Virus Corona Menyerang Manusia, Akibat Makan Binatang Mentah?

Apa itu Virus Corona (coronavirus) ?

Virus Corona adalah sejenis virus umum yang menyebabkan infeksi pada hidung, sinus, atau tenggorokan bagian atas. Kebanyakan virus Corona tidak berbahaya, namun ada beberapa tipe dari mereka sagat berbahaya.

Sekitar 858 orang telah meninggal karena penyakit Midde East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV), yang ditengarai muncul pertama kali pada tahun 2012 di Arab Saudi. Kemudian menyebar ke di negara-negara lain di Timur Tengah, Afrika, Asia, dan Eropa.

Pada April 2014 di Amerika dikabarkan ada pasien pertama yang dirawat di rumah sakit di Indiana kmudian ada lagi di Florida dan keduanya baru saja pulang dari Arab Saudi.

Pada bulan Mei 2015, terjadi wabah MERS di Korea yang merupakan wabah terbesar di luar Semenanjung Arab. Kemudian di tahun 2003, terdapat  774 orang meninggal akibat serangan penyakit serupa yakni wabah sindrom pernapasan akut Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang parah. Penyakit MERS dan SARS adalah termasuk jenis virus Corona.

Sejak tahun 2015, sudah tidak ada lagi laporan lebih lanjut tentang kasus SARS ini, tapi tiba-tiba pada awal tahun ini (Januari 2020), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi satu lagi virus Corona jenis baru yaitu  2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang menyerang manusia di Cina. Selama bulan Januari ini sudah diterima laporan dari masyarakat disana bahwa terdapat 300 kasus serangan virus ini di Tiongkok dan jumlah kematian yang masih dibawah 10 orang namun terus tetapi meningkat.virus

MERS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menimbulkan ketakutan bagi semua orang khususnya di belahan bumi timur, sebab dapat menyebabkan kematian mendadak. Gejala yang timbul akibat serangan virus ini seperti hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan dan gangguan pernafasan lainnya.  Anda dapat mengobatinya dengan istirahat dan minum obat. Virus Corona juga dapat menyebabkan infeksi telinga tengah pada anak-anak.

virus corona

Akibat Manusia Makan Daging Mentah?

Virus Corona pertamakali diidentifikasi pada sekitar tahun 1960-an, tetapi tidak diketahui dari mana virus itu . Virus itu dinamakan Corona sebab bentuknya seperti mahkota. Virus Corona ini sesungguhnya lebih dikenal sebagai penyakit yang menyerang binatang. Apakah mungkin karena manusia yang suka memakan binatang mentah-mentah, sehingga membuat virus ini juga menyerang manusia? Wallahu A’lam..

Kebanyakan virus Corona menyebar dengan cara yang sama dengan virus lainnya penyebab flu yaitu melalui orang yang terinfeksi batuk dan bersin, dengan menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi atau dengan menyentuh hal-hal seperti gagang pintu yang disentuh oleh orang yang telah terinfeksi.

Gejala Umum Virus Corona

Gejala-gejala sangat mirip dengan infeksi saluran pernapasan atas lainnya, termasuk pilek, batuk, sakit tenggorokan, dan terkadang demam. Pada sebagian kasus, anda tidak akan tahu pasti apakah anda akibat serangan virus Corona atau virus penyebab pilek lainnya, seperti rhinovirus. Untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes di laboratorium, termasuk kultur hidung, tenggorokan dan peredaran darah

Tetapi jika infeksi virus ini menyebar ke saluran pernapasan bagian bawah (tenggorokan dan paru-paru), maka dapat menyebabkan penyakit pneumonia, terutama pada orang-orang lanjut usia, orang berpenyakit jantung, atau pada orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah.

Apa yang bisa anda lakukan untuk pencegahan?

Belum ada vaksin untuk virus Corona. Namun untuk membantu mencegah infeksi coronavirus, lakukan hal yang sama menghindari flu biasa yaitu :

  • Cuci tangan Anda dengan sabun dan air hangat atau dengan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.
  • Jauhkan tangan dan jari dari mata, hidung, dan mulut Anda.
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang terinfeksi.
  • Obati infeksi coronavirus dengan cara yang sama seperti anda ketika sedang pilek.
  • Beristirahatlah yang cukup.
  • Banyak minum.

Untuk mengurangi gealanya, minumlah obat untuk sakit tenggorokan dan demam. Tapi jangan berikan aspirin kepada anak-anak atau remaja yang berusia kurang dari 19 tahun; gunakan ibuprofen atau acetaminophen sebagai penggantinya. Pelembab ruangan atau mandi uap juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan gatal.

Jika Anda sakit, obati gejalanya dan segera hubungi dokter jika kondisinya makin memburuk.

Negara mana saja yang telah terinfeksi virus Corona?

Sebagai tambahan informasi, berikut ini sejumlan negara yang telah terinfeksi  Coronavirus :

  • China: 830 kasus, 25 kematian
  • Jepang: dua orang, yaitu seorang turis asal China dan seorang warga yang baru pulang dari Wuhan Hong Kong: sekitar 1300 warga diperkirakan sudah terinfeksi
  • Korea Selatan: dua orang yang baru kembali dari Wuhan
  • Amerika Serikat: seorang pria berusia 30 tahun yang berdomisili di Seattle
  • Makau: dua kasus, salah satunya adalah seorang wanita berusia 52 tahun yang baru saja tiba dari Wuhan
  • Singapura: satu orang turis asal China yang baru tiba di Singapura
  • Taiwan: seorang wanita asli Taiwan terjangkit setelah kembali dari liburan di Wuhan
  • Thailand: dua turis asal China
  •  Vietnam: Seorang pria China yang tinggal di Ho Chi Min terinfeksi dari ayahnya yang melakukan perjalanan ke Vietnam 13 Januari lalu, dari kota Wuhan.
  • Kabar tekahir adalah di Malaysia. Virus corona telah menyebar sampai ke Malaysia. Pada Sabtu (25/1/2020) waktu setempat, Malaysia telah mengkonfirmasi tiga kasus infeksi virus corona. Malaysia  jadi negara yang pertama yang terjangkit di Asia Tenggara. Menteri Kesehatan Dzulkefly Ahmad mengatakan tiga orang yang terinfeksi adalah warga negara Tiongkok. Dikonfirmasi oleh otoritas kesehatan Singapura, tiga orang pasien ini terkait dengan pria berusia 66 tahun yang telah dinyatakan positif terkena virus.

Demikianlah semoga bermanfaat..

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.