Buruk Sangka Itu Perlu

addien blogspot
addien blogspot

Di bumi mana saja dipijak, orang-orang sepakat bahwa buruk sangka itu buruk, gak baik, gak boleh dirawat, dilarang ditumbuhmekarkan, hukumnya sangat tak dibenarkan. Entah kenapa yah buruk sangka itu dijaga ketat, diawasi dan tebar-tebar buruk sangka merendahkan orang lain, juga tak baik bagi si pelaku.

Saya jadi ragu ajaran ini, masak saya gak boleh buruk sangka kepada bakteri, virus, jamur yang bisa membahayakan kesehatanku. Masak saya gak boleh buruk sangka kepada scammer? Masa saya gak boleh berburuk sangka kepada diriku sendiri yang hendak menuliskan sesuatu yang gak baik, mengolok-olok orang lain. Masak saya gak boleh berburuk sangka kepada buah kelapa yang akan jatuh menimpa kepalaku. Boleh dong saya berburuk sangka kepada pisau dapur yang tergeletak di lantai atau di dekat kasur. Boleh dong yah, berburuk sangka kepada pria yang merayu-rayu istriku. Boleh dong saya berburuk sangka kepada sebiji korek gas yang ada di dasbor mobil.

Baca juga :  Anak bukan Orang Dewasa dalam Suchet

Buruk sangka itu boleh kok, syaratnya untuk jaga diri dari sesuatu yang membahayakan jiwa, tubuh, kosmos sosial dan kemasyarakatan lainnya. Apa iya saya dilarang berburuk sangka kepada caleg-caleg, calon-calon pejabat di negeri ini, yang nyata-nyata selama ini saya berbaik sangka, toh apa yang terjadi saudara-saudara?

Apa iya saya dibiarkan berbaik sangka kepada politikus-politikus di negeri ini? Sedang duit anak-cucuku sedang dirampok oleh para koruptor yang nyatanya orang-orang baik?

Jadi buruk sangka itu penting di negeri ini kok, segalanya karena buah perbuatan orang-orang tua kita juga.

Baca juga :  Pengalaman Mengembalikan Barang yang Sudah Dibeli

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

  1. masa saya tidak boleh berburuk sangka pada orang yang tidak bayar hutangnnya selama 30 tahun? he he.. masa saya tidak boleh berburuk sangka kepada orang yang masuk kepekarangan rumah tanpa ijin? Hmmm ternyata kita memang harus berburuk sangka dalam hal hal terrtentu…Vote: Inspiratif pak dosen teladan..Jadi mulai sekarang ,kata kata mutiara sebaiknya di tinjau ulang ya pak dosen ..

  2. hahahahahahaha
    mesti ditinjau ulang Bang
    sampai kita benar-benar lurus dalam memandang buruk sangka

  3. buruk sangka pada orang yang ketok2x pintu rumah bawa map?? ….https://blograkyat.com/wp-content/plugins/wp-monalisa/icons/wpml_scratch.gifngga taunya …bapak mertua pulang kerja mau mampir..nah lho!

    1. wkwkwkwkwkwkwwkwkwkwkwkwkwwkwkwkwk
      akhirnya dapat nilai E dari mertua 😀

  4. Boleh dong buruk sangka pada para polotisi penyumbang banjir menjelang pemilu? hehehe….