7 Cara Sangat Efektif Untuk Mengatasi Perasaan Terasing

Hampir semua orang merasa terasing di beberapa titik dalam hidup mereka.

Untuk beberapa, selama sekolah menengah ketika semua anak populer melakukan satu hal, tetapi minat mereka ada di tempat lain.

Bagi yang lain, mungkin sudah dewasa. Kecenderungan politik, keyakinan agama, atau prioritas hidup mereka mungkin berbeda sama sekali dari mayoritas orang lain di sekitar mereka.

Dalam beberapa kasus, orang tersebut mungkin merasa seperti berada di planet lain sepenuhnya.

Mereka tidak mengerti bagaimana semua orang di sekitar mereka dapat bertindak atau merasakan apa yang mereka lakukan. Perilaku mereka mungkin tidak masuk akal, hobi mereka tidak berarti, nilai-nilai mereka terasa “salah”, dan tujuan mereka tidak penting.

Ini bisa sangat sulit untuk ditangani, terutama jika Anda berada di komunitas yang sangat erat. Orang terkadang bisa kejam, mengucilkan dan mengabaikan orang yang tidak berpikir atau berperilaku seperti mereka.

Dan, seperti yang mungkin Anda alami saat ini, hal itu bisa menghancurkan.

Ada banyak cara untuk mengatasi perasaan terasing, mulai dari menentukan dari mana asalnya, hingga memilah cara untuk tetap terhubung dengan orang lain sambil hidup jujur pada diri sendiri.

Mari selami.

1. Tentukan apakah Anda benat-benar ingin diterima.

Pertama, tanyakan pada diri sendiri dari mana asal perasaan terasing yang Anda alami.

Apakah Anda benar-benar ingin “cocok” dengan orang-orang di sekitar Anda? Atau apakah ada tekanan untuk melakukannya dari orang lain?

Anda mungkin merasa ada yang “salah” dengan Anda karena Anda tidak berpikir atau merasa seperti orang lain di sekitar Anda. Tujuan hidup Anda mungkin sama sekali berbeda, atau Anda mungkin memiliki keyakinan dan ide yang membuat orang lain tidak nyaman, hanya karena keduanya berbeda.

Jadi, jujurlah tentang apakah Anda benar-benar ingin cocok dengan orang-orang di sekitar Anda sehingga mereka menerima Anda di tengah-tengah mereka. Ini akan menentukan tindakan Anda selanjutnya.

Apakah Anda ingin menyamar dan menjadi sesuatu yang bukan diri Anda? Apakah Anda memiliki cukup keberanian dan kekuatan kemauan untuk sepenuhnya jujur pada diri sendiri?

Atau, apakah Anda akan merasa lebih nyaman berjalan di jalan tengah – menjadi cukup “normal” untuk membuat orang lain merasa nyaman, sambil tetap merayakan siapa Anda sebenarnya?

2. Temukan kesamaan.

Jika Anda ingin merasa cocok, cobalah mencari kesamaan. Apa pun keadaan Anda saat ini, Anda akan dapat menemukan kesamaan dengan setidaknya beberapa orang lain di sekitar Anda.

Katakanlah Anda benar-benar menyukai kebugaran dan hidup sehat, tetapi orang-orang di sekitar Anda lebih suka menonton olahraga daripada memainkannya. Mereka tidak suka berolahraga, dan bahkan mungkin mengejek Anda karena melakukannya.

Itu adalah indikasi yang sangat kuat tentang posisi orang-orang ini, secara emosional dan mental.

Jika perasaan terasing Anda muncul dari orang yang mengkritik Anda, kemungkinan besar mereka merasa tidak aman di sekitar Anda. Anda mungkin saja pemimpin alami, yang membuat mereka merasa kecil. Jadi, mereka ingin mempermalukan Anda menjadi seperti mereka sehingga mereka merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri.

Peminum berat dan pecandu narkoba terkenal dengan perilaku seperti ini. Mereka harus membuat semua orang di kerumunan melakukan apa yang mereka lakukan sehingga mereka bisa merasa normal. Lagi pula, jauh lebih mudah untuk menghajar seseorang daripada membesarkan mereka.

Setelah Anda mengenali perilaku ini, itu tidak akan terlalu memengaruhi Anda.

Sebaliknya, cobalah untuk menertawakannya, atau alihkan energinya ke tempat lain. Apa kesamaan Anda? Apakah Anda suka pizza? Apakah ada film atau game yang Anda semua suka?

Oke, jadi buatlah rencana untuk bertemu setelah latihan Anda dan acara maraton olahraga TV mereka. Pergilah ke malam kuis di bar. Temui mereka dengan alasan yang mereka rasa nyaman, dan mereka akan menurunkan pertahanan terhadap Anda.

3. Dengarkan lebih banyak daripada Anda berbicara.

Banyak orang merasa tersisih dan terasing karena mereka terlalu banyak berbagi tentang diri mereka sendiri.

Mereka mungkin terbuka tentang pandangan politik mereka tanpa menyadari bahwa mereka dikelilingi oleh orang-orang yang memilih pihak lain. Atau mereka mungkin mengungkapkan ide-ide spiritual yang membuat bingung atau bahkan membuat takut orang lain.

Luangkan waktu untuk terbuka kepada orang lain, dan belajar mempraktikkan seni obrolan ringan.

Tanyakan orang lain tentang diri mereka sendiri daripada terlalu banyak membicarakan diri sendiri. Belajarlah mengamati detail-detail kecil, dan kemudian ajukan pertanyaan yang ramah dan tidak mencela.

Misalnya, jika Anda bertemu seseorang yang Anda kenal di kafe pada akhir pekan dan mereka berpakaian bagus, beri komentar. Mereka mungkin akan menanggapi dengan sesuatu seperti “Oh ya, baru saja kembali dari gereja …” yang memberi Anda kesempatan untuk menanyakan ke mana mereka pergi, dan lain-lain.

Berlatihlah mendengarkan secara aktif dan mencerminkan kembali apa yang orang lain katakan. Dari sana, Anda dapat menentukan seberapa banyak Anda ingin berbagi tentang diri Anda. Jika Anda memiliki kesamaan, seperti anak-anak atau buku favorit, dan lain-lain. Kembangkan itu.

4. Lakukan hobi atau minat yang sama.

Kemungkinannya adalah setidaknya beberapa orang di sekitar Anda memiliki hobi atau minat yang mungkin Anda sukai juga. Anda mungkin langsung mengabaikan gagasan ini, tetapi pertimbangkan bahwa selalu ada jalan tengah, seperti yang disebutkan.

Tunjukkan minat pada salah satu hal yang populer di kalangan itu, asalkan itu tampaknya merupakan ide yang masuk akal bagi Anda saat itu.

Misalnya, Anda benar-benar menyukai sejarah Abad Pertengahan, tetapi orang-orang di sekitar Anda suka menghabiskan akhir pekan mereka berburu. Apa yang mungkin menjadi jalan tengah di sana? Bagaimana dengan panahan? Jika ada beberapa orang dalam grup Anda yang dengan tulus ingin Anda kenal lebih baik, lihat apakah ada di antara mereka yang tertarik untuk mencobanya bersama Anda. Tidak diragukan lagi, ada arena panahan di dekatnya yang dapat Anda kunjungi.

Atau, apakah Anda benar-benar menyukai tanaman dan alam, tetapi orang-orang di sekitar Anda suka berbelanja dan merias wajah? Bagaimana kalau menyebutkan kelas produk parfum atau perawatan tubuh DIY? Manfaatkan sumber minat mereka (mis. produk alami anti-penuaan atau yang didukung selebriti) dan gunakan itu sebagai batu loncatan untuk bersosialisasi.

Jika Anda dapat menemukan cara untuk mengintegrasikan diri Anda dengan orang lain, tanpa kehilangan jiwa Anda, lakukanlah.

5. Temukan suku Anda.

Di sisi lain, Anda mungkin memutuskan bahwa Anda benar-benar tidak tahan untuk melakukan apa pun yang disukai orang-orang di sekitar Anda. Pandangan dan minat mereka mungkin melampaui “tidak menarik” bagi Anda, ke dalam ranah yang mengerikan, menyinggung, atau benar-benar menyakitkan.

Dalam kasus seperti ini, ketika Anda harus benar-benar tidak jujur pada diri sendiri hanya untuk diterima, lebih baik menempa jalan Anda sendiri.

Jagalah diri Anda untuk saat ini, dan carilah orang lain yang berpikir dan merasakan hal yang sama dengan Anda. Dan akan ada banyak dari mereka.

Hukum rata-rata menyatakan bahwa ada banyak orang di luar sana yang memiliki minat, keyakinan spiritual, pilihan gaya hidup, dan pandangan politik yang sama dengan Anda. Ada hampir 8 miliar orang di planet ini. Anda pasti akan menemukan orang lain seperti Anda di suatu tempat di dekat Anda.

Lakukan beberapa pencarian web, temukan beberapa grup lokal, dan jadilah berani! Senang sekali bertemu orang baru, dan Anda akan merasa luar biasa saat terhubung dengan orang lain yang berpikiran sama.

Meskipun grup dan komunitas yang Anda anggap sebagai bagian tidak sepenuhnya lokal, Anda dapat mencoba menemukan grup dan forum online tempat Anda dapat mengekspresikan diri. Ini kemudian dapat berubah menjadi pertemuan kehidupan nyata di kemudian hari.

6. Kurangi keinginan Anda untuk diterima.

Kebanyakan orang menderita lebih dari yang mereka butuhkan karena mereka ingin segala sesuatunya berbeda dari apa adanya.

Jika Anda pernah menghadapi perasaan terasing, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri mengapa Anda tidak bisa menjadi seperti orang lain. Mengapa Anda harus berbeda? Atau mengapa Anda tidak bisa bahagia berpura-pura menjadi seperti mereka?

Tidak ada yang bisa benar-benar bahagia ketika seluruh keberadaan mereka bertentangan dengan lingkungan mereka.

Praktikkan tingkat kebosanan untuk diabaikan. Ini berarti tidak terlalu peduli jika Anda dikucilkan dari grup atau aktivitas yang tidak Anda inginkan sama sekali.

Jika Anda benar-benar tidak menginginkan anak-anak, apakah Anda ingin menghabiskan Sabtu sore dengan dikelilingi oleh mereka? Atau jika Anda seorang penganut kepercayaan, apakah Anda akan senang menghadiri ceramah agama yang berapi-api? Mungkin tidak.

Daripada menundukkan diri pada orang dan situasi yang akan membuat Anda merasa tersisih dan sengsara, rayakanlah diri Anda sendiri. Faktanya, seringkali ada lebih banyak keuntungan daripada kerugian dalam situasi seperti ini.

Anda akan memiliki lebih banyak keheningan dan waktu untuk berpikir untuk merencanakan langkah-langkah hidup Anda selanjutnya. Lebih banyak kesempatan untuk meluangkan waktu untuk hiburan dan hobi yang Anda sukai. Akan ada lebih sedikit tuntutan pada perhatian Anda, dan lebih banyak waktu untuk Anda habiskan mencari orang yang benar-benar cocok dengan Anda!

7. Jujur pada diri sendiri.

Hidup itu luas dan beragam, dan banyak orang ingin membuat pengalaman hidup dan perspektif menjadi ceruk dan gelembung terbatas. Tidak apa-apa.

Namun, yang tidak baik adalah menilai orang lain karena memilih untuk melihat atau mengalami dunia secara berbeda.

Jika Anda kebetulan memiliki hobi, persepsi, atau pilihan gaya hidup yang tidak menyakiti siapa pun, namun Anda dijauhi karenanya, jangan khawatir. Tetap kuat dalam keyakinan Anda sendiri, mengetahui bahwa Anda mengikuti jalan yang mungkin sedikit lebih menantang, tetapi lebih murni dan lebih jujur daripada jika Anda hanya mengikuti kawanan.

Selain itu, ketahuilah bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih mudah seiring bertambahnya usia. Banyak kepercayaan diri untuk menjadi “berbeda” datang dengan kedewasaan. Seiring waktu, Anda akan merasa lebih nyaman dengan tidak terlalu mementingkan apakah Anda cocok atau tidak.

Anda akan dapat menjelajahi ladang ranjau sosial tanpa merasa perlu mengorbankan bagian penting dari diri Anda agar dapat diterima.

Pada waktunya, Anda akan dapat melihat sekeliling Anda dan tidak akan diganggu sama sekali. Jika orang yang tidak benar-benar Anda sukai atau terhubung tidak ingin menyertakan Anda, itu kerugian mereka.

Mereka memilih untuk tetap berkedip dan stagnan, sementara Anda merayakan banyak aspek menakjubkan lainnya yang ditawarkan keberadaan ini.

Terakhir, ingatlah bahwa ketika harus disertakan dan menghabiskan waktu dengan orang lain, kualitas daripada kuantitas adalah cara yang tepat. Seorang teman baik atau pasangan jauh lebih bermanfaat daripada seratus kenalan biasa-biasa saja.

Jika Anda merasa berada di luar kebanyakan orang, maka bersukacitalah: itu karena Anda luar biasa.

Toh, tidak butuh banyak usaha untuk berkubang di kolam katak. Dibutuhkan hati yang besar dan karakter yang sangat kuat untuk melihat gambaran yang lebih besar.

***
Solo, Senin, 12 April 2021. 11:22 am
‘salam hangat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
ilustr: TidBITS

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

4 Komen

  1. katedrarajawen

    Luar biasa artikel ini

  2. mm

    Mantaps bro..

  3. 👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻🙂🙂🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.