Lakukan Ini Jika Anak Anda Kecanduan Game

kecanduan game

Kecanduan game adalah kondisi mental yang termasuk dalam kelompok gangguan yang disebabkan oleh perilaku adiktif. Gangguan serius mempengaruhi kehidupan anak. Orang tua perlu mengambil tindakan untuk menangani ketika anak-anak mereka menunjukkan tanda-tanda kecanduan game.

1. Ekspresi anak saat kecanduan game

Kriteria diagnostik untuk kecanduan internet termasuk hilangnya kendali atas penggunaan internet, konsekuensi menyedihkan dan menyedihkan (karena kurangnya penggunaan internet), lesu, perubahan suasana hati, disosiasi, dan keinginan untuk menggunakan internet, komputer untuk bermain game, mengurangi komunikasi dengan orang-orang di sekitar. , mengurangi kemampuan kerja dan prestasi akademik yang buruk. Seseorang dianggap kecanduan game jika bermain lebih dari 6 jam/hari dan tidak menggunakan internet untuk belajar selama lebih dari 6 bulan.

2. Konsekuensi dari kecanduan game

Kecanduan internet dapat menjadi penyebab meningkatnya upaya bunuh diri jika seorang anak yang kecanduan video game mengalami depresi. Selain itu, para peneliti juga menunjukkan hubungan yang jelas antara kecanduan internet dan gangguan mental seperti depresi, perilaku bunuh diri, gangguan obsesif-kompulsif, gangguan makan, penyalahgunaan alkohol dan penggunaan zat adiktif.

Baca juga :  Ketahui Perbedaan Rematik dan Asam Urat, Simak Penjelasannya

Berbagai jenis permainan online yang dapat diunduh melalui marketplace game. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet jangka panjang dapat menyebabkan penurunan transporter dopamin yang memblokir dopamin di celah saraf. Akibatnya, terlalu banyak dopamin merangsang neuron yang berdekatan yang mengarah pada peningkatan kesenangan dan kegembiraan.

Penurunan tingkat transporter dopamin terjadi dalam kasus penggunaan narkoba dan perilaku adiktif lainnya. Kecanduan internet juga mengurangi perasaan kehilangan uang. Dengan demikian dapat menanamkan ketidakpedulian dari anak-anak tentang perilaku mereka, yang menyebabkan kesulitan psikologis, sosial dan pekerjaan.

Sampai saat ini, studi pencitraan otak telah menunjukkan perubahan dalam struktur dan fungsi otak pada subjek yang berisiko kecanduan internet.

3. Apa yang harus dilakukan ketika anak kecanduan game?

Bawa anak Anda ke dokter untuk meminta nasihat. Orang tua dapat membandingkan pertanyaan-pertanyaan ini dengan anak mereka dan menemui dokter untuk menentukan kondisi medis anak secara akurat.

Apakah anak Anda menganggap dirinya perlu mengurangi bermain game?
Apakah anak Anda merasa tidak nyaman menerima kritik dari bermain game?
Apakah anak Anda pernah merasa bahwa bermain game adalah hal yang buruk untuk dilakukan?
Apakah permainan hal pertama yang dipikirkan anak-anak ketika mereka bangun di pagi hari?
Apakah ada perubahan psikologis negatif sejak Anda memulai kebiasaan ini?
Apakah anak merasa dirinya berkurang dalam hubungan sosial – kehilangan kontak dengan teman dan keluarga?
Apakah prestasi anak Anda di sekolah atau di tempat kerja menurun tanpa ada penjelasan lain?
Selain itu, orang tua perlu menjelaskan kepada anak agar mendapat gambaran tentang gangguan jiwa yang didapat jika terlalu banyak bermain game. Saat menjelaskan, orang tua perlu menggabungkan bahaya dan manfaat bermain game. Anak-anak tidak boleh terlalu membatasi, karena biasanya semakin dilarang, semakin ingin bereksplorasi.

Baca juga :  Asma: Penyebab, Gejala, Diagnosis dan Pencegahan

Orang tua juga harus secara teratur memantau perubahan perilaku anak mereka. Hubungi atau temui dokter segera jika Anda melihat gejala yang tidak biasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *