Persiapkan Hari Depan

Prepare_for_the_Future_by_Noxshade
foto: noxshade.deviantart.com

Anda merasa masih muda dan sudah dewasa? Good, tidak ada salahnya Anda mulai berpikir tentang masa depan. Semua orang akan menjadi tua, lho! Cepat atau lambat, dari luar atau dari dalam. Tergantung persiapan masing – masing. Menjadi tua dari luar, artinya dalam sekejap Anda sudah terlihat tua, berat badan bertambah, kulit mulai mengering dan uban muncul malu – malu. Dari dalam artinya, bisa jadi tampak luar Anda keren, padahal dalam hati udah stress setengah mati, utang bejibun dan masalah ngantri.

Saya sering membaca berita terutama tentang artis manca. Buat saya menyenangkan, karena ada rasa ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi pada mereka. Paling mudah belajar kehidupan dari biografi artis. Karena data dan kisah kehidupan mereka lengkap – terperinci, berikut fotonya. Secara jelas terlihat apa yang terjadi pada mereka sejak dulu hingga kini. Dunia artis paling rentan godaan. Namun pada masa kini, yang bukan artispun sering merasa ngartis. Pada akhirnya sama juga, rentan dengan godaan. Wujud godaan bisa macam – macam, dari pergaulan, bisa dari rumah tangga dan pekerjaan, bisa juga dari keluarga dan nilai – nilai yang diadaptasi.

Melihat – lihat berita artis, memang seringkali beritanya heboh dan selalu dirundung masalah. Padahal yang bukan artis juga banyak mengalami hal sama, hanya saja tidak terekspose karena bukan selebriti. Tadi saya membaca berita aktor Hollywood, Jan Michael Vincent. Lagi – lagi, saya ini angkatan TVRI. Menghabiskan masa kecil dengan televisi pertama dan satu – satunya di Indonesia. Ada film Dynasti, Falcon Crest, Love Story, Bionic Woman, The Winds of The War dst. Aduh banyaklah, kalau saya sebutkan takut nanti nggak tahu semua. Karena film – film tua sudah masuk kotak! Bukan berarti saya nggak tahu mini series baru, lho! Saya tahu juga game of thrones, true detective, walking dead, teen wolf, red widow, arrow dll. Tapi maaf untuk mini seri yang baru, saya mengikuti ceritanya dengan cara berantakan. Saya sudah bukan anak SD (emak-emak nih!), seribu satu hal lain harus diperhatikan dan dikerjakan. Walhasil, saya nonton film seri baru hanya kalau sempat dan sepotong – sepotong saja. 

Jan

Jan Michael Vincent ini aktor yang sangat ganteng dan kinyis – kinyis pada masanya, setara dengan Ian Somerhalder dari The Vampire Diaries. Sebenarnya Jan Michael Vincent lebih tenar pada mini seri Airwolf, tetapi saya paling mengingatnya pada The Winds of the War karena ia berpasangan dengan Ali MacGraw pemeran Love Story. Ali MacGraw juga salah satu aktris favorit saya, karena cantiknya eksotik. Orang bule tapi rada kaya orang Indian – Amerika, Vanessa Hudgens-lah pada masanya (High School Musical). Film Love Story sendiri adalah film super romantis, dimana Ali berpasangan dengan Ryan O’ Neal. Artis – artis Hollywood jadoel ini, jika dibaca kisah hidupnya, memelas dan kasihan (tapi mereka kaya raya sih!). Jan Michael kecanduan alkohol, pernah juga kecelakaan mobil di tahun 1996. Lehernya patah, nyaris meninggal dan sekarang pita suara terganggu. Sementara Ali MacGraw kecanduan alkohol dan perilaku seks bebas. Sehingga kawin cerai hingga tiga kali. Terakhir hanya berkencan dengan beberapa orang, di usia 73 tahun sekarang, single!

ali

Penampilan Jan Michael Vincent sedikit mengejutkan, karena terlihat sangat tua dan berbeda dengan masa mudanya. Benar, semua orang menjadi tua. Tetapi para artis Hollywood sebagian besar tahu benar caranya ‘menua dengan indah’ sehingga masih terlihat sisa – sisa kharisma masa lalu. Jan Michael Vincent membuat saya was – was mengenai Ian Somerhalder, bwahaha,… Jan Michael sedikit mirip dengan aktor Billy Drago yang sering berperan sebagai penjahat dan usianya hanya berbeda beberapa tahun. Bedanya, hingga hari ini Billy Drago masih kuat menancapkan taji di kancah Hollywood, sementara Jan Michael sejak film Airwolf, pamornya kian surut dan terakhir berakting di tahun 2004. Itu artinya sepuluh tahun silam. Bandingkan pula dengan aktris Betty White, satu – satunya ‘The Golden Girls’ yang masih hidup. Hingga 2014 masih aktif bermain film. Wanita ini lahir di tahun 1922 dan masih sangat cerdas berakting, terakhir mini serinya adalah ‘Hot in Cleveland’ (2010 – 2014).

lovesto

Euwww, scary! Semua orang dengan segera akan menjadi tua dan harus memiliki strategi. Apakah Anda sudah memiliki persiapan sejak saat ini? Besok mau jadi apa? Mau ngapain? Kapan mau nikah? Anak berapa? Ingin mengerjakan apa? Ingin berbisnis apa? Bagaimana dengan pendalaman agama? Dan jangan lupa olah tubuh serta asupan gizi harus terjaga! Saya prihatin dan ngenes menyaksikan Jan Michael Vincent. Pernah begitu terkenal dan tak lama kemudian namanya terjun bebas, lalu pudar. Tetapi disisi lain barangkali memang tak selamanya harus menyandang ke-Hollywood-an hingga nafas terakhir, lalu akan menjamin kebahagiaan. Sekarang Jan Michael Vincent telah memiliki cucu dan tinggal disebuah peternakan terpencil di Amerika. Ia bahkan melatih kuda – kuda.  Jauh dari sorotan lampu Hollywood. Yang terpenting barangkali ia sudah mendapat banyak pelajaran dalam hidup dan mulai menerima kedamaian. Sebaliknya rekan – rekannya seperti Billy Drago, Ryan O’ Neal (muncul menjadi ayah Dr. Temperance Brennen dalam mini seri ‘Bones’ ) dan bahkan Betty White masih aktif dibawah lampu sorot. Lalu timbul suatu pertanyaan, sampai kapan lampu sorot akan menerangi kita?

Betty

Buku Tentang Cara Memelihara Ikan Koi

Leave a Reply

Your email address will not be published.