Cara Merawat Ikan Hias Di Akuarium

Ikan Mas atau Goldfish adalah salah satu spesies ikan yang paling umum dipelihara sebagai hewan peliharaan. Mereka penuh warna, damai, dan memiliki umur panjang. Tergantung pada jenisnya, ikan mas dapat tumbuh hingga 10 hingga 20 cm. Selain itu juga ikan hias lain yang lebih kecil seperti neon tetra, guppy dll

Ikan dapat menjadi hewan peliharaan yang baik tetapi membeli ikan harus menjadi keputusan jangka panjang karena mereka dapat hidup hingga 20 tahun. Ikan membutuhkan perawatan rutin untuk memastikan mereka tetap sehat dan lingkungan mereka bersih.

Jangan melepaskan ikan mas hidup (atau ikan non-asli lainnya) ke bendungan, sungai atau saluran air lainnya (atau ke toilet) karena mereka dapat membawa penyakit yang dapat mempengaruhi spesies asli kita. Mereka juga dapat membentuk populasi di saluran air yang bersaing dengan populasi asli kita.

Jika Anda tidak yakin tentang cara merawat ikan Anda, bicarakan dengan dokter hewan Anda atau orang yang berpengalaman dalam perawatan ikan.

Memilih ikan

Saat memilih ikan, mereka harus:

  • menjadi jelas dan cerah, sirip dipegang tegak
  • waspada dan berenang tanpa usaha yang berlebihan
  • tidak akan tenggelam atau terombang-ambing ke permukaan
  • tidak memiliki benjolan, benjolan, luka atau sirip yang terjepit
  • tidak memiliki jejak kotoran dari ventilasi mereka
  • jangan ‘merajuk’ di pojokan.

Lingkungan untuk ikan hias

Ikan hias membutuhkan akuarium besar yang menyediakan area yang cukup untuk spesies dan jumlah ikan yang dipelihara. Ikan harus memiliki ruang yang cukup untuk berenang. Di mana ada lebih banyak ikan di akuarium, lebih banyak ruang yang dibutuhkan. Panduan kasar untuk ruang adalah setidaknya 10 liter air untuk setiap ikan hingga panjang 3cm. Tingkatkan jumlah air seiring bertambahnya ukuran ikan.

Siapkan akuarium dengan:

  • sebuah aerator
  • filter
  • rumput tambak
  • tanaman
  • kerikil halus (hingga 7 cm)
  • batu atau benda lain untuk bersembunyi di bawah.
  • Anda harus mencoba untuk meniru lingkungan alami untuk ikan Anda.

Semua lingkungan air harus distabilkan sebelum ikan ditambahkan. Air keran harus dikondisikan dengan membiarkannya selama 2 hingga 7 hari sebelum menambahkan tanaman dan ikan agar klorin menguap. Gunakan preparat komersial untuk menjaga tingkat pH antara 6,5 ​​dan 8,0.

Tangki air asin membutuhkan pengalaman dan pengetahuan ahli karena lebih sulit untuk dipasang dan dirawat. Jika Anda membuat tangki air asin untuk pertama kalinya, mintalah orang yang berpengalaman untuk membantu Anda dan melakukan penelitian dengan benar.

Ketika akuarium dalam ruangan digunakan, air harus disimpan pada suhu kamar dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung karena ini akan meningkatkan pertumbuhan alga. Kisaran suhu harus antara 20 hingga 25 ° C.

Akuarium tropis membutuhkan rentang suhu terkontrol yang dipanaskan tergantung pada spesiesnya — tanyakan pada outlet akuarium atau dokter hewan setempat untuk persyaratan tertentu.

Filtrasi sangat penting untuk menyediakan lingkungan yang benar untuk kesehatan ikan. Sistem filtrasi mekanis adalah yang paling mudah digunakan.

Pencahayaan untuk ikan Anda

Pencahayaan buatan biasanya tidak diperlukan kecuali ada tanaman atau tangki yang disiapkan untuk ikan tropis. Jika Anda menggunakan lampu, mereka harus diatur dengan timer. Lampu tidak boleh dinyalakan dan dimatikan sesering mungkin karena dapat mengganggu ikan. Tanaman membutuhkan cahaya hingga 12 jam, jadi atur timer Anda untuk menyediakannya.

Menutupi akuarium

Penutup kaca atau jaring di atas akuarium harus disediakan:

jika ikan berisiko anak kecil atau hewan peliharaan lain (seperti kucing) masuk ke akuarium di mana air lebih dekat dari 10cm ke atas akuarium (sehingga ikan bisa melompat keluar). Hanya gunakan penutup yang kokoh di atas tangki jika filter terpasang dan berfungsi. Penutup yang kokoh membantu menghentikan debu dan racun masuk ke akuarium.

Jangan menyemprotkan bahan kimia atau produk pembersih di dekat akuarium. Ini bisa membunuh ikan Anda.

Selalu ingat keamanan air di sekitar anak kecil dan pastikan tangki berada di tempat yang tidak berbahaya untuk tenggelam.

Tempat perlindungan

Akuarium harus memiliki area perlindungan bagi ikan Anda dari cahaya, aksi, dan ikan lainnya. Ini dapat dibuat dengan tanaman dan overhang berbatu.

Membersihkan akuarium

Disarankan agar air yang dikondisikan (didiamkan selama 2 hingga 7 hari agar klorin menguap) dengan suhu yang sama digunakan untuk menggantikan sekitar 25% air setiap minggu. Pembersihan akuarium harus dilakukan setiap periode. Untuk membersihkan akuarium:

    • Keluarkan ikan dan tempatkan dalam wadah tertutup dengan 25% air akuarium dan 75% segar.
    • Bersihkan sisi-sisi kaca, kerikil, dan barang-barang furnitur dengan air bersih.
    • Jangan gunakan bahan kimia.
    • Bilas tangki dengan hati-hati dan isi lagi dengan air berkondisi.
    • Isi ulang tangki dan diamkan selama setengah hari sebelum mengembalikan ikan.

Memberi makan ikan

Makanan ikan yang diproduksi (serpihan dan butiran) dapat diumpankan ke ikan tropis atau sedang. Hanya memberi makan jumlah makanan yang dapat dimakan dalam beberapa menit jika tidak makan berlebihan dan mengotori air dapat terjadi.

Berhati-hatilah untuk tidak memberi makan ikan secara berlebihan. Tanyakan kepada dokter hewan Anda berapa banyak makanan yang dibutuhkan ikan Anda dan seberapa sering ia harus diberi makan.

Pemberian makanan tambahan

Beberapa ikan membutuhkan campuran makanan beku, udang dan larva. Jangan memberi makan ikan Anda makanan ini kecuali Anda diarahkan oleh sumber yang memiliki reputasi baik – dokter hewan atau outlet akuarium Anda.

Masalah kesehatan

Kualitas air sangat penting untuk memastikan ikan yang sehat. Selalu jaga kebersihan akuarium dengan air segar.

Indikator bahwa ikan Anda sakit meliputi:

  • kehilangan selera makan
  • lesi kulit
  • mengambang terbalik
  • keseimbangan renang yang buruk
  • bintik-bintik, bisul atau pertumbuhan
  • gagal untuk berkembang.

Jika ikan baru tampak tidak sehat, pisahkan sampai Anda yakin ikan itu fit dan sehat. Menambahkan ikan baru langsung ke akuarium dapat menginfeksi ikan lain.

Penanganan ikan

Ikan dengan tanda merahIkan tidak boleh dipegang atau dijauhkan dari air. Ini merusak kulit mereka dan meningkatkan risiko infeksi bakteri atau jamur. Jaring akuarium harus digunakan untuk menangkap atau memindahkan ikan. Ikan harus diangkut dalam kantong plastik bening kedap air — setengah air dan setengah udara. Transportasi ikan dengan cepat. Jangan biarkan mereka tanpa pengawasan atau biarkan ikan memanas.

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.