Login

Video Viral : Becak Masuk Jalan Tol Surabaya-Gresik

becak masuk tol

Becak Masuk Jalan Tol !

Peristiwa lucu baru2 ini terjadi di jalan Tol  Surabaya Gresik Jawa Timur, dimana sebuah becak berpenumpang dua orang dengan santainya melintasi jalur tol tersebut.

Kendaraan roda 3 tersebut masuk dari Dupak (KM 0+000) menuju ke pintu Gerbang Tol Tandes Timur 1 (KM 2+900). Jika diukur jaraknya, maka  becak tersebut telah berjalan sejauh  2,6 kilometer di jalan Tol.

Bagian Humas PT Margabumi Matraraya (MBMR) yaitu Andjar Hari Sutoto menjelaskan bahwa becak itu awalnya masuk dari jalur terbuka yaitu di kawasan jalur tol Surabaya-Gresik.

“Perlu diketahui bahwa segmen Dupak-Tandes menggunakan sistem terbuka, di mana tidak ada Gerbang Tol Dupak, sehingga tanpa disadari pengemudi telah membawa becaknya memasuki jalan tol,” ujarnya.

Andjar melanjutkan, dari penuturan sang tukang becak, dia memang sengaja masuk tol karena menurutnya itu lebih dekat dengan daerah tujuan mengantarkan penumpang.

“Jadi, memang ada unsur kesengajaan, karena ini tol sepi, terus dia coba-coba lewat tol. Memang tujuannya ke situ, Margomulyo,” ucapnya saat diwawancarai.

Kata Andjar, si pengayuh dan penumpang ternyata masih dalam satu hubungan famili. Mereka berniat untuk mudik lokal.

“Setelah kami tanyakan, sopir dan penumpangnya ternyata satu keluarga, mereka mudik lokal,” ungkapnya, Sabtu (15/5/2021).

Aksi becak masuk tol ini bikin petugas kebingungan. Setelah tiba  di pintu keluar Tol, si pengemudi kemudian diberikan  pengarahan oleh petugas.

Mereka juga diedukasi bahwa jalur tol bukan untuk kendaraan roda 3 atau 2. Apabila menerobos, itu berarti melanggar aturan dan dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Petugas Jasa Marga juga menyampaikan agar lain kali jangan diulangi lagi.

Tidak ada sanksi

Tidak ada sanksi khusus yang diterapkan kepada pengemudi becak tersebut, sebab tak ditemukan pelanggaran pidana dalam kejadian ini.

“Karena tidak ada kewenangan untuk memberi sanksi. Kalau ada (unsur pidana), kami akan teruskan ke pihak terkait (kepolisian),” lanjut Andjar.

Becak masuk tol ini sempat direkam oleh netizen dalam sebuah video yang berdurasi 60 detik. Dalam tayangan tersebut memperlihatkan ada seseorang yang tengah mengayuh becak membawa penumpang 2 orang sebagaimana dapat disaksikan pada video berikut ini :

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.