5 Cara Sederhana Agar Tidak Mengganggu

Tidak semua orang dilahirkan dengan rahmat sosial dan kemampuan untuk bergaul dengan baik dengan orang lain.

Terkadang kita mungkin tidak memiliki panutan terbaik untuk dipelajari atau memiliki masalah lain yang menyulitkan kita untuk berperilaku dengan cara yang dianggap dapat diterima oleh kebanyakan orang.

Dibutuhkan banyak kesadaran diri untuk menyadari bahwa Anda mungkin memiliki masalah yang berdampak negatif pada hidup Anda. Banyak orang yang tidak menyadari bagaimana mereka berinteraksi dengan atau memengaruhi orang lain.

Membuat pilihan untuk berubah adalah langkah pertama yang tepat di jalur pertumbuhan pribadi.

Kabar baiknya adalah bahwa keterampilan sosial persis seperti itu – keterampilan. Dan keterampilan adalah sesuatu yang dapat Anda kembangkan, pelihara, dan kembangkan dengan waktu dan usaha.

Faktanya, banyak orang meluangkan waktu untuk mengembangkan keterampilan tambahan agar dapat berinteraksi dengan lebih baik dengan orang lain. Mempelajari cara berhenti membuat orang lain kesal adalah langkah yang baik di jalan itu.

Sebelum kita masuk ke tip, kita harus mempertimbangkan pertanyaan penting.

Apakah saya benar-benar menyebalkan – atau apakah saya dikelilingi oleh orang-orang brengsek?

Ada sesuatu di bawah keyakinan Anda bahwa Anda menyebalkan. Apa yang membuat Anda percaya bahwa Anda menyebalkan?

Apakah tidak bisa berintegrasi dengan baik dengan orang-orang? Selalu merasa seperti Anda mengatakan atau melakukan hal yang salah?

Atau karena seseorang mengatakan bahwa Anda menyebalkan? Bahwa Anda mengganggu mereka? Dan orang macam apa orang itu? Apakah dia seseorang yang umpan baliknya harus Anda dengarkan?

Kenyataannya adalah Anda mungkin tidak mengganggu sama sekali. Anda mungkin berada di sekitar orang-orang yang memiliki kepribadian buruk yang cocok untuk Anda.

Mungkin juga satu-satunya orang yang mengatakan bahwa Anda menyebalkan hanyalah seorang brengsek yang menjadi brengsek karena dia bisa, bukan karena Anda benar-benar menyebalkan.

Jika Anda menerima pesan bahwa Anda menjengkelkan, lihatlah sumber klaim itu dan pertimbangkan apakah pendapatnya valid atau tidak.

Setiap orang memiliki pendapat, dan banyak dari mereka yang tidak sebaik itu.

Tetapi, mari kita asumsikan bahwa Anda mempertimbangkan sumbernya dan memutuskan bahwa, ya, mereka ada benarnya, dan Anda menyebalkan.

Bagaimana Anda bisa kurang mengganggu?

1. Kurangi bicara tentang hal-hal negatif dan berhentilah mengeluh.

Tidak ada yang suka downer. Sangat menguras emosi untuk berada di sekitar, dan orang-orang hanya berusaha melewati hari mereka sambil menghadapi masalah mereka sendiri.

Bukan berarti Anda tidak boleh membicarakan hal-hal negatif atau menyuarakan keluhan. Itu berarti menunggu waktu dan tempat yang tepat untuk melakukannya.

Saling simpati atas suatu masalah, diskusi tentang kejadian terkini, atau berbagi dalam sesi curhat dengan teman-teman adalah waktu yang lebih tepat untuk membicarakan hal-hal yang lebih negatif.

Mengeluh tentang suatu hal tidak apa-apa dalam dosis kecil. Namun, ini jarang produktif kecuali Anda memiliki atau sedang mencari solusi.

Dengar, ada begitu banyak pesan di luar sana tentang, “Bicara saja. Bicara tentang hal itu. Bicarakan tentang apa yang Anda rasakan.”

Tetapi apa yang cenderung diabaikan oleh pesan-pesan itu adalah bahwa keluhan dan kenegatifan secara teratur adalah cara yang sangat baik untuk mengasingkan dan mengganggu orang-orang di sekitar Anda.

Dan alih-alih memberi tahu Anda bahwa Anda menjengkelkan, mereka hanya berhenti membalas panggilan Anda, menjawab pesan Anda, dan berkeliaran.

Salah satu cara yang baik untuk menyiasatinya adalah dengan bertanya, “Hei. Saya mengalami kesulitan dan ingin curhat. Apakah itu baik-baik saja denganmu?”

Itu menunjukkan bahwa Anda menghormati dan mempertimbangkan beban emosional orang lain.

Mereka mungkin ingin melampiaskan juga, menjadikannya percakapan timbal balik alih-alih hanya menurunkan beban emosional yang lebih negatif kepada orang lain.

2. Hormati batasan orang lain.

Cara cepat untuk mengganggu orang lain adalah dengan tidak menghormati batasan sosial.

Itu bisa apa saja mulai dari membicarakan topik yang tidak pantas hingga tidak tahu kapan harus mengambil petunjuk hingga terus-menerus mengirim pesan kepada orang lain.

Sedikit lebih mudah untuk mengetahui di mana batasan teman Anda karena Anda berinteraksi dengan mereka secara teratur.

Orang lain mungkin tidak begitu jelas tentang di mana batasan mereka, atau memiliki batasan yang berbeda dengan apa yang Anda alami sebelumnya.

Jangan terlalu pribadi, terlalu cepat. Hindari subjek sensitif dan jaga percakapan tetap ringan kecuali Anda tahu mereka ingin membahas lebih dalam dari itu.

Luangkan waktu untuk berlatih berbicara ringan dengan orang lain. Anda dapat bertanya tentang keluarga mereka, apa yang mereka lakukan, bagaimana kabar mereka, apakah mereka telah melakukan sesuatu yang menarik, apakah mereka telah membaca atau menonton atau sesuatu yang menarik akhir-akhir ini.

Ini semua adalah pertanyaan yang relatif aman untuk memulai percakapan santai dengan seseorang.

3. Berlatih mendengarkan secara aktif.

Banyak orang menghabiskan waktu mereka dalam percakapan hanya menunggu kesempatan untuk berbicara, biasanya tentang diri mereka sendiri.

Mendengarkan secara aktif adalah meletakkan telepon, mengabaikan televisi, memandang orang lain, dan mendengar apa yang mereka katakan. Anda mempertimbangkan dan memikirkan bagaimana merespons setelah Anda memberi mereka waktu untuk mengatakan apa yang perlu mereka katakan.

Sangat menjengkelkan untuk merasa seperti orang yang Anda ajak bicara tidak mendengarkan, terutama ketika mereka salah detail atau benar-benar kehilangan konteks dari apa yang Anda coba katakan karena mereka melihat telepon mereka.

Menjadi pendengar yang baik juga membantu Anda lebih sedikit berbicara karena Anda tidak dapat secara aktif mendengarkan dan berbicara pada saat yang bersamaan. Luangkan lebih banyak waktu untuk mendengarkan, dan Anda akan melihat perbedaan yang signifikan dalam aliran hubungan dan persahabatan Anda. Tidak ada orang yang suka merasa diabaikan.

4. Pertimbangkan nada suara dan bahasa tubuh Anda.

Komunikasi verbal menampilkan lebih banyak lapisan daripada sekadar kata-kata yang keluar dari mulut Anda.

Bagaimana Anda menyampaikan pesan jauh lebih penting daripada apa pesannya. Sangat. Karena pesan Anda tidak akan diterima atau ditafsirkan dengan benar jika Anda menggunakan bentuk penyampaian yang salah.

Jika Anda tampak kesal atau marah saat mencoba memberi tahu seseorang bahwa, “Tidak apa-apa,” apakah dia akan mempercayai Anda? Apakah Anda percaya orang lain yang memberi tahu Anda bahwa semuanya baik-baik saja ketika dia jelas-jelas kesal?

Terkadang emosi itu valid. Terkadang orang hanya memiliki kepribadian atau gaya penyampaian yang lebih kasar di mana mereka harus lebih memperhatikan infleksi dan bahasa tubuh mereka saat berkomunikasi dengan orang lain.

Namun, jika Anda ingin tidak mengganggu, Anda harus memperhatikan bagaimana Anda menyampaikan apa pun yang Anda katakan.

5. Terima tanggung jawab atas tindakan Anda.

Ada dua cara untuk mengatasi diberitahu bahwa Anda menjengkelkan. Di satu sisi, Anda bisa marah, dan berdebat dengan orang lain bahwa Anda tidak mengganggu.

Di sisi lain, Anda bisa bertanya kepada orang tersebut mengapa dia merasa Anda mengganggu. Ini mungkin momen yang dapat diajarkan bagi Anda yang dapat membantu Anda mengasah dan mengembangkan keterampilan sosial Anda.

Dengan membiarkan mereka mengekspresikan diri, Anda mungkin menemukan bahwa persepsi mereka salah atau harapan mereka tidak masuk akal.

Mungkin mereka hanya mengalami hari yang buruk dan tidak memiliki kesabaran sebanyak biasanya. Mungkin mereka kekurangan Anda, dan mereka tidak menyadari bahwa mereka tidak masuk akal atau tidak adil.

Tetapi sekali lagi, kita harus mempertimbangkan sumbernya. Seseorang yang menganggap Anda menjengkelkan bukanlah akhir dari dunia. Anda tidak boleh mengubah diri untuk mengakomodasi satu atau bahkan sekelompok orang.

Menerima tanggung jawab juga berarti menerima bahwa Anda tidak akan bergaul dengan semua orang – dan tidak apa-apa.

Ada banyak orang di luar sana yang akan memberi Anda waktu, kesabaran, dan menyambut kepribadian Anda.

***
Solo, Selasa, 7 September 2021. 1:05 pm
‘salam sehat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
ilustr: ACR

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.