras dengan bata merah, jadi dapat dipastikan bata ringan lebih aman dibandingkan dengan bata merah jika terjadi kerusakan rubuh atau gempa dan lain sebagainya karena dari bobotnya yang lebih ringan

  1. Daya tahan yang kuat

Walaupun memiliki bobot yang lebih ringan namun bata ringan juga terbuat dari bahan dasar beton dan campuran bahan lainnya menjadikan bata ringan lebih kuat namun tetap ramah lingkungan

  1. Mudah menggunakannya

Bata ringan sangat mudah digunakan jadi tidak perlu banyak orang dalam pengerjaannya, oleh karena itu selain mudah dalam menggunakannya juga memotong biaya dalam pengeluaran terhadap jasa tukang.

  1. Pemasangan menjadi lebih cepat

Karena bata ringan lebih presisi baik ukuran maupun bentuknya, maka pemasangannya juga lebih mudah  dengan hanya menggunakan mortar pastinya pengerjaannya lebih cepat.

  1. Sulit untuk terbakar

Bata ringan aac termasuk campuran beton yang tahan terhadap suhu tinggi, sehingga menjadi tahan api, Bangunan yang dihasilkan menjadi lebih sulit untuk terbakar jika terjadi bencana kebakaran. Otomatis, area yang terbakar akan terbatas dan tidak meluas ke seluruh rumah atau bangunan.

  1. Kedap suara dan tahan air

bata ringan memiliki  rongga-rongga udara di dalam material bata ringan membuat jenis beton pracetak ini lebih kedap suara. Bata yang dibuat di pabrik ini juga diklaim lebih kedap air, sehingga rumah akan lebih tahan terhadap cuaca hujan yang lembab.

Nah, itulah pengertian dan keunggulan dari bata ringan untuk pembangunan. Setelah itu alangkah baiknya anda menemukan perusahaan distributor bata ringan termurah dan terpercaya untuk mendapatkan kualitas bata ringan yang sesuai dengan keunggulannya,

distributor bata ringan
distributor bata ringan

PT. ELITE SUKSES BERSAMA yaitu perusahaan distributor bata ringan yang siap memberikan jaminan kualitas dan pelayanan untuk anda dengan fokus pada kepuasan dan kepercayaan konsumen menjadi kebanggaan dan kebahagian bagi perusahaan.

Semua Bata Ringan PT. Elite Sukses Bersama telah menggunakan teknologi Autoclaved Aerated Concrete (AAC) dimana daya tahannya lebih kuat, dan kedap suara dan tentunya berkualitas, Perusahaan kami juga telah beroperasi dan terpercaya menjadi distributor bata ringan atau supplier bata ringan murah yang bisa diandalkan terbukti dari banyaknya pengiriman secara luas, kami menerima pengiriman dalam wilayah  Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi dan Bogor, dan keseluruh Indonesia.

Kami menerima konsultasi gratis jika ada yang masih ingin dipertanyakan silahkan follow up dan hubungi kami dibawah ini :

0812-2355-5759 (Call/WhatsApp)

021-7719607 (Office Hour)

Email : halo@elitehebel.co.id

Website : elitehebel.co.id

Maps : https://goo.gl/maps/36jL18qRpyTbe5Dr9

 

 

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.