Hati Hati ! Scammer Mengaku Engineer Asal Turki

Banyak scammers pusing tujuh keliling akibat pemasukan terus berkurang.Tanya kenapa ? Jawabnya karena wanita Indonesia makin banyak yang cerdas dan sudah ngga klepekan sama photo bule super ganteng. Walau tak dapat dipungkiri, masih ada wanita yang kepalang jatuh cinta sama “ bule palsu” tapi untung keburu sadar setelah banyak yang mengingatkan. Memang uang tak melayang tapi patah hati sudah pasti.

Kisah Lisa (nama samaran) :

“ Bunda..….saya mengucapkan terima kasih banyak atas dibentuknya grup waspada penipu di Facebook. Terutama buat bunda yang sudah kasih saya saran dan support ketika saya jatuh cinta pada seorang scammer dan nyaris tertipu.”

Sepenggal pesan dari seorang gadis cantik sebut saja namanya Lisa yang sedang mencari pangeran cinta lewat muslima dating sites.

10327083_455120604620055_768348733_n2222Profilnya saja mencurigakan, bahasa Inggris hancur minah! (photo kiriman mbak Lisa)

Suatu hari di awal bulan April, Lisa berkenalan dengan bule asal Turki yang mengaku engineer dan bekerja diperusahaan property UK, namanya Isaa Mohammed . Cinta bersemi lewat dunia maya dan ia percaya si cowok ini serius mencintainya..

10320598_454748017990647_201677357743820556_nPhoto dari mbak Lisa.  Entah photo siapa yang dicuri si scammer

“ Bunda, sebelumnya saya kenal beberapa pria Middle East. Kami sering video call dan mereka asli bukan scammers, namun saya tetep pengen dapat bule kulit putih. Sampai akhirnya saya berjumpa Isaa Mohammed. Dia duda usia 41 tahun karena sang istri selingkuh didepan matanya. Ngga tahu kenapa ya bun….saya koq klepek klepek setengah hidup (seperti istilah yang bunda pakai) sampai ngga sadar kalau saya tak pernah video call dengannya. Cuma modal 3 photo saya koq percaya saja. ”

Lisa bahagia sekali saat Isaa berjanji akan datang ke Indonesia pada tanggal 24 April 2014 sesudah mengurus pekerjaannya di Dubai. Kata kata manis sang kekasih membuat Lisa termehek mehek. Ia beritahu kabar bahagia ini pada keluarga besarnya. Tentu saja mereka ikut senang dan siap menyambut kedatangan kekasih Lisa.

Seminggu kemudian Isaa mengirim konfirmasi tiket sbb :

LONDON–DUBAI

Booking Confirmation
PASSENGES PARTICULARS
Name: Isaa Mohammed
Country: United Kingdom
Gender: Male
Contact No: (+44)-7440368293
Summary of Charges
Service Cost
Flight 1 Passengers, Business, Skywards Flex Fare GBP 2153.29
Total price in United Kingdom Pounds Total GBP 2153.29

DEPARTING 20 Apr 14 London, United Kingdom to Dubai, United Arab Emirates
Flight
EK0008 Sun 20 Apr 14 08:40 London Heathrow Airport (LHR) 7hr 05min
0 Stops Business
Airbus A380-800
Sun 20 Apr 14 18:45 Dubai International Airport (DXB)

TIKET DUBAI – JAKARTA

PASSENGES PARTICULARS
Name: Isaa Mohammed
Country: United Kingdom
Gender: Male
Contact No: (+44)-7440368293

Summary of Charges
Service Cost
Flight 1 Passengers, Business, Skywards Flex Fare AED 5720.00
Total price in United Arab Emirates Dirhams Total AED 5720.00

Flights
DEPARTING 26 Apr 14 Dubai, United Arab Emirates to Jakarta, Indonesia
EK0356 Sat 26 Apr 14 04:15 Dubai International Airport (DXB) 8hr 25min
0 Stops Business
Boeing 777-300ER
Sat 26 Apr 14 15:40 Soekarno-Hatta International Airport (CGK)

Bukti tiket ini untuk meyakinkan Lisa bahwa sang kekasih serius akan datang ke Indonesia. Beruntung teman Lisa mengingatkan dan memberikan link Facebook saya “Waspada Scammer Cinta” pada Lisa. Selain itu ia juga minta tolong pada kawannya yang bekerja di travel untuk mengecek tiket Isaa Mohammed. Ternyata tiket tersebut palsu.

UntitledNama lain di YM George Williams051 – (photo : spydetect.net)

“ Artikel artikel yang bunda Fey tulis ternyata benar terjadi.” kata Lisa saat kami chat lewat Facebook. Alhamdulilah semoga makin banyak wanita yang terhindar dari godaan scammer cinta.

Namun sayang Lisa masih ragu , lalu ngetest sang kekasih agar memotret tiketnya dengan alasan copy tiket yang pertama terhapus tapi tak ditanggapi. Enam jam kemudian keluar tiket kedua yang merubah tujuan Dubai – Denpasar.

Disini barulah Lisa yakin kalau sang kekasih adalah scammer. Sejak itu rasa cintanya pada Isaa pupus sudah. Beruntung Lisa selalu terbuka pada keluarga dan teman temannya, maka saat ia terpuruk karena tertipu cinta palsu, merekapun membantu menguatkan.

Berhubung Lisa masih kesal pada si scammer, iapun pura pura mengajak bertemu di Bali lalu dijawab “ Oh saya harus beli tiket ke Bali ya honey ? “ padahal sudah jelas tiket kedua tujuan Bali. Artinya si scammer ngga ngerti kalau Denpasar itu ada di Bali.

Lisa makin gemes saja lalu ia bilang “ Aptal.”, dalam bahasa Turki artinya “ Bodoh kamu” eh dijawab lagi sama si scammer “ Alright honey” (gubrak!!)

Sejak itu Lisa memblok semua kontak dengan Isaa Mohammed.

Dalam pesan penutup Lisa menulis,

“ Saya baca di artikel bunda kalau scammers gagal menipu, mereka sering mengintimidasi, memaki dengan kata kata kasar . Jujur bun…saya ngga siap mental untuk menerima caci maki nya. Dengan saya tahu kalau dia penipu sudah cukup bikin saya drop karena keluargasudah menyiapkan segala sesuatu buat dia. Saya memilih mundur dan tak ingin ngerjain, walau bunda menyarankan untuk melawannya. Terima kasih sekali lagi karena bunda mau mendengarkan curahan hati saya. Tetap update tentang scammers ya bun, agar tak ada korban lagi. “

Kesimpulan penulis :

  1. Tiket pesawat Emirates cuma itinerary yang dicopy lalu ditambah nama dan nomor telpon
  2. No hp : (+44)-7440368293 sudah jelas orangnya tak ada di UK tapi menggunakan +4470 sebagai forwarding number. Scammers biasanya punya dua nomor UK dengan kode +4470 dan selalu bilang nomor pertama untuk SMS dan yang kedua untuk telpon. Namanya juga nomor gratis kapan saja bisa ganti.
    Berangkat ke Indonesia cuma modus. Nanti pasti si scammer akan nelpon Lisa dengan alasan kecopetan dompetnya hilang, kecelakaan dll lalu pinjam uang yang akan diganti setelah bertemu nanti.
  3. Mengaku engineer kerja di UK tapi bahasa Inggrisnya hancur minah!

Scammers memang banyak akalnya, mereka mulai mengaku Arab, Turki, Chinese tapi modusnya tetap sama.

  • Mengaku di UK dan pakai nomor gratisan +4470.
  • Akan datang ke Indonesia dan melamar sang kekasih, tapi sebelumnya mau kirim hadiah tanda cinta. Nanti hadiah tertahan di bandara lalu sang kekasih disuruh bayar tax, fee, asuransi. Padahal hadiah tak pernah ada.
  • Memperlihatkan tiket palsu biar siwanita makin klepekan. Nanti alasan sudah ada di bandara ( tau bandara mana) lalu dompet di copet, barang bawaan dirampok, masuk rumah sakit. Ada lagi modus ditahan di bandara karena kebanyakan bawa berlian dan uang jutaan dollar. Pinjam uang dulu sama sang pacar , sudah dapat lalu menghilang.

Sebagai tambahan, scammer biasanya cuma kasih lihat photo bule ganteng tapi ngga berani kasih lihat muka asli. Saran saya, saat mereka mencoba minta uang pada kita, kirim saja gambar uang. Adilkan?

Berhati hatilah di dunia maya/nyata karena scammers local dan international mengincar anda. Mereka bagai musang berbulu domba. Pura pura menawarkan cinta padahal tujuannya menipu uang anda.

Salam waspada!

Catatan : Terima kasih untuk mbak ” Lisa” yang sudah mengizinkan saya menulis kisahnya

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

2 Komen

  1. katedrarajawen

    Selamat lagi satu orang dari penipuan

Leave a Reply

Your email address will not be published.