Login

10 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Buah yang Terbentuk dengan Banyak Nutrisi yang Menjadikannya Pilihan yang Sehat

Ketika Anda memikirkan vitamin C, Anda mungkin cenderung menganggap jeruk sebagai sumber yang baik.

Tetapi tahukah Anda bahwa anggur juga merupakan cara terbaik untuk mendapatkan vitamin C? Dengan nutrisi lain seperti antioksidan, vitamin K dan potasium, bola-bola kecil ini penuh dengan banyak kebaikan.

“Anggur sangat fantastis karena tidak hanya terjangkau, tetapi juga serbaguna,” kata ahli diet terdaftar Anthony DiMarino, RD. “Anggur dapat digunakan dalam banyak hidangan dan situasi yang berbeda.”

DiMarino berbicara dengan kita tentang manfaat kesehatan anggur dan bagaimana memasukkannya ke dalam makanan Anda.

Manfaat Makan Buah Anggur

Anggur kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Buah ini juga penuh dengan air, yang dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Inilah cara makan anggur dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

1. Membantu Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Karena anggur adalah sumber vitamin C yang bagus, itu dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda melawan infeksi bakteri dan virus seperti infeksi jamur.

“Jika kita memiliki sistem kekebalan yang kuat, tubuh kita lebih mampu melawan dan mencegah penyakit jangka pendek yang tiba-tiba,” kata DiMarino.

2. Mencegah Kanker

Penuh dengan antioksidan, anggur dapat membantu melawan radikal bebas, yang merupakan molekul yang dapat merusak sel dan dapat menyebabkan kanker.

“Jadi antioksidan keluar dan mengurangi apa yang kita sebut stres oksidatif untuk membantu mengurangi risiko kanker,” kata DiMarino.

Anggur juga membanggakan antioksidan yang disebut resveratrol, yang dapat melindungi terhadap kanker dengan mengurangi peradangan dan menghalangi pertumbuhan sel kanker. Anggur juga mengandung katekin, quercetin dan anthocyanin, antioksidan lain yang mungkin merupakan kombinasi kuat melawan kanker.

3. Menurunkan Tekanan Darah

“Anggur sangat rendah sodium,” kata DiMarino. “Itu cocok dengan rencana diet rendah sodium yang membantu mengurangi tekanan darah.”

DiMarino mengatakan bahwa anggur juga tinggi potasium, yang dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah juga. Jika Anda memiliki asupan kalium yang rendah, Anda mungkin memiliki peningkatan risiko tekanan darah tinggi.

4. Melindungi dari Penyakit Jantung

Resveratrol mungkin tidak hanya membantu mencegah kanker. Ini juga telah terbukti membantu melindungi terhadap penyakit jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mereka yang dietnya memiliki lebih banyak potasium daripada sodium, lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyakit jantung daripada individu yang tidak memiliki banyak potasium dalam makanan mereka.

5. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Anda akan menemukan banyak serat dalam anggur, menjadikannya pilihan yang baik untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi.

“Saya selalu menjelaskannya hampir seperti penyapu jalan. Itu masuk ke aliran darah Anda dan membawa semua kolesterol itu keluar dari tubuh ke hati di mana ia akan diproses, ”kata DiMarino.

Dalam sebuah penelitian terhadap orang dengan kolesterol tinggi, mereka yang makan tiga cangkir anggur merah sehari selama delapan minggu memiliki kolesterol total dan kolesterol “jahat” LDL yang lebih rendah.

6. Melindungi dari Diabetes

Anggur memiliki angka indeks glikemik rendah, yang berarti itu tidak akan meningkatkan gula darah Anda.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam anggur dapat menurunkan kadar gula darah dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu tubuh Anda menggunakan glukosa.

7. Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Ini semua tentang resveratrol, yang bermanfaat bagi tubuh dalam banyak hal. Antioksidan kuat membantu mengurangi stres oksidatif, yang dapat memiliki efek positif pada otak Anda.

“Pikirkan tentang penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer, itu bisa menjadi tanda stres oksidatif,” kata DiMarino. “Resveratrol dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya penyakit tersebut.”

Meskipun sebuah penelitian menunjukkan potensi antioksidan dalam hal mencegah gangguan kognitif, masih perlu penelitian pada manusia untuk benar-benar memahami apakah itu bermanfaat.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Berkat vitamin K dan mineral seperti kalsium, magnesium dan potasium, makan buah anggur dapat membantu Anda mempertahankan tulang yang kuat.

Sementara semua nutrisi itu penting untuk kesehatan tulang, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya bagaimana anggur dapat membantu kesehatan tulang.

9. Memperlambat Penuaan

Ya, Anda membacanya dengan benar. Jika Anda ingin melawan Father Time, anggur dapat membantu Anda tetap awet muda.

Resveratrol (ya, antioksidan kuat itu lagi) merangsang gen SirT1, yang telah dikaitkan dengan umur yang lebih panjang dengan mempengaruhi struktur sel dan melindungi sel.

“Ini membantu melindungi gen tertentu yang mengarah pada penuaan dan umur panjang yang sehat,” kata DiMarino.

10. Meningkatkan Tidur

Mengalami kesulitan mendapatkan tidur malam yang nyenyak? Anggur dapat membantu Anda menangkap beberapa ZZZ.

“Anggur memang memiliki kadar melatonin di dalamnya,” kata DiMarino. “Jadi itu camilan malam yang enak. Buah yang tidak memiliki banyak kalori dan berpotensi membantu Anda tertidur.

Jenis Anggur Apa yang Harus Anda Makan?

Ada banyak pilihan di luar sana — mulai dari warna hijau, putih, ungu dan merah dan hadir dengan nama yang menyenangkan seperti cotton candy dan moon drops. Jadi yang mana yang harus Anda makan?

“Yang paling penting adalah Anda memilih opsi yang paling dekat dengan bentuk alaminya,” kata DiMarino. “Jadi, alih-alih minum jus anggur atau makan kismis, anggur asli yang belum diproses adalah tempat Anda mendapatkan nutrisi paling banyak.”

Satu porsi anggur adalah sekitar satu cangkir. Pertimbangkan untuk menambahkannya ke smoothie dan salad seperti salad ayam. Cobalah membekukannya juga untuk suguhan manis.

“Anda pasti bisa menuai manfaatnya dengan mengonsumsi anggur dua hingga tiga kali seminggu,” kata DiMarino. “Buah ini tersedia sepanjang tahun dan bisa menjadi camilan yang enak.”

(Materials provided by health.clevelandclinic.org)

***
Solo, Minggu, 21 November 2021. 5:33 am
‘salam sehat penuh cinta’
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko
ilustr: Cleveland Clinic

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.