Darah Babi Pembikin Kontroversi

 rk

Jakarta – “Halo-halo! Anda tahu darah saya ada di filter rokok Anda?” Kalimat itu tercantum di bawah gambar seekor babi yang sedang mengisap rokok.

Ilustrasi tersebut merupakan bagian dari presentasi Dr. Hakim Sorimuda Pohan SpOG saat berkampanye antirokok di depan ratusan pegawai negeri sipil, pengelola hotel dan restoran, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu 26 Juni 2013 lalu. Wali Kota Banjarmasin Muhidin hadir dalam acara sosialisasi peraturan daerah tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) itu.

Dalam fokus majalah detik edisi 84 Pengurus Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) ini mengungkapkan adanya kandungan hemoglobin babi pada filter rokok. Protein yang terkandung di dalam sel darah merah tersebut berfungsi untuk menangkap racun-racun rokok sebelum masuk ke tubuh perokok. Hal itu berdasarkan temuan seorang peneliti Belanda, Christien Meindertsma.

Baca juga :  Kate Middleton Akan Melahirkan pada 23 Juli?

Dalam observasinya, Christien Meindertsma menemukan setidaknya 185 produk yang mengandung elemen tubuh babi, termasuk filter rokok. Hemoglobin babi itu ditemukan dalam salah satu merek rokok Yunani.

***

sumber : detik.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *